Ternyata, Membuat Kursi Lipat Jadi Lebih Mudah dengan Crossbond

1
3204
kursi lipat (3)

Tak hanya meja lipat, kursi lipat juga menjadi salah satu foldable furniture yang memiliki banyak guna. Di artikel ini, selain akan ada ulasan lengkap mengenai pengertian, model, dan contoh kursi jenis tersebut, kami juga akan bagikan tips untuk membuatnya menggunakan Crossbond.

Bila Anda ditanya mengenai aneka jenis kursi, jenis kursi apa yang sering terlintas di benak Anda? Sebagian mungkin akan menjawab kursi tamu, kursi goyang, sampai kursi guru. Bagaimana dengan kursi lipat? Bila kita bedakan berdasarkan kemampuannya untuk dijadikan lipatan, kursi memang bisa dibedakan atas kursi yang bisa dilipat atau foldable chair dengan kursi yang tak bisa dilipat atau unfoldable chair. Tak banyak yang familiar dengan kursi seperti ini. Padahal, foldable chair sesungguhnya memiliki fungsi yang begitu krusial. Kursi ini:

1. Mudah dibawa kemana-mana. Jadi, kursi bisa dibawa ke tempat liburan sampai sekedar ke taman depan rumah untuk menikmati kebun yang cantik.
2. Tidak memakan ruang atau space ketika tidak digunakan. Manfaat ini akan dirasakan betul bagi yang bertempat tinggal di wilayah yang sempit. Di Jepang pun, trend pemakaian mebel yang bisa dilipat termasuk kursi lipat cenderung tinggi karena kebanyakan rumah Jepang sangat sempit.

Di Indonesia, sebetulnya kita sudah bisa melihat contoh kursi seperti ini di berbagai acara pesta. Coba perhatikan dan ingat-ingat, ketika ada kenalan yang menyelenggarakan pesta, jenis kursi apa yang dipakai? Seringkali, pada acara seperti itu, kursi yang dipakai adalah kursi lipat dengan bahan logam. Kursi seperti ini dengan mudah diringkas ukurannya sehingga lebih mudah dibawa dengan kendaraan seperti pick up dan truck. Bahkan kursi-kursi seperti ini sudah jadi bahan untuk mencari keuntungan tersendiri dalam bisnis terkait acara pesta.

CS Lem Kayu

kursi lipat

Jenis-jenis Kursi Lipat

Disatukan menurut karakternya yang bisa dilipat tak membuat foldable chair memiliki fungsi yang sama. Kursi ini juga bisa dibedakan lagi berdasarkan aspek yang lain. Misalnya saja dari aspek pemakaian kursi sebagai berikut:

1. Kursi Piknik. Kursi seperti ini biasanya dipasangkan dengan meja piknik. Tak jarang kursi tersebut sudah dibuat dalam struktur yang menyatu dengan meja.
2. Kursi Taman. Banyak kursi taman yang didesain agar bisa dilipat. Tujuannya, tak lain adalah agar kursi mudah dipindahkan saat cuaca sedang tidak baik. Misalnya sedang hujan sangat deras atau malah sedang sangat terik dan panas.
3. Kursi Anak. Aneka kursi anak kadang juga didesain bisa dilipat. Biasanya kursi-kursi ini berpasangan dengan meja belajar lipat.
4. Kursi Pesta atau Prasmanan. Kursi ini adalah kursi lipat yang dijelaskan sebelumnya. Biasanya kelompok foldable chair ini digunakan di berbagai acara pesta seperti pesta pernikahan.

Sedangkan berdasarkan strukturnya hingga hasil lipatannya, kita bisa membagi kursi ini menjadi 3 jenis.

1. Kursi lipat biasa. Jenis ini adalah yang paling populer. Kursi biasanya dilipat sehingga membentuk lurus serupa papan yang berikutnya bisa dibawa kemana-mana.
2. Kursi lipat koper dan aneka bentuk lainnya. Kursi ini dibuat secara khusus sehingga ketika dilipat akan membentuk suatu wujud spesifik. Misalnya membentuk koper atau sebuah kotak.
3. Kursi lipat dinding. Kursi ini dilipat pada dinding saat tidak digunakan. Strukturnya ketika dilipat bisa benar-benar menyatu ke dinding. Bahkan di antaranya memiliki fungsi lain seperti untuk cermin ketika dilipat ke tembok. Produk ini umumnya dipakai di rumah dengan gaya minimalis yang space-nya sempit.

