Yang Perlu Produsen Meja Makan Minimalis Tahu!

0
690
meja makan bagus

Yang dimaksud dengan “minimalis” bukan berarti gayanya minimal atau kurang. Justru tampilan minimalis dapat hadir dengan kesan sangat mempesona. Nah, pada artikel ini, lemkayu.net akan mengajak Anda membahas mengenai meja makan minimalis. Secara khusus, kami akan berikan tips untuk pengrajin atau produsen yang memproduksi perabot ini.

Gaya Sangat Beragam!

Gaya atau kesan meja minimalis bisa hadir dengan ragam sangat banyak. Sebab meski merupakan suatu trend tersendiri, akan tetapi gaya ini bisa dipadukan dengan berbagai gaya lainnya. Mau contohnya? Berikut ini beberapa contoh perpaduan gaya minimalis dengan gaya lainnya.

Minimalis Natural

Warna kayu natural adalah salah satu warna yang banyak diterapkan pada desain minimalis. Keindahan alami kayu dianggap bisa menyeimbangkan karakter minimalis yang lebih modern. Cantiknya warna coklat kayu dengan polanya akan menimbulkan kesan hangat yang lebih baik.

Minimalis Modern dan Futuristic

CS Lem Kayu

Sangat sering, desain minimalis hadir dengan kesan tambahan, modern dan futuristic. Keduanya memang desain yang punya kempiripan satu sama lain. Desain minimalis hadir dengan pola yang unik dengan warna pastel. Kesan modern, menguatkan tampilan bahwa meja makan tersebut sangat kekinian. Dan bila ditambahkan kesan futuristic, produk Anda akan menjadi begitu spesial.

Minimalis Vintage

Minimalis dengan sentuhan vintage? Kenapa tidak? Aksen vintage terutama shabby chic akan membuat meja makan Anda lebih unik dan menarik. Orang yang melihatnya bisa mengagumi dua keindahan sekaligus: tampilan vintage dan desain minimalis yang apik.

meja makan minimalis shabby chic

Minimalis Floral dan Polkadot

Aksen gambar tertentu juga bisa dipadukan dengan desain minimalis. Misalnya saja, gambar floral (bunga-bunga), polkadot, dan berbagai gambar lainnya yang menarik. Adanya pola seperti ini akan membuat meja lebih lembut. Meski aksen minimalisnya tetap saja perlu dijaga dengan mempertahankan kesederhanaan dan keeleganan pola yang diterapkan.

Dari berbagai contoh gaya ini, pilihlah yang sekiranya menarik dan cocok untuk pangsa pasar Anda. Kembangkan juga kreativitas Anda supaya kesan minimalis bisa hadir dengan cantik dan lain daripada yang lain.

Pilih Kayu yang Tepat

Pilihlah kayu yang tepat. Perhatikan berbagai aspek mulai dari kualitas kayunya sampai harganya. Anda juga bisa memakai aneka logam atau stainless steel dan bahan sintetis sejenis dalam pembuatan meja makan minimalis. Meski untuk aktivitas makan ini, rekomendasi kami jatuh pada bahan kayu, terutama kayu solid. Pasalnya, kayu mampu memberikan kesan yang lebih hangat untuk keluarga. Cocok untuk aktivitas saat kita sedang makan.

Terapkan Aneka Warna Finishing yang Bagus

Selain gaya dan desain, perhatikan juga tipe finishing yang akan diterapkan. Ada banyak sekali warna-warna finishing yang bisa Anda pakai untuk mewujudkan meja makan minimalis, misalnya:

Natural Transparent

Tipe finishing ini cocok untuk meja makan yang dibuat dari kayu dengan keindahan warna serta pola serat kayu. Wood stain masih dipakai, akan tetapi tidak akan menutupi tampilan alami kayu. Wood stain bersifat transparan atau tembus pandang.

Solid Color

meja makan minimalis

Warna solid cocok diterapkan untuk kayu yang pola serat dan warnanya kurang menarik. Aplikasi warna ini umumnya didahului dengan pemakaian dempul tebal yang warnanya juga solid, misalnya dempul putih atau gelap. Berikutnya, diaplikasikan wood stain, lalu clear coat. Warna yang dihasilkan pun akan menutup keseluruhan penampakan alami kayu.

