Membuat Meja Makan Jati Minimalis Kualitas Ekspor dengan Crossbond

0
737
meja makan jati minimalis

Kombinasi jati dengan gaya minimalis akan membuat meja makan jati minimalis terlihat memesona. Tetapi, hanya dengan Crossbond Anda bisa mewujudkan meja makan tersebut dengan kualitas ekspor.

Dari berbagai style furniture yang populer di masyarakat, gaya minimalis menjadi gaya yang berada di deretan atas. Gaya ini sebenarnya memiliki sejarah yang panjang. Berkebalikan dengan pendapat awam bahwa minimalis adalah gaya modern, sebetulnya style tersebut sudah diinisiasi sejak era setelah Perang Dunia II. Pada masa itu, minimalis adalah gaya yang menjadi antitesa ekspresionisme abstrak. Tak bermain-main dengan kesan abstrak, minimalis mengusung tema effortless beauty dengan menempatkan elemen reduktifis sebagai salah satu kunci dalam perwujuduannya.

Seiring berkembangnya zaman, style ini diterapkan pada berbagai produk lintas bidang. Kita bisa menemukan aksen minimalis pada item fashion, desain interior, desain eksterior bangunan, hingga mebel-mebel dalam bangunan itu sendiri. Yang unik dari gaya ini, adalah meskipun style ini tak lagi menjadi trend desain furniture beberapa tahun ke belakang, tapi peminatnya tetap tinggi. Dibanding style yang lain minimalis memang lekat di masyarakat. Selain itu, industri office furniture juga menjadi salah satu industri yang gemar mengusung style ini. Dianggap cocok dengan dunia kerja yang menekankan efisienitas, kita bisa melihat bagaimana gaya ini diterapkan pada berbagai meja dan kursi kerja. Dalam mebel rumah tangga pun, gaya ini banyak digunakan. Salah satunya adalah pada meja makan.

Paduan Keindahan Jati dengan Gaya Minimalis untuk Ruang Makan

log jati

CS Lem Kayu

Aplikasi gaya minimalis pada meja makan akan menciptakan suasana yang bersih, balance, luas, dan efisien. Bagi sebagian orang, kesan seperti ini begitu disukai. Namun tak jarang juga ada yang mengeluhkan kesan dingin yang hadir bersama dengan gaya minimalis. Padahal, suasana makan adalah suasana yang seharusnya hangat. Persoalan ini sebenarnya bisa diatasi dengan memadukan gaya minimalis dengan sesuatu yang bisa memberikan kehangatan. Sesuatu tersebut antara lain adalah “warna natural kayu jati”. Studi oleh beberapa penelitian menunjukkan bahwa manusia cenderung mempersepsi kayu dengan kesan relaks, alami, menenangkan, dan hangat. Kesan-kesan ini akan mampu menurunkan kesan dingin pada beberapa meja yang didesain dengan gaya minimalis.

Tetapi mengapa meja makan jati minimalis? Mengapa bukan meja makan pinus minimalis atau meja makan mahogany minimalis? Pertanyaan ini wajar saja ditanyakan. Tetapi rekomendasi penggunaan jati hanya salah satu contoh saja untuk membuat gaya minimalis terlihat lebih hangat. Dari perspektif pelaku usaha mebel sendiri, jati adalah kayu yang sangat populer untuk hampir semua target pasar. Karenanya, membuat meja makan minimalis dengan paduan jati menjadi keuntungan tersendiri dibanding menggunakan jenis kayu yang lain.

Dari segi estetika, jati memang menawan. Kayu ini memiliki warna dengan aksen golden atau keemasan. Ketika tua pun, warnanya condong menjadi agak keabu-abuan yang justru membuat mebel terlihat semakin memesona.

