Kertas Ivory: Mengenal Pengertian, Karakteristik, hingga Manfaatnya

0
165
kertas ivory

Salah satu jenis kertas yang populer digunakan untuk berbagai kebutuhan adalah kertas ivory. Yuk, kenali lebih dekat kertas ini mulai dari karakteristik hingga kelebihan-kelebihannya.

Dalam bidang percetakan dan kerajinan, dikenal berbagai jenis kertas. Idealnya, mereka yang bekerja di kedua bidang tersebut, mengenali tipe-tipe kertas itu.

Sebab, tiap material memiliki karakteristik atau cirinya sendiri-sendiri. Contohnya saja karakter ketebalannya, ukuran lebarnya, hingga bahan pembuatnya. Dengan mengetahui karakter tersebut, maka proses pengolahan tiap jenis kertas bisa dilakukan secara optimal.

Contohnya saja, kertas untuk membuat kerajinan anyaman. Karena anyaman memerlukan tampilan yang indah dan tidak kaku, tentu pilihannya bukan kertas “kuat” dan tebal seperti karton. Sebaliknya, untuk melapisi bagian belakang figura atau untuk membuat rangka kerajinan kertas, karton adalah pilihan yang baik.

CS Lem Kayu

Nah, di kesempatan ini, lemkayu.net akan membahas salah satu jenis kertas yang lumayan sering digunakan. Kertas tersebut adalah ivory paper.

Mengenal Kertas Ivory

Ivory adalah bahan kertas yang sangat khas. Sekilas, Anda akan mendapatinya memiliki warna yang berkilau dengan permukaan yang licin. Namun permulaan mulus berkilau tersebut hanya di salah satu sisinya saja. Sehingga ia berbeda dengan art carton yang kedua sisinya sama.

Berdasarkan beratnya, kertas ini bisa dibedakan dalam beberapa bobot. Di antaranya adalah 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr, dan juga400 gr.

Dengan karakteristiknya yang cukup tebal, kertas ivory disediakan dalam berbagai ukuran gramasi. Dari mulai 210 gram, 230 gram, 250 gram, sampai 400 gram. Adanya variasi tersebut, memudahkan pengguna untuk memilih kertas sesuai kebutuhan.

Pernahkah Anda membeli produk makeup yang pembungkusnya kertas? Atau, pernahkah Anda membeli makanan yang diletakkan dalam box kertas yang luarnya berkilau? Bila iya, berarti Anda pernah memanfaatkan kertas tersebut. Sebab dengan karakteristiknya yang umumnya kuat dan indah, kertas ini memang sering dipakai untuk wadah suatu benda.

kertas ivory

Karakteristik

  1. Merupakan kertas yang lumayan kaku dan tebal
  2. Salah satu sisinya memiliki permukaan mulus dan tampak glossy
  3. Warna opaque atau solid color

Kelebihan dan Kekurangan Kertas Ivory

Kertas ini telah digunakan untuk berbagai kebutuhan. Alasannya tentu karena material ini menawarkan banyak kelebihan. Di antaranya adalah:

  1. Indah. Salah satu permukaan kertas ini memiliki penampilan yang glossy, halus, dan secara umum bagus. Karena itulah, ivory sering digunakan untuk membuat bungkus yang harus memiliki tampilan menarik.
  2. Kuat. Bahan kertas cukup kuat dan tebal sehingga tidak fragil sebagai bahan boks.
  3. Secara umum, mudah dikerjakan untuk digunakan sebagai material percetakan ataupun untuk kerajinan
  4. Aman digunakan, beberapa manufaktur menyediakan kertas ivory yang food grade
  5. Mudah dicetak dengan hasil yang baik menggunakan printer injeksi

Adapun kekurangan kertas ini antara lain:

  1. Hanya salah satu sisinya yang halus. Beberapa orang menginginkan kertas dengan kedua sisi yang sama halusnya.
  2. Agak mahal.
  3. Kurang bagus dicetak atau di-print dengan printer infus.
  4. Agak sulit dilem, terutama di bagiannya yang halus
  5. Sulit diubah warnanya di bagian glossy

Contoh Pemanfaatan Kertas Ivory

Berikut ini beberapa contoh penggunaan ivory paper:

  1. Digunakan untuk boks wadah makanan, khususnya yang mengdepankan kualitas. Sebab kertas ini bukan hanya indah, namun sebagaimana disebut di atas, juga merupakan kertas yang food grade.
  2. Digunakan untuk sampul buku
  3. Digunakan untuk membuat boks wadah kosmetik. Misalnya kertas kotak pembungkus bedak dan lipstik.
  4. Digunakan untuk membuat undangan.
  5. Digunakan untuk membuat berbagai jenis wadah secara umum

Untuk Lemnya, Gunakan Eva Phaethon

Dalam proses penggunaan kertas ivory, pekerja jelas harus memahami karakter bahan tersebut dengan baik. Salah satunya dengan cara menyediakan adhesive yang cocok sekiranya diperlukan.

