Meja Makan Lipat yang Ternyata Mudah Dibuat!

0
1529
meja makan lipat

Tak sulit! Ternyata meja makan lipat bisa dibuat dengan teknik yang sederhana. Tak perlu juga skill tingkat dewa untuk membuat meja ini. Penasaran bagaimana caranya? Yang perlu Anda siapkan hanyalah lem terbaik Crossbond. Berikutnya Anda bisa segera mengikuti langkah-langkah yang diterangkan di bawah ini.

Mengapa Meja Makan Lipat?

Dari berbagai jenis meja makan, tentu wajar bila kita bertanya-tanya apa alasan meja seperti ini dibuat. Bukankah meja makan seharusnya diletakkan kokoh di ruang makan? Bukankah meja ini seyogyanya dibuat dengan desain mempesona yang tak perlu dilipat-lipat? Lantas mengapa meja makan harus dibuat sebagai salah satu foldable table?

Sebetulnya jawabannya sederhana. Sama seperti meja makan yang dibuat semenarik mungkin, meja ini didesain untuk memenuhi suatu kebutuhan khusus. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan mebel yang:

  • Tak memakan banyak ruang atau space. Biasanya hal ini diperlukan pada rumah yang ukurannya sempit.
  • Bisa dibawa kemana-mana. Kebutuhan ini terutama krusial bagi mereka yang suka berpiknik dan ingin menyantap hidangan di tengah keindahan alam.
  • Mudah dipindahkan. Karakter ini adalah karakter ideal untuk furniture garden. Ketika hujan lebat turun, meja makan garden pun bisa dilipat dan kemudian dibawa masuk ke rumah dengan lebih enteng.

Karena alasan-alasan itulah meja makan dibuat agar bisa dilipat. Meja seperti ini bukan berarti lebih jelek. Dengan desain dan aplikasi finishing yang bagus, sebenarnya meja juga bisa dibuat menawan sebaik meja makan konvensional yang lain.

Membuat Meja Makan Lipat

CS Lem Kayu

Dengan banyaknya manfaat yang bisa dihadirkan oleh meja seperti ini, sebetulnya foldable dining table merupakan produk yang prospektif dikembangkan. Anda bisa memecah kebuntuan pelaku usaha mebel kecil menengah yang seringkali membuat dan menjual produk yang itu-itu saja tanpa varian yang signifikan. Proses pemasaran di era ini juga tak perlu dikhawatirkan. Di zaman modern ini, misalnya, meja makan untuk piknik yang bisa dilipat dapat Anda tawarkan di berbagai media sosial dengan caption suasana berlibur yang asyik. Pasti produk meja makan Anda akan lebih laris manis. Menarik sekali bukan?

meja makan lipat

Langsung saja, bagi Anda yang tertarik untuk membuat meja seperti ini, simak tutorialnya sebagai berikut.

Alat dan Bahan

1. Baut
2. Kayu untuk membuat meja. Kayu terdiri atas kayu untuk papan, kayu untuk kaki, kayu untuk penyambung kaki meja, kayu untuk penopang papan, dan kayu untuk apron. Lihat gambar ilustrasi meja yang disajikan untuk mengetahui bagian-bagian dasar mebel tersebut.
3. Bor
4. Lem Crossbond
5. Kuas
6. Bahan finishing yang bisa dipilih sesuai selera. Tapi ingat, karena akan diterapkan di mebel yang dipakai untuk makan, pilihlah bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan.
Siapkan semua perlengkapan yang sudah ditulis di atas. Bila semua sudah terkumpul, sediakan di tempat Anda akan membuat meja lipat tersebut. Barulah setelah itu, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah-langkah Membuat Meja Makan Lipat

Membuat Papan Meja

Tentukan ukuran meja makan foldable yang ingin Anda buat. Lalu siapkan potongan kayu yang dibutuhkan. Misanya, Anda ingin membuat meja makan mini 45 cm x 30 cm. Maka Anda bisa menggunakan potongan kayu 15 cm x 30 cm sejumlah 3 buah. Jajarkanlah potongan kayu itu, lalu lem bagian sisinya dengan Crossbond. Agar makin kuat, gunakan penopang 1 atau dua buah. Lem atau rekatkanlah penopang dengan posisi berlawanan arah di bagian bawah papan meja. Berikutnya aplikasikan paku agar papan lebih kuat. Tunggu sampai Crossbond benar-benar kering. Sembari itu, siapkan kayu apron. Pastikan semua sudah bersih dan rata.

Merekatkan Apron di Papan Meja

Ketika papan meja makan lipat sudah siap, kini saatnya merekatkan apron. Rekatkan apron di bagian meja yang sudah ditandai. Rekatkan secara menjorok kurang lebih 5 cm. Gunakan lem dulu, baru selanjutnya perkuat dengan skrup sudut.

Memasang Kaki di Sudut Apron

Siapkan kaki untuk kayu. Rekatkan kaki di ujung apron. Gunakan skrup atau baut untuk menyambungkan kaki dengan apron. Jadi kaki meja tersebut bisa digerakkan.

Menyilangkan Kaki dengan Baut dan Menyambungkannya

Tarik kaki yang bisa digerakkan tersebut secara menyilang dengan kaki meja yang lain. Tentukan titik pertemuan kedua kaki meja itu. Selanjutnya, bor titik pertemuan tersebut dan gunakan baut untuk menyatukan keduanya. Agar makin kokoh, Anda bisa menggunakan penyambung kaki di tiap kaki yang satu sisi.

Finishing

Langkah terakhir untuk membuat meja makan lipat adalah mengaplikasikan finishing. Aplikasikanlah finishing dengna warna dan teknik yang sesuai dengan selera Anda.

Tips Membuat Meja Makan Lipat

Agar meja makan foldable yang Anda hasilkan makin berkualitas, ikuti saran-saran krusial di bawah ini.

1. Terapkan finishing yang baik sesuai kebutuhan. Misanya untuk meja makan piknik, aplikasikan warna pastel yang cerah dan menarik.
2. Hati-hatilah dalam membuat silangan kayu. Jangan sampai silangan terlalu renggang atau malah terlalu kaku (yang membuat kaki meja sulit digerakkan).
3. Karena kaki meja akan disilangkan, Anda juga harus memperhatikan tingkat persilangannya. Apakah persilangan tersebut bisa membuat meja benar-benar flat, atau tidak?

Lem Terbaik untuk Membuat Meja Makan Lipat

Pada pembuatan produk di atas, tidak bisa tidak kita harus menggunakan lem dengan kualitas yang baik. Lem yang kami rekomendasikan adalah adhesive Crossbond. Salah satu keunggulan lem ini adalah kecepatan keringnya yang ideal. Jadi, selain kuat dan tahan lama, Crossbond juga akan membuat jalannya pengerjaan meja menjadi lebih cepat. Apa keuntungan yang bisa diperoleh dari kecepatan pengerjaan yang meningkat? Jelas banyak. Salah satunya adalah biaya produksi yang bisa ditekan. Biaya produksi sebagaimana yang kita tahu dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya adalah proses pembuatan produk. Makin cepat produk dibuat, tenaga dan waktu yang dikeluarkan akan dihemat. Jadi ongkos produksi dapat diturunkan.

Lem Crossbond didesain dengan PVAc water based glue yang memiliki kecepatan kering sangat baik. Lem ini juga memiliki berbagai keunggulan seperti tingkat keamanannya yang lebih terjamin. Untuk mendapatkan Crossbond, kini ada beberapa alternatif cara yang bisa dilakukan, yakni:

1. pemesanan via website ini dengan menghubungi kontak CS kami
2. pemesanan via berbagai matketplace agtau lewat agen-agen kami
3. pembelian secara langsung di Bio Service agent (Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta) serta agen kami di berbagai kota di Indonesia.
Pilihlah salah satu dari ketiga cara pembelian di atas. Pada akhirnya, dengan metode apapun Anda melakukan pembelian, Crossbond senantiasa hadir dengan kualitas dan harga terbaik untuk Anda.

Bagaimana? Mudah bukan keseluruhan cara membuat meja makan lipat di atas? Yang pertama dan harus selalu diingat adalah proses pembuatan yang harus dilakukan dengan cermat. Berikutnya, selalu andalkan lem yang bagus seperti Crossbond. Dengan cara inilah, maka meja makan yang bisa dilipat tersebut hadir dengan kualitas terbaiknya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here