Karakteristik dan Pemanfaatan Kayu Oak di Indonesia

0
29
kekurangan kayu pinus

Seperti apa karakteristik kayu oak? Adakah yang menjual kayu oak di Indonesia? Bisakah kayu oak dijadikan bahan untuk furniture?

Budaya pop Amerika, baik itu film maupun lagu-lagunya yang tersebar ke berbagai penjuru dunia, selain memengaruhi selera hiburan seseorang, juga membuat warga dunia mengenal hal-hal spesifik terkait Amerika. Salah satunya terkait kayu yang banyak digunakan di negeri Paman Sam tersebut.

Misalnya saja oak. Pohon oak atau ek dan kayunya sering disebut dalam diaolog serial, film, hingga karya sastra. Sedikit banyak hal ini meningkatkan rasa orang yang mendengarnya. Termasuk tentu saja warga Indonesia.

Klasifikasi Tanaman Oak

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fagales
Famili: Fagaceae
Genus: Quercus
Spesies: Quercus sp.

Sekilas tentang Tanaman Oak dan Jenis-jenisnya

kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini

Kayu oak berasal dari tanaman Quercus sp. Tanaman tersebut ditemukan di bentang bumi utara dari Amerika hingga Asia. Ketika sudah tumbuh besar, pohon bisa membentuk tajuk yang melingkar lebar. Adapun daunnya memiliki bentuk yang unik dengan buah berbentuk bulat halus. Buah-buah tersebut adalah sumber makanan bagi banyak hewan seperti tupai.

Uniknya, oak sejatinya bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Dua di antaranya yang paling populer adalah:

1. Oak Merah

Oak merah adalah tanaman yang bisa tumbuh hingga 35 meter dengan diameter batang 1 sampai 2 meter. Tanaman ini memiliki warna kayu yang tampak kemerah-merahan. Oleh karena alasan itu kayu ini dinamai red oak atau oak merah.

Dibanding oak putih, oak merah memiliki keawetan yang lebih rendah, tetapi kayu tersebut lebih mudah diolah.

2. Oak Putih

Pohon oak putih tumbuh dengan ketinggian mencapai 20 hingga 25 meter dan diameter batangnya mencapai 1,2 meter. Warna kayu oak putih adalah coklat muda dan sering dijumpai memiliki warna kehijauan. Memiliki serat kayu yang lurus dengan beberapa lekukan. Tekstur kayu oak putih juga agak kasar. Kayu oak putih memiliki tingkat ketahan yang baik terhadap serangan rayap dan jamur.

Baca Juga:  Memanfaatkan Panel Bekas Menggunakan Lem Ramah Lingkungan

Jenis oak putih dinamai demikian karena kayunya yang berwarna lebih terang mulai dari putih hingga coklat muda. Kayu ini tumbuh lebih pendek (25 m) dengan diameter 1 hingga 2 m.

Dibanding oak merah, kayu yang dihasilkan oak putih memiliki ketahanan yang lebih baik. Hanya saja, teksturnya lebih kasar dan bisa mengalami diskolorasi atau perubahan warna ketika bersentuhan dengan logam berkarat dalam waktu cukup lama.

Karakteristik Kayu Oak

Berikut ini beberapa ciri atau karakteristik kayu oak, baik yang merah maupun yang putih.

1. Warna: merah dan putih tergantung jenisnya
2. Tingkat keras (Janka Hardness): Oak putih: 1360, Oak merah: 1290
3. Ketahahan: II dan III (oak putih lebih awet, apalagi setelah ditreatment dengan bahan pengawet terbaik seperti BioCide, oak akan bertahan dengan sangat baik meski digunakan untuk outdoor).
4. Kekuatan: II (termasuk salah satu kayu yang kekuatannya sangat bagus)
5. Hardwood atau softwood: hardwood (kayu keras)
6. Tekstur: oak putih lebih kasar dibanding yang merah
7. Gravitasi khusus (pada kelembaban 12% ): 0,6, 0,75
8. Janka Hardness: 1,350 lbf atau 5,990 N (putih)
9. Modulus Rupture: 102,3 MPa (putih) dan 98,6 MPa (merah)
10. Modulus elastis: 12,15 GPa (putih), dan 7,86 (merah)
11. Crushing Strength (Kekuatan terhadap penghancuran): 50,8 MPa
12. Kembang susut: Radial 5,6%, Tangensial 10,5%

Pemanfaatan Kayu Oak

Kayu oak telah digunakan untuk memenuhi banyak jenis kebutuhan. Namun, pemanfaatan tersebut biasanya berlaku di Amerika Utara (AS dan Kanada), Asia utara, serta wilayah lain di mana material ini banyak ditemukan.

Masyarakat Amerika biasa menggunakan oak untuk,

1. Flooring: flooring oak adalah salah satu jenis flooring yang populer karena durabilitasnya. Kayu ini dianggap memiliki tingkat keras yang ideal untuk lantai, kekuatan yang baik, dan keindahan yang menawan dan beragam.
2. Dinding: selain digunakan sebagai lantai, oak juga sering digunakan untuk membuat dinding.
3. Rangka: Tak sedikit rumah warga Amerika yang dibangun dengan rangka yang terbuat dari kayu oak.
4. Perabot dan furniture: dari meja hingga kabinet, keindahan kayu oak bisa ditemukan di rumah-rumah warga
5. Alat musik: oak juga bisa digunakan sebagai material untuk alat musik
6. Kerajinan: meskipun tak begitu sering, namun kayu oak juga bisa digunakan dalam pembuatan kerajinan kayu

Baca Juga:  Mengenal Lem Glukol mulai dari Pengertian, Bahan, sampai Keunggulannya

Di Indonesia sendiri, karena merupakan kayu impor, oak biasanya digunakan untuk membuat furniture dan kerajinan. Penggunaan oak di luar kedua bidang tersebut masih sangat jarang ditemukan.

Apakah Ada yang Jual Kayu Oak di Indonesia?

Tak sedikit orang Indonesia yang menginginkan produk kayu berbasis oak. Beberapa di antara mereka mungkin pernah tinggal di Amerika dan jatuh cinta pada material tersebut. Beberapa yang lain mungkin penasaran dengan ek yang sering disebut dalam berbagai produk pop culture barat.

Untungnya, di Indonesia, kayu oak sudah cukup lama masuk di pasar perkayuan dalam negeri. Hanya saja, jumlahnya memang tidak banyak. Harganya pun mahal. Selain itu, bagi para pengrajin, penggunaan oak bukanlah sebuah pilihan favorit karena demand yang sedikit.

Untuk menyiasati kondisi ini, Anda yang tertarik dengan kayu oak bisa membeli pelapis veneer daripada kayu solid atau batangannya. Produk veneer bagaimanapun juga bisa dibeli dengan harga yang lebih terjangkau. Veneer pun mudah diaplikasikan untuk pembuatan furniture, dinding, atau perabotan.

perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here