Ya, lem atau adhesive sangat krusial untuk merekatkan kertas ini. Coba lihat bungkus bedak, bungkus wadah makanan, hingga sampul beberapa buku Anda. Seringkali, digunakan lem untuk mendukung pemanfaatan tersebut.

Namun, perekatan untuk bahan yang glossy memang tidak mudah. Sebab area kertas yang gloss memiliki kecenderungan sulit dilem dengan bahan yang lain. Beberapa lem yang dipaksakan hanya akan mengotori saja tanpa menghasilkan ikatan yang baik.

Oleh karena itulah, adhesive yang dipilih harus benar-benar selektif. Dan untuk kebutuhan tersebut, maka kami merekomendasikan lem Eva Phaethon kepada Anda.

Eva Phaethon adalah lem ethylene vinyl acetate. Lem ini bisa digunakan untuk [perekatan berbagai media, termasuk untuk media yang porositasnya rendah dengan porositas tinggi. Selama inipun, lem Eva Phaethon telah banyak digunakan untuk mengelem HPL (mirip plastik) pada kayu olahan. Jadi, perekatan kertas ivory dengan bahan berporositas tinggi menggunakan adhesive ini sangatlah memungkinkan.

cara memperbaiki wallpaper mengelupas

Keunggulan Lem Eva Phaethon untuk Kertas Ivory

Saran kami untuk pemakaian Eva Phaethon tentu sangat berdasar. Sebab lem ini hadir dengan berbagai kelebihan, antara lain:

  1. Aspek kerekatan: lem ini memiliki daya rekat kuat yang sudah teruji di lapangan
  2. Aspek ketahanan: lem ini memiliki ketahanan yang sangat baik dengan sifat yang stabil tak mudah terkena paparan faktor yang merusak
  3. Aspek estetika: lem ini tidak menyebabkan glue line dan lapisan tebal
  4. Aspek harga: lem ini bukan hanya murah tapi juga sangat hemat digunakan
  5. Aspek keamanan: lem ini sangat aman digunakan
  6. Aspek penggunaan: lem ini mudah digunakan dan bisa dipakai untuk mekeratkan berbagai media

Anda Tidak Bisa Menggunakan Eva Phaethon Ketika

Perekatan dengan Eva Phaethon hanya kami sarankan untuk kertas ivory dengan ketas berporositas tinggi. Kami tidak merekomendasikannya untuk perekatan kertas ivory dengan bahan lain yang juga ter-coating.

Begini Cara Pesan Eva Phaethon

Dapatkan Eva Phaethon sekarang juga untuk kebutuhan perekatan kertas ivory. Tak perlu repot dan tak perlu susah, Anda bisa membeli produk ini dengan teramat mudah. Caranya, yakni dengan menghubungi CS kami.

Nanti Anda akan dipandu dalam proses pemesanan secara daring. Atau, Anda juga bisa membeli secara langsung dengan mengunjungi kami di Bio Service Point, di mana Bio Industries menyediakan layanan dan menawarkan produk-produk terbaiknya.

Simpulan

Beberapa hal yang bisa disimpulkan menurut penjelasan di atas adalah:

  1. Bahan kertas digunakan untuk berbagai kebutuhan. Selain di bidang akademik, material ini juga diperlukan dalam bidang industri seperti kerajinan dan percetakan.
  2. Untuk memanfaatkan kertas, sangat perlu bagi kita mengetahui karakternya. Termasuk, ketika kita bermaksud menggunakan kertas ivory.
  3. Ivory paper adalah suatu kertas yang sangat spesifik. Kertas ini memiliki sisi yang glossy, agak kaku, food grade, dan cukup indah. Meski demikian, kertas ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti tingkat kesulitannya ketika dicetak dengan print infus.
  4. Hingga hari ini, kertas tersebut telah digunakan untuk membuat berbagai produk. Misalnya untuk membuat wadah bedak, wadah lipstick, kotak makanan food grade, tas kertas, undangan, hingga untuk sampul buku.
  5. Untuk mendukung pemanfaatan kertas ini, gunakanlah lem Eva Phaethon. Lem ini akan dengan mudah merekatkan bagian yang glossy pada kertas tersebut dengan bahan yang tidak tercoating dan berporositas tinggi.

Semoga informasi mengenai kertas ivory dan lem yang disarankan ini bermanfaat ya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here