Aneka Warna lainnya

Yang dimaksud aneka warna lainnya antara lain adalah warna-warna rustic, patina, white wash, charcoal, dan berbagai warna yang tak masuk pada solid color atau natural transparent. Meja makan minimalis dengan warna-warna seperti ini dibuat dengan satu teknik khusus yang tak bisa diwujudkan hanya dengan mengecat “seperti biasa”. Anda (misalnya) tak akan mampu menghasilkan warna white wash hanya dengan mengecat kayu dengan warna putih. Warna white wash sendiri adalah warna efek hasil kombinasi pengecatan. Jadi, keterampilan mengecat sangat dibutuhkan di sini. Hanya, Anda tak perlu khawatir. Sebab tutorial aplikasi finishing white wash dan lainnya saat ini sudah banyak yang bisa diakses, ditiru, lalu dikembangkan.

meja makan minimalis (2)

Pastikan Meja Makan Minimalis tersebut Food Grade!

Ingat, produk yang Anda buat adalah produk untuk aktivitas makan. Karenanya, pastikan mebel tersebut aman, bahkan bila perlu food grade.

Food grade?

Food grade adalah kriteria standar keamanan di mana produk dinyatakan tidak akan menyebabkan suatu makanan menjadi toksik ketika tersentuh dengannya. Meja makan food grade sendiri adalah meja makan yang keseluruhan produknya dibuat dari bahan food grade. Apa sajakah itu?

  1. Bahan kayu atau logam dan lainnya yang digunakan
  2. Bahan perekat atau lem yang dipakai
  3. Bahan finishing atau cat yang diaplikasikan

Intinya, keseluruhan material yang dipakai benar-benar aman. Standar ini sendiri sangat penting dan pengrajin Indonesia perlu mengetahuinya. Apalagi bila mereka punya minat mengembangkan usahanya atau melakukan ekspor. Dewasa ini, masyarakat semakin konsen akan keamanan produk yang mereka gunakan. Pemerintah, baik Indonesia atau luar negeri juga telah membuat regulasi ketat seputar keamanan produk seperti meja makan. Jadi, Anda tak bisa tidak untuk mengusahakan produk yang aman digunakan terutama untuk produk seperti meja makan yang dekat dengan aktivitas makan.

Jangan Lupa Gunakan Lem yang Tepat untuk Meja Anda

Selain bahan finishing, proses pembuatan meja makan tak bisa tidak pasti membutuhkan bahan perekat. Lemkayu.net merekomendasikan Crossbond untuk Anda pakai. Lem ini didesain khusus untuk pembuatan aneka furniture dan terbuat dari formulasi terkenal polyvinyl acetate.
Crossbond terdiri atas dua varian, yakni Crossbond X3 dan Crossbond X4. Berikut ini penjelasan keduanya:

NoVarianFungsi
1.Crossbond X3Lem untuk pembuatan rangka produk terutama untuk sambungan antar komponen. Misalnya untuk sambungan temu, siku, finger joint, biscuit, dowel, dan berbagai macam tipe sambungan lainnya. Biasa disebut lem konstruksi.
2.Crossbond X4Lem untuk pelapisan dan perekatan pada bidang horizontal. Misalnya adalah untuk aplikasi veneer dan pembuatan meja dengan bagian top table laminasi kayu. Lem seperti ini biasa disebut lem laminasi.

 

Kedua Crossbond memiliki fungsi yang berlainan satu sama lain. Dan karena itu, produk tersebut bisa digunakan bersama saling melengkapi. Dibanding lem lainnya sendiri, lem ini kami sarankan untuk pelaku usaha pembuatan meja makan minimalis karena:

  1. Daya rekat kuat
  2. Aman digunakan bahkan food grade
  3. Tahan lama
  4. Tak menyebabkan glue line
  5. Tak menyebabkan lapisan film lem tebal
  6. Aplikasi sangat mudah
  7. Harga yang sangat terjangkau

meja makan kontemporer

Nah, itulah beberapa hal yang perlu jadi catatan untuk pengusaha produk meja makan minimalis. Perlu adanya perhatian pada berbagai aspek terutama bila Anda ingin mengembangkan usaha menjadi lebih besar. Dari cat, lem, sampai pengemasannya harus Anda perhatikan baik-baik. Demikian juga desain atau gaya desain minimalis yang begitu beragam.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here