Maksimalkan Keindahan Kayu Oak dengan Crossbond!

0
421
meja oak

Kayu oak mungkin nama yang asing bagi sebagian besar orang Indonesia. Tapi dalam industri woodworking kayu ini tak bisa diabaikan begitu saja. Karena itulah, pada kesempatan ini, lemkayu.net akan berbagai informasi penting untuk memaksimalkan kecantikan kayu ek tersebut.

Mengenal Kayu Ek atau Oak Wood

Ek atau oak memang bukan tanaman yang familiar bagi kebanyakan orang Indonesia. Oak, baik itu pohon atau perdu merupakan tanaman dalam genus Quercus dan familih Fagaceae. Tanaman ini terdiri atas banyak spesies, yang bila ditotal mencapai angka 600 spesies tanaman yang berbeda. Selain itu, ada kalanya juga oak mengacu pada nama tanaman Lithocarpus yang berbeda genus dengan Quercus.

Oak merupakan tanaman yang habitat aslinya di bumi bagian utara dan beberapa bagian tropis dunia. Dari berbagai wilayah sendiri, Amerika Utara menjadi tempat dengan jumlah spesies oak terbanyak. 90 spesies Ek ditemukan di Amerika Serikat dan 160 spesies ditemukan di Meksiko. Bahkan 109 dari 160 tanaman ek di Meksiko bersifat endemik atau hanya ditemukan di tempat itu saja.  Sedangkan di Asia, negara dengan jumlah ek terbesar adalah Tiongkok.

Karena ketersediaannya yang melimpah, secara bergenerasi oak digunakan manusia untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah untuk kebutuhan mebel dan kerajinan berukir. Kayu yang dihasilkan genus ini dikenal karena kekuatannya yang baik dan keindahan pola serat kayunya. Warnanya sendiri beragam, dengan kayu oak merah dan putih yang paling dominan digunakan. Sedangkan varian lainnya, seperti Oak Inggris dikenal lebih tahan lama, namun sulit untuk diolah.

CS Lem Kayu

Kayu Ek Putih

Ek putih atau white oak merupakan kayu dari spesies Quercus alba. Kayu ini memiliki karakter yang sangat kuat dan resisten terhadap proses pembusukkan. Selain itu, kayu ini juga dikenal sangat durable atau tahan lama. Sayangnya, white oak memiliki tendensi penyusutan yang kadang kala tidak stabil. Sehingga pemilihan kayu ini harus dilakukan hati-hati.

Berdasarkan warnanya sendiri, kayu oak putih memiliki warna coklat muda hingga medium di bagian dalam, dan hampir putih di bagian luar. Spektrum warna dalam dan luarnya sendiri kadang terlalu tidak jelas.

Kayu Ek Merah

Kayu oak merah merupakan kayu dari spesies oak dengan nama latin Quercus rubra. Kayu ini memiliki warna coklat medium hingga coklat tua, dengan aksen kemerahan yang kentara. Bagian kemerahan tersebut teruatama ditemukan di bagian dalam kayu, sedangkan bagian luarnya cenderung berwarna putih hingga coklat muda. Karena itulah, meskipun namanya “ek merah”, tetapi secara sekilas kita tetap agak sulit membedakan ek ini dengan ek putih. Beberapa ciri lain perlu digunakan sebagai pembeda. Sampai hari ini, beberapa ciri yang sering dipakai untuk pembeda adalah pola serat kayunya, ukuran porinya, dan ketahanannya pada pembusukkan. Dengan kata lain, durabilitas kayu ek ini lebih rendah dari spesies ek putih. Selain itu, ek merah cenderung berubah warna ketika kontak dengan air.

Kayu Oak dalam Industri Mebel Indonesia

meja makan oak

Ek bukan tanaman asli Indonesia. Sebagaimana disebut di atas, kebanyakan spesies Ek ditemukan di belahan bumi bagian utara. Sedangkan Indonesia merupakan negara yang terletak di daerah tropis dengan garis equator membelah di atasnya. Tetapi sebetulnya, ek tetap bisa menjadi material andalan untuk mengembangkan bisnis mebel. Kayu ini bisa digunakan dalam beberapa bentuk, dua bentuk di antaranya yaitu:

Kayu solid

Kayu solid oak bisa didapatkan dari budidaya ek di Indonesia ataupun didatangkan dari negeri-negeri penghasil ek mulai dari China sampai Amerika Serikat.