Dua Alternatif Hadirkan Meja Makan Jati Minimalis

Keindahan jati yang menawan sebagai material untuk membuat meja makan bisa dihadirkan dengan dua cara. Yang pertama adalah pemakaian kayu solid jati, dan yang kedua adalah pemakaian veneer jati. Opsi pertama akan memberikan keseluruhan keunggulan jati mulai dari kekokohannya sampai dengan ketahananya. Tetapi, Anda harus bisa mendapatkan jati yang sudah tua. Cermatlah, sebab banyak jati muda yang dijual di pasaran. Kayu jati muda memang lebih terjangkau harganya. Tetapi, kualitas keawetan, durabilitas, kekokohan, estetika, hingga densitasnya tidak sebaik kayu jati yang sudah tua. Namun demikian, Anda jelas harus memiliki budget yang besar untuk mendapatkan kayu jati tua. Anda juga harus memiliki relasi dengan penyedia kayu jati tua, yang memang memiliki tingkat kompetisi besar. Namun bila Anda berhasil melakukannya, tentu meja makan jati minimalis Anda akan benar-benar punya tempat, baik untuk pasar lokal ataupun untuk ekspor.

Bagaimana dengan pemakaian jati muda? Sekali lagi, penggunaan jati muda yang lebih mudah ditemukan di pasaran memang menjadi pilihan tersendiri. Tetapi, Anda harus siap dengan kekurangan-kekurangannya. Beberapa antisipasi sebaiknya Anda lakukan. Misalnya, karena jati muda kurang awet terhadap hama, sebaiknya Anda aplikasikan dulu treatment pengawetan menggunakan insektisida BioCide.

Sedangkan opsi kedua akan memberikan Anda meja makan jati minimalis yang paling murah. Veneer adalah pelapis yang dibuat dari potongan sangat tipis kayu solid. Veneer bisa diaplikasikan pada kayu olahan seperti MDF hingga tripleks. Aplikasi veneer secara umum juga jauh lebih murah dibandingkan penggunaan kayu solid jati muda. Dan kabar baiknya, gaya minimalis adalah gaya yang mudah diterapkan pada kayu olahan. Sebab, gaya ini tak membutuhkan kayu yang harus dihias atau diperindah dengan ukiran dan sejenisnya.

Perlu Lem yang Kuat untuk Veneer dan Penyambungan

meja tamu jati

Yang mana di antara berbagai opsi di atas yang seharusnya dipilih perusahaan mebel? Jawabannya tergantung kondisi dan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda memerlukan meja makan jati minimalis terjangkau untuk target pasar kelas menengah bawah. Maka sebaiknya Anda menggunakan veneer jati dan kayu olahan, atau kayu jati muda, bukannya malah menggunakan jati tua.

Yang perlu diingat, kualitas akhir produk jati Anda bukan hanya ditentukan oleh bahan utamanya saja. Ada berbagai bahan pendukung lain yang juga perlu Anda perhatikan dan simak dengan baik. Salah satunya adalah lem atau bahan perekat. Lem merupakan bahan penyambungan yang perlu digunakan untuk menyambungkan wood joint dan merekatkan veneer pada medianya. Lem, memainkan peran sentral untuk kekokohan rangka meja sekaligus keawetan perekatan veneer.

Dalam hal ini, kami secara khusus menyarankan lem Crossbond untuk Anda. Crossbond merupakan PVAc water based glue yang berbasis air dan sangat cocok untuk pembuatan meja makan jati minimalis. Cara membuat meja makan jati bergaya minimalis akan semakin mudah dengan Crossbond. Lem ini memiliki daya rekat yang kuat, mudah digunakan, tidak menyebabkan glue line, dan memiliki kecepatan kering yang sangat ideal.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Terdapat dua varian Crossbond yang bisa Anda gunakan. Yang pertama adalah Crossbond X3. Crossbond X3 bisa digunakan untuk penyambungan rangka produk. Misalnya untuk dowel, biscuit joint, dan berbagai tipe penyambungan yang lainnya. Sedangkan yang kedua adalah Crossbond X4. Khusus Crossbond X4, Anda bisa menggunakannya untuk membuat meja makan jati minimalis dari veneer.

Ayo Segera Pesan Crossbond!

Segera dapatkan Crossbond untuk membuat meja makan jati minimalis. Dapatkan adhesive ini dengan cara pemesanan yang bisa Anda lakukan dengan menghubungi kontak yang kami sediakan. Anda juga bisa melakukan pemesanan di berbagai marketplace dan laman official facebook kami.

Jadikan meja makan jati lebih berkualitas dengan Crossbond. Sampai jumpa di artikel menarik seputar dunia furniture dan kerajinan berikutnya ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here