Cara Membuat Tas dari Batok Kelapa Menggunakan Lem Ultra Phaethon

0
399
cara membuat tas dari batok kelapa
Sumber: oneworldprojects.net

Bagaimana cara membuat tas dari batok kelapa? Ternyata, langkah-langkahnya sama sekali tidak sulit lho. Apalagi bila Anda menyediakan adhesive terbaik, yakni lem Ultra Phaethon.

Hampir semua orang di Indonesia mengapresiasi pohon kelapa karena manfaatnya yang sangat lengkap. Buah, batang, daun, hingga akar pohon ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Malah, bunganya juga merupakan bahan makanan yang dikenal mewah dan harganya pun mahal.

Selain bunga, bagian lain yang juga terkenal dari pohon kelapa di era modern ini adalah batoknya. Batok atau tempurung pada dasarnya adalah cangkang buah. Cangkang ini melindungi daging yang lembut serta cairan yang nilai gizinya sangat tinggi.

Pada masa lalu, batok sering dijadikan wadah untuk menaruh makanan atau bahkan minuman. Sedangkan di era sekarang, pemanfaatan batok berkembang hingga ke bidang fashion. Ya, tempurung kelapa adalah salah satu material favorit untuk pembuatan produk craft yang unik.

CS Lem Kayu

Contoh produk fashion yang bisa dibuat menggunakan batok adalah tas. Tas dari tempurung kelapa memiliki keunikan tersendiri yang tak bisa disamakan dengan jenis tas yang lain.

Lihat saja contohnya di atas itu. Bagus sekali bukan?

Selain bagus, cara pembuatan tas seperti itu ternyata tidak sulit lho. Hanya berbekal beberapa bahan yang harganya murah, Anda sudah bisa membuat tas seperti itu.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung saja simak tutorialnya di bawah ini.

Alat dan Bahan untuk Membuat Tas dari Batok Kelapa

Sebelum mengikuti langkah-langkah di bawah, siapkan dulu perlengkapannya sebagai berikut:

  1. Batok kelapa yang sudah tua
  2. Gergaji
  3. Amplas yang kasar dan yang halus
  4. Bor
  5. Kain tas
  6. Kuas
  7. Pernis dengan warna sesuai selera
  8. Tali
  9. Pensil
  10. Resleting

Cara Membuat Tas dari Batok Kelapa

cara membuat tas dari batok kelapa
Sumber: masbroblogspot.wordpress.com
  1. Cari ruang yang terang