Veneer

Veneer oak merupakan potongan kayu tipis oak solid sehingga bisa digunakan untuk finishing. Dibanding oak dalam bentuk kayu solid, veneer ek akan lebih murah ketika harus dikirim dari luar negeri ke Indonesia

Baik solid ataupun veneer, kayu oak bisa digunakan untuk menyemarakkan industri mebel nasional. Tampilannya yang lain daripada yang lain bisa menjadi branding tersendiri. Selain itu, bisa juga kita memanfaatkan produk oak tersebut untuk ekspor. Ingat, kayu ini adalah kayu yang populer di negeri seperti AS. Ketika kita membeli kayu ek veneer (misalnya), kita bisa menjualnya kembali ke Amerika dengan harga yang lebih terjangkau dari mebel ek di sana. Sebab, proses produksi di Indonesia secara umum lebih murah. Salah satu penyebabnya adalah karena upah buruh yang lebih rendah dibanding upah buruh di Amerika Serikat.

lemari oak

Tingkatkan Kecantikan Ek dengan Crossbond!

Oak, baik berupa kayu solid ataupun veneer merupakan kayu yang menarik sebagai material untuk mebel. Keindahannya bisa meramaikan pasar mebel lokal ataupun ditarget secara khusus untuk pasar ekspor. Yang pasti, kualitas mebel dari kayu ini hendaknya diperhatikan dengan cermat. Jangan sampai kita menghadirkan mebel dari kayu “yang tak biasa” sehingga membuat pembeli antusias, tetapi kemudian terjadi kekecewaan karena kualitas yang buruk.

Ada banyak kiat dan usaha yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas mebel dari kayu oak. Salah satunya adalah dengan menggunakan lem kayu untuk furniture yang bagus. Lem yang kami rekomendasikan khusus untuk kebutuhan pengerjaan kayu ek ini adalah Crossbond.

PVAc water based glue Crossbond merupakan lem dengan berbagai keunggulan yang didesain khusus untuk industri woodworking. Lem ini terkenal karena memiliki daya rekat yang kuat, cepat kering, mudah digunakan, tidak menyebabkan glue line, tidak tebal, hemat, dan harganya juga lebih terjangkau. Pemanfaatan Crossbond untuk mebel kayu oak juga bisa diterapkan pada penggunaan oak log ataupun veneer.

  1. Untuk pembuatan mebel dari kayu ek solid, Anda bisa menggunakan Crossbond X3. Crossbond X3 merupakan lem untuk menyambungkan sambungan kayu dalam pembuatan rangka mebel.
  2. Untuk pembuatahn mebel dari veneer oak, Anda bisa menggunakan Crossbond X4. Crossbond X4 merupakan lem laminasi untuk berbagai perekatan pelapisan mulai dari aplikasi veneer sampai decking lantai.

Lem ini telah banyak diandalkan manufaktur mebel Indonesia baik yang berskala besar maupun berskala UKM. Sebab secara keseluruhan, Crossbond mampu menurunkan ongkos produksi sekaligus meningkatkan kualitas produk.

Kesimpulan

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Oak merupakan kayu yang potensial digunakan untuk mengembangkan industri woodworking. Kayu ini memiliki berbagai keunggulan seperti kemampuannya diolah dengan ukiran. Oak juga populer sebagai kayu di Amerika Serikat. Produksi mebel oak di Indonesia bisa dilakukan untuk menurunkan biaya produksi yang mahal di negeri Paman Sam tersebut. Kayu oak yang digunakan sendiri bisa hanya berupa veneer sehingga biaya transportasi tak mahal. Sehingga kita bisa menghadirkan produk yang lebih terjangkau dan potensial untuk ekspor karena punya pasar sendiri di luar negeri. Yang jelas, pastikan kayu tersebut diolah dengan baik. Kecantikan kayu ini perlu didukung dengan lem yang kuat seperti Crossbond.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here