Lem Kayu untuk Gitar: Seperti Apa yang Bagus?

0
4121
lem kayu untuk gitar

lem kayu untuk gitarPenggunaan lem kayu untuk gitar berpengaruh besar pada kualitas akhir alat musik tersebut. Karenanya, membeli lem yang tepat sebaiknya diusahakan sedini mungkin. Jangan membeli produk sembarangan termasuk bila produk tersebut sudah berlabel “lem kayu”. Harus Anda ketahui, tiap jenis lem atau adhesive punya sifat sendiri-sendiri. Misal berdasarkan fungsinya, lem kayu bisa dibedakan menjadi lem untuk laminasi dan lem untuk konstruksi.

Lem untuk laminasi dimanfaatkan pada kebutuhan perekatan kayu non komponen seperti pembuatan tripleks (multipleks), lantai kayu, panel kayu, dll. Sedangkan lem konstruksi digunakan pada perekatan antar komponen seperti antar kaki dan dudukan kursi hingga berbagai produk mebel lainnya.

Berdasarkan fungsi tersebut, nantinya karakter lem yang dipilih pun berbeda-beda. Dengan demikian, untuk membeli lem, termasuk lem kayu untuk gitar harus Anda awali dengan pengetahuan mengenai kebutuhan Anda sendiri. Bagian apa yang ingin dilem, dan seberapa banyak?

CS Lem Kayu

Selanjutnya, berbagai faktor krusial seperti jenis kayu yang digunakan pada gitar pun harus diperhatikan. Sebab, tak jarang ada lem yang kurang cocok untuk kayu tertentu.

Rincinya, berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli lem untuk gitar.

4 Tips Penting Membeli Lem Kayu untuk Gitar

  • Kecocokan Lem

Sebagaimana disebut di atas, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kebutuhan Anda sendiri. Anda harus spesifik mengenai keperluan yang harus dipenuhi. Barulah kemudian, Anda bisa mendapatkan lem kayu yang memang tepat.

  • Kekuatan Lem

Cocok saja tidak cukup, pastikan lem yang Anda beli memiliki daya rekat yang baik. Cari lem yang memiliki karakter ketahanan lengkap seperti tahan terhadap kelembaban.

  • Warna Lem

Tak jarang lem yang diaplikasikan menyebabkan kegagalan finishing karena warnanya tampak mencolok. Sayangnya, banyak yang salah mengatasi ini dengan membeli lem yang warnanya bening. Warna bening atau transparan justru akan membiaskan warna yang diterimanya sehingga menimbulkan warna baru yang mencolok.  Tanyakan pada penjual atau perusahaan lem tempat Anda membeli untuk mengatasi masalah ini.

  • Kepraktisan Penggunaannya

Beberapa lem kayu untuk gitar lebih praktis dan cepat kering ketika diaplikasikan dibanding yang lain. Jadi, kalau bisa memilih yang lebih baik, kenapa tidak? Pilihlah lem yang aplikasinya cukup pada satu bidang saja seperti Crossbond™ yang juga memiliki waktu kering standar mesin.

  • Keamanan Produk

Bila Anda ingin membuat gitar yang lebih aman (misal untuk ekspor ke Eropa), pilihlah lem yang juga aman tanpa kandungan berbahaya. Salah satu zat yang harus Anda waspadai adalah formalin yang menjadi isu penting dalam pembuatan lem kayu.

Informasi Pengeleman dan Produk Lem Kayu untuk Gitar

Kami menyediakan lem kayu Crossbond™ yang dapat digunakan sebagai bahan perekat alat musik gitar. Bagi Anda yang berminat membeli atau bertanya lebih jauh mengenai produk tersebut, silahkan hubungi CS kami di +62.274.388.301, +6287839346433, atau email info(at)bioindustries.co.id.
Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here