Yuk, Membuat Sendiri Meja Jualan dari Kayu Pallet

0
3660
meja pallet jualan pinterest
Image: pinterest.com

Apa yang bisa dihasilkan dari potongan kayu pallet? Jawabannya, banyak! Salah satunya adalah meja jualan yang dapat Anda pakai untuk menjual minuman coklat, penganan, dan berbagai produk lainnya.

Kayu Peti Kemas

Peti kemas merupakan peti yang merujuk pada benda yang dipakai untuk membungkus barang. Peti-peti seperti ini biasanya digunakan dalam kegiatan shipping, yakni pengiriman lewat laut. Bahan untuk membuat peti kemas sendiri beragam, namun utamanya adalah kayu. Dua jenis kayu yang sering dipakai adalah kayu pinus dan kayu jati belanda. Kedua kayu ini biasanya dipotong memanjang lalu dibentuk menjadi kotakan untuk wadah aneka barang. Jadi, meskipun jenis kayunya berbeda, tetapi wujud kedua kayu ini kerap hadir dengan rupa yang agak mirip.

Setelah tak digunakan, dulu kayu ini akan dipakai untuk bahan bakar. Tapi seiring berjalannya waktu, orang mulai menyadari potensi unik kayu ini. Kini berbagai kayu peti kemas atau sering disebut sebagai kayu pallet kerap digunakan untuk membuat mebel atau furniture. Hasilnya? Sangat unik. Kayu ini memang tidak hadir dengan tampilan classy ala ebony atau tampilan menawan seperti jati. Tapi kayu-kayu pallet ini punya keindahan khas yang justru terkesan vintage.

Membuat Meja Jualan dari Kayu Peti Kemas

Salah satu produk mebel yang mudah dibuat dari kayu pallet adalah meja. Dan salah satu jenis meja yang bisa kita hadirkan secara spesial dengan kayu pallet adalah meja jualan. Meja jualan?

CS Lem Kayu

kayu pallet

Sebagaimana namanya, meja seperti itu adalah meja yang biasa digunakan untuk jualan. Biasanya bentuknya sangat khas. Meja dibuat dengan tinggi sepinggang hingga sedada, dan punya bagian depan dan belakang. Berikut ini ciri-ciri lengkap meja untuk berjualan:

  1. Tinggi biasanya sepinggang hingga sedada
  2. Biasanya punya bagian depan dan belakang. Bagian depan adalah bagian yang menghadap konsumen sedangkan bagian belakang adalah bagian yang menghadap penjual.
  3. Sering dilengkapi dengan rak di bagian belakang.
  4. Kadang kala dibuat dengan dekorasi untuk menarik perhatian pengunjung.
  5. Kadangkala dibuat mudah dipindahkan dengan dipasangkan roda pada meja tersebut.

Jadi meja ini memang spesifik. Ia bukan sekedar sembarang meja yang digunakan untuk berjualan saja. Memang, ada kalanya kita bisa memakai sembarang meja untuk berjualan. Tetapi, fungsi meja tersebut tak akan maksimal membantu Anda. Dengan menggunakan meja yang khas digunakan untuk berjualan, usaha Anda akan terlihat lebih profesional. Coba saja bayangkan dari sudut pandang konsumen. Bila Anda diminta untuk membeli makanan dari penjual dengan meja ala kadarnya vs meja yang didesain khas, mana yang akan Anda pilih? Meja ala kadarnya biasanya akan lebih dihindari karena memang tidak memiliki daya tarik.

Keunggulan Meja Jualan dari Kayu Peti Kemas

Nah, untuk membuat meja jual lebih menarik, kita bisa mengandalkan kayu pallet atau peti kemas. Ada beberapa keunggulan ketika kita memanfaatkan material ini:

  1. Meja akan terlihat lebih unik sehingga konsumen lebih tertarik
  2. Meja bisa hadir sesuai produk yang dijual. Misalnya, Anda menjual minuman coklat. Maka agar menarik, Anda bisa menjualnya di meja yang didesain vintage ala anak muda.
  3. Harga yang terjangkau. Apalagi bila dibandingkan dengan meja dari kayu-kayu mahal seperti jati.
  4. Meja lebih ringan sehingga lebih mudah digunakan saat aktivitas berjualan
  5. Sangat menarik bukan pemanfaatan kayu pallet untuk membuat meja tersebut? Selain menarik, ternyata proses pembuatan meja ini juga mudah dilakukan. Berikut ini caranya.

