Lem Kayu Food Grade: Seperti Apa dan Mengapa Dibutuhkan?

0
3107
lem kayu food grade untuk talenan dan alat makan

Kebutuhan perekatan kayu mencakup banyak hal dengan berbagai syaratnya masing-masing. Bagi beberapa keperluan, seperti pengeleman mebel, penggunaan lem kayu food grade mungkin tidak jadi prioritas. Untuk apa memilih adhesive dengan standar keamanan setinggi itu? Lagipula nantinya permukaan mebel akan dilapisi dengan bahan cat atau coating.

Akan tetapi, cara berpikir demikian tidak bisa digeneralisasikan. Faktanya kebutuhan lem kayu yang standarnya food grade memang ada dan sangat diperlukan. Oleh karenanya pada artikel ini, kami ingin mengajak Anda mempelajari lebih dalam mengenai lem yang food grade dan produk yang bisa diandalkan.

Apa yang Dimaksud Lem Kayu Food Grade?

Bahan perekat dengan standar food grade sebagaimana namanya adalah bahan perekat yang aman untuk kontak langsung maupun tidak langsung dengan makanan. Lem yang sudah memenuhi standar ini artinya tidak mengandung zat-zat berbahaya seperti logam berat maupun Volatile Organic Compounds. Pada umumnya, untuk mengklaim sebuah produk dianggap food grade digunakan legalisasi berdasarkan standar lembaga tertentu. Salah satu yang paling umum dan paling kredibel digunakan adalah standar aman menurut Food and Drugs Administration atau FDA Amerika Serikat.

Produk yang Membutuhkan Adhesive Berkualitas Food Grade

CS Lem Kayu

Banyak produk yang membutuhkan adhesive dengan standar food grade. Beberapa di antaranya adalah piring kayu, talenan, centong kayu, dan berbagai alat makan kayu lainnya. Meja dan almari makan terutama yang tidak dilapisi bahanlem kayu food grade untuk talenan dan alat makan coating juga pada dasarnya memerlukan bahan pengeleman yang aman dan ramah lingkungan. Sebab biarpun produk tersebut tidak langsung kontak dengan makanan, kontak tidak langsung sering terjadi. Bahkan kontak tersebut sifatnya intens karena makanan seringkali diletakkan dengan jarak dekat. Bila lem yang dimanfaatkan mengandung senyawa beracun yang mudah menguap di suhu ruangan, bahan makanan secara langsung akan teracuni. Efeknya mungkin tidak cepat sehingga tak begitu diperhatikan. Tetapi banyak penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan lem berbahaya akan menurunkan kualitas hidup seseorang secara signifikan.

Tetap Harus Aman dan Ramah Lingkungan

Bahkan meski kita tidak menggunakan lem kayu food grade, penggunaan bahan perekat yang aman merupakan suatu keharusan tersendiri. Sebagaimana disebut di atas, karena efeknya tak terlihat langsung, seringkali kita menyepelekannya. Tetapi akumulasi efek tersebut yang kemudian ditambah dengan akumulasi efek serupa dari bahan lainnya akan menurunkan kualitas hidup seseorang. Tidak mengherankan bila di negara-negara yang ketat regulasi keamanan produknya seperti Amerika dan Eropa, angka harapan hidup warganya jauh lebih tinggi dibanding negara di mana regulasi tidak dilakukan dengan baik seperti negara kita.

Lem Kayu Crossbond™

lem kayu aman dan ramah lingkunganKami menyediakan produk adhesive yang bisa diandalkan karena sifatnya yang aman dan ramah lingkungan. Produk kami, lem kayu Crossbond™ X3 dan X4 akan mampu memenuhi kebutuhan perekatan yang tidak berdampak buruk pada kesehatan.

Crossbond™  terdiri dari 2 varian yang berbeda dari aspek fungsinya:

  1. Crossbond™ X3 yang merupakan lem kayu konstruksi.
  2. Crossbond™ X4 yang merupakan lem kayu laminasi.

Silahkan hubungi kami via kontak yang disediakan untuk mengenal lebih jauh kedua produk tersebut beserta cara pemesanannya. Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here