Membandingkan Meja TV Kayu dengan Meja TV lainnya!

0
1440
meja tv kayu

Apa yang membuat meja TV kayu lebih spesial dibanding meja TV dari bahan lainnya? Dibanding meja tv dari polimer sintetis, bahan kayu memang masih menjadi unggulan. Hal itu disebabkan karena kayu memang masih memiliki banyak keunggulan dari bahan-bahan yang lain.

Telah banyak penelitian yang memberikan hasil bahwa kayu merupakan material yang bisa membuat manusia relaks. Penggunaan lantai marmer dibanding lantai kayu, misalnya. Lantai kayu dipersepsi oleh responden membuat suasana menjadi lebih nyaman. Hal ini diungkap dalam penelitian yang dilakukan Nyrud pada tahun 2010. Temuan ini hanya satu dari sekian banyak penelitian dengan hasil serupa.

Contoh penelitian lain yang pernah dilakukan terkait hubungan kayu dengan manusia adalah penelitian oleh Bhatta pada tahun 2007. Disebutkan bahwa tekstur kayu alami ternyata lebih disukai dibanding tekstur kayu berlapis coating. Ini artinya, bukan hanya visual atau tampilan kayu yang dianggap positif, melainkan juga teksturnya.

Dengan berbagai keunggulan kayu ini, rasanya tak mengherankan bahwa material tersebut masih banyak digunakan di berbagai industri. Di zaman ini, kita sudah mengenal plastik, logam, dan berbagai bahan lain yang bisa diolah dengan mudah.

Tetapi seringkali, kayu tetap menjadi rujukan utama. Industri woodworking adalah contoh industri yang begitu banyak mengandalkan kayu. Produk non kayu sendiri ada, tetapi tetap tidak dianggap yang terbaik dan yang utama.

Salah satu produk tersebut dapat dilihat pada aneka meja TV kayu. Meja televisi kayu, sebagaimana namanya adalah meja untuk meletakkan televisi yang terbuat dari kayu. Meja seperti ini lebih disukai oleh masyarakat dibanding meja serupa dari bahan lainnya.

Alasannya sendiri beragam, namun yang jelas, penggunaan kayu membuat meja tv tersebut lebih unggul. Berikut ini beberapa keunggulan meja tv dari bahan kayu.

Lebih Indah

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kayu memiliki estetika yang baik. Apalagi kayu-kayu solid dengan keindahan natural yang terkenal. Mulai dari jati, mahoni, ebony, sampai kayu hickory dari Amerika Serikat. Keindahan kayu tersebut juga memiliki kesan yang berbeda bila dibandingkan dengan bahan lain.

Kayu mampu memberikan kesan yang hangat, relaks, dan organic (natural). Ketiga kesan ini akan sulit didapat dari bahan lain apalagi dari bahan polimer sintetis seperti plastik. Keindahan kayu juga jauh lebih berkelas dibanding bahan-bahan lain tersebut.

meja tv

Lebih Aman untuk Anak-anak

Dibanding logam dan plastik, kayu juga lebih aman untuk anak-anak. Secara alami, kayu tak mengandung zat-zat yang membahayakan kesehatan. Dari segi ketajaman dan strukturnya, kayu juga tak akan menyebabkan bahaya fisik bagi si kecil.

Ketika kayu akhirnya menua, material tersebut pun tidak akan menyebabkan karat seperti logam. Karena sifatnya inilah, meja TV kayu jauh lebih direkomendasikan bila Anda punya buah hati di rumah. Bukankah memperhatikan keselamatan buah hati sangat penting saat memiilih berbagai perabot?

Tetapi ingat, meski kayu secara alamiah aman, belum tentu bahan lain yang dipakai untuk membuat meja televisi juga aman. Tak jarang, cat atau lem yang digunakan memiliki tingkat keamanan yang dipertanyakan.

Untuk mendapatkan meja televisi yang benar-benar aman sendiri, ada baiknya memilih yang sesuai standar produk eco friendly. Sedangkan bila Anda pelaku usaha atau pembuat meja TV itu sendiri, pastikanlah untuk menggunakan bahan yang aman digunakan.