Bagaimana Cara Membuat Kursi Lipat?

Pembahasan mengenai foldable chair kali ini jelas tak akan afdol bila tak dilakukan pembahasan mengenai cara pembuatannya. Namun sebetulnya, proses pembuatan kursi ini tak begitu berbeda dengan kursi yang lain. Hanya, ada beberapa hal tricky. Secara umum, proses pembuatan kursi seperti ini juga lebih sulit dibanding membuat foldable table atau meja lipat. Meja lipat yang sederhana bisa dibuat dengan membuat kakinya bisa ditekuk saja. Sedangkan pada kursi jelas usaha tersebut tak cukup. Bagian dudukan dan sandaran punggung juga harus diperhatikan dnegan baik.

Lantas bagaimana cara membuatnya?

Sebetulnya Anda bisa mencontoh produk kursi lipat yang sudah ada. Anda tinggal mengganti bahannya menggunakan kayu dan bukannya logam. Agar komponen bisa dipindah sendiri, Anda perlu menggunakan skrup dengan tepat. Sedangkan untuk kursi yang menempel di dinding, Anda perlu lebih spesifik mengenai karakter kursi seperti itu.

Untuk bahan membuat kursi, bisa digunakan kayu solid ataupun kayu olahan. Keduanya sama-sama memungkinkan, namun untuk kursi yang lebih kokoh ada baiknya menggunakan kayu solid. Selain itu, yang tak kalah penting adalah menggunakan bahan pendukung yang baik. Lem, misalnya. Sebaiknya lem yang dipilih benar-benar berkualitas sehingga produk yang dihasilkan pun bermutu tinggi. Pasalnya, lem sebagai perekat tak bisa tidak pasti akan mempengaruhi kekokohan produk terkait. Lem untuk pelapisan bahkan juga memiliki fungsi untuk memperindah produk dengan metode finishing tempelnya.

Membuat Kursi Lipat dengan Crossbond

Dalam pembuatan kursi yang bisa dilipat, tidak bisa tidak kita membutuhkan lem. Sebagaimana dijelakan di atas, lem bisa dipakai untuk aplikasi finishing tempel maupun untuk menyambungkan rangka kayu. Keduanya memiliki fungsi berbeda sehingga harus dipilih dari jenis yang berbeda. Tapi keduanya harus memiliki kualitas yang baik dalam hal:

1. Daya rekat atau bonding strenght yang sangat baik
2. Ketahanan, yakni kestabilan ikatan ketika terpapar berbagai faktor
3. Keamanan yang sangat terjamin. Lem ini aman dan ramah lingkungan.
4. Efek lem pada estetika, lem tidak menyebabkan glue line atau lapisan film tebal
5. Kecepatan mengering yang ideal
6. Kemudahan saat digunakan bahkan oleh orang awam sekalipun.
7. Solid content dan cover area

lem kayu untuk finger joint terbaik

Lem yang kami sarankan untuk kebutuhan pembuatan kursi ini adalah Crossbond X3 dan Crossbond X4. Crossbond X3 bisa diandalkan untuk menyambungkan rangka furniture, sedangkan Crossbond X4 untuk aplikasi finishing tempel seperti aplikasi veneer pada MDF. Keduanya bisa didapatkan dengan sangat mudah, yakni dengan pemesanan via:

1. Situs ini, dengan cara menghubungi CS kami
2. Marketplace, terutama pada akun resmi Crossbond dan agennya
3. Laman official Crossbond dan Bio Industries
4. Pembelian secara langsung di Bio Service Point Yogyakarta, Jepara, Cirebon, dan di agen-agen kami yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia

Anda juga bisa menjadi agen untuk adhesive ini lho. Caranya sangat mudah, ikuti saja langkah-langkah pada penjelasan mengenai keagenan. Bila ada yang masih ingin dipertanyakan, segera hubungi CS kami.

Nah, sampai di sini pembahasan mengenai kursi lipat. Buatlah kursi dengan baik namun tetap memperhatikan pertimbangan harga. Pertimbangkan juga tujuan dibuatnya kursi tersebut. Dan jangan lupa untuk menggunakan lem berkualitas, Crossbond X3 dan Crossbond X4 agar kursi senantiasa kokoh dan tahan lama.
Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here