Ini Bahaya Lem Kayu Beracun yang Harus Anda Waspadai

0
2027
Pusing adalah gejala sick building syndrome
Pusing adalah gejala sick building syndrome

Jangan membeli lem kayu sembarangan! Banyak kerugian atau bahaya lem kayu beracun yang harus Anda antisipasi. Salah satunya adalah fenomena sick building syndrome.

sick-building-syndrome-adalahPada kondisi yang disebut sick building syndrome atau SBS tersebut, udara dalam sebuah ruangan telah terpolusi. Polusi ini bukan mengacu pada polisi kendaraan bermotor, akan tetapi polusi dari zat beracun dalam rumah yang salah satu sumbernya adalah lem.

Kandungan dalam lem yang harus Anda waspadai adalah kelompok senyawa Volatile Organic Compounds. Sebagaimana namanya, senyawa tersebut mudah menguap pada suhu udara ruangan. Sifat ini membahayakan karena gas yang menguap tersebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Contoh zat yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah formaldehida yang dalam bentuk gas disebut formalin.

CS Lem Kayu

Celakanya, banyak lem kayu di pasaran mengandung formalin. Akibatnya, mebel, handicraft, hingga konstruksi bangunan rumah yang memanfaatkan bahan ini menjadi sumber yang mengancam keluarga kita.

Efeknya sangat jelas terlihat. Secara pribadi kita memang tak akan mudah merasakannya. Tetapi cobalah bandingkan dampak penggunaan lem berformalin yang marak di negara berkembang dibanding di negara maju. Di negara berkembang yang regulasi akan hal ini masih longgar, angka dan kualitas hidup manusianya lebih rendah. Sehingga, bisa kita katakan dari sini bahwa dampak lem kayu beracun seperti ini sudah bisa mengancam suatu bangsa secara keseluruhan.

Efek Membahayakan lain dari Lem Kayu Beracun

pusing-adalah-gejala-sbsEfek lain yang “membahayakan” dari penggunaan lem kayu beracun adalah akibatnya pada usaha kita. Meningkatnya trend penggunaan produk-produk green yang ramah lingkungan harus kita tangkap sejak dini. Apalagi ketika trend tersebut sudah berlaku untuk pasar ekspor.

Untuk mencapai pasar Amerika, Eropa, hingga berbagai daerah maju lainnya, kita mesti menjaga kualitas produk sebaik mungkin. Termasuk di antaranya adalah memastikan penggunaan lem kayu yang aman. Sebab peraturan di berbagai negara terkait memang sangat ketat. Apalagi untuk barang-barang impor.

Akan lebih baik apabila selain menggunakan lem kayu yang aman, kita juga mengaplikasikan lem dengan standar internasional seperti Crossbond. Jadi, kita bisa menawarkan sesuatu yang lebih dari perusahaan lainnya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here