Cara Membuat Meja Jualan dari Kayu Peti Kemas

Alat dan Bahan

  1. Kayu pallet
  2. Skrup sudut
  3. Paku
  4. Gergaji
  5. Lem Crossbond (kami hanya merekomendasikan lem ini, bukan lem kayu lainnya)
  6. Berbagai peralatan woodworking mulai dari pukul, bor, dan lainnya
  7. Cat dengan warna sesuai selera Anda
  8. Kuas untuk aplikasi cat
  9. Amplas
  10. Alat tulis

Langkah-langkah Membuat Meja Jualan dari Kayu Peti Kemas

Pada dasarnya, proses pembuatan meja berjualan dari pallet tidaklah sulit. Caranya pun tidak berbeda dengan proses pembuatan meja kebanyakan. Hanya saja, setelah rangka dasar meja selesai dibentuk, kita perlu melingkupinya dnegan potongan kayu pallet. Jadi pertama-tama, potonglah kayu pallet untuk membuat rangka dasar meja terlebih dahulu. Dibutuhkan 4 kaki, beberapa potongan kayu untuk permukaan meja, dan apron. Untuk proses pembuatan meja secara mendasar sendiri, silahkan baca di artikel ini. Untuk perekatannya, gunakan lem kayu Crossbond. Dan untuk tingginya, buatlah dengan ukuran 75-100 cm.

Setelah bentuk dasar meja berhasil dibuat, kini saatnya untuk merekatkan potongan pallet di sepanjang meja. Caranya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu memamu potongan pallet pada kaki meja di sisi samping dan depan saja. Tidak sulit bukan? Ukur dulu tinggi meja Anda, lalu potong pallet dan siapkan dalam jumlah yang sesuai. Berikutnya, rekatkan dengan Crossbond, lalu kuatkan dengan paku.

Setelah itu, Anda tinggal mengaplikasikan saja finishing yang tepat. Pilihlah cat yang sekiranya cocok dengan produk yang Anda jual.

Tips Penting Membuat Meja Jualan dari Kayu Pallet

Finishing

Ada berbagai tipe finishing yang bisa dipilih. Misalnya:

  1. Finishing pallet warna-warni seperti pelangi ketika Anda menjual produk untuk anak. Misalnya, Anda menjual eskrim atau es buah khusus. Nah, Anda bisa mengaplikasikan warna yang ceria seperti merah, hijau, kuning, biru, hingga ungu.
  2. Mengaplikasikan warna natural ketika Anda menjual produk yang menekankan sifat alaminya. Misalnya Anda menjual lulur dari bahan alami. Nah, meja jualannya bisa dihadirkan dengan kesan yang alami juga, makanya tipe finishing yang diterapkan adalah natural transparent color.
  3. Finishing warna gothic untuk menjual berbagai CD, merchandise, dan berbagai produk anak muda

Branding

Agar produk Anda makin dikenal, jangan lupa menamai meja Anda dengan brand produk yang dijual. Keterangan nama brand ini bisa ditulis di kayu, lalu ditempelkan di bagian depan meja.

Rak

Saat Anda berjualan bukan tidak mungkin Anda membutuhkan rak. Nah, karena itu, buatlah rak khusus di bagian belakang meja. Rak ini nantinya bisa dipakai untuk wadah uang ataupun untuk tempat meletakkan berbagai perlengkapan saat berjualan.

Roda

Bila Anda sudah mahir membuat meja untuk berjualan, cobalah untuk memasangkan roda juga. Jadi, nantinya meja tersebut lebih mudah dibawa kemana-mana, termasuk ke tempat yang sedang ramai pembelinya.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Nah, sekiranya demikian tips sekaligus cara untuk membuat meja jualan dari peti kemas. Menarik dan mudah bukan? Jangan lupa, gunakan lem Crossbond untuk membuat meja tersebut. Lem Crossbond merupakan PVAc water based yang sangat berkualitas yang diproduksi manufaktur produk eco friendly, Bio Industries. Gunakan selalu Crossbond untuk membuat beragam meja dengan desain yang menawan.

Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here