Untuk lemnya, gunakan lem yang ideal dengan daya rekat yang kuat dan keamanan terjamin seperti Crossbond. Berbahan dasar PVAc, adhesive Crossbond akan mendukung meja TV kayu dengan sangat  optimal.

lem kayu untuk finger joint

Berat Ideal

Dibanding logam, kayu memiliki bobot atau berat yang lebih ringan. Sedangkan dibanding bahan serupa plastik, kayu memiliki bobot yang lebih berat.

Dengan kata lain bahan ini memiliki bobot yang moderat dan ideal dibanding kedua bahan lainnya. Kita memang tak mudah memindahkannya sebagaimana saat memindahkan meja TV plastik.

Akan tetapi hal itu bukanlah suatu kekurangan. Pasalnya, dengan bobot yang lebih berat, justru meja TV kayu lebih kokoh dan stabil. Kekokohan produk sendiri, di sisi lain juga membuatnya dipersepsi lebih menarik. Anda tak mau bukan punya meja TV yang karena terlalu ringan justru menjadi sangat ringkih?

Lebih Aman untuk Perangkat Elektronik seperti Televisi

Meski bukan isolator sebaik plastik, tapi kayu adalah bahan yang cukup aman untuk dijadikan wadah berbagai benda elektronik. Bahan ini tidak seberbahaya logam yang dengan cepat mampu merambatkan aliran listrik dan karenanya memiliki efek yang sangat membahayakan ketika alat elektroniknya tidak digunakan dengan benar.

Di sisi lain, plastik yang merupakan isolator listrik kadang kala justru bisa begitu membahayakan. Misalnya dalam kasus paparan air. Karena tak bisa menyerap air, tetes air hanya akan tergenang di meja TV berbahan plastik tersebut. Hal ini bisa menjadi bencana besar ketika tetes air jatuh ke tempat colokan atau mengenai bagian-bagian lainnya.

Harga Variatif

meja tv pojok

Harga meja TV kayu sangatlah bervariasi. Ada meja TV yang harganya jutaan rupiah, tapi ada juga yang harganya hanya ratusan ribu rupiah saja. Hal ini disebabkan karena kualitas kayunya yang berbeda-beda.

Apalagi sekarang sudah dikembangkan pembuatan mebel berdasarkan kayu olahan atau engineered wood. Engineered wood secara umum jauh lebih murah dibandingkan kayu solid. Oleh sebab itulah, produk mebel dari kayu olahan, termasuk meja TV-nya bisa diperoleh dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Kokoh

Meja TV kayu juga secara umum lebih kokoh dibandingkan meja TV bahan lain. Meski tentu saja, kekokohan perabot tersebut berbeda tergantung bahan kayu yang dipakai. Untuk meja TV jati, kekokohannya jelas tak perlu dipertanyakan lagi.

Sedangkan untuk meja TV pinus dan albasia, kekokohannya lebih rendah. Tapi secara umum, bahan kayu memang lebih baik dari aspek tersebut dibanding bahan yang lain.

Tektur Menyenangkan

Sebagaimana disebut di atas, penelitian sudah mengungkap bahwa keindahan kayu bukan hanya terletak pada tampilannya saja. Keindahan kayu juga terkait dengan tekturnya.

Meja TV kayu pun demikian. Menyentuh meja TV dari bahan kayu memberikan sensasi yang lebih menentramkan dibanding menyentuh meja televisi non kayu, baik itu logam ataupun polimer sintetis.

Tampilan Mudah Diubah

meja tv shabby chic

Secara umum, meja televisi dari bahan kayu memiliki tampilan yang lebih beragam. Aneka tampilan perabot kayu ini disebabkan sifat kayu yang bisa difinish dengan banyak cara.

Bila Anda memiliki perabot plastik, hampir pasti Anda tak akan pernah bisa melakukan make over dengan mudah. Sedangkan bahan logam bisa dimakeover tetapi sifatnya agak terbatas.

Sebaliknya kayu, dengan mudah bisa diamplas, difinish ulang, diberikan efek glaze atau whitewash, dan berbagai teknik finishing lainnya. Kadangkala, kayu juga bisa dibarut secara sengaja untuk menciptakan kesan lawas pada style finishing shabby chic. Anda pun bebas berkreasi mewujudkan meja TV kayu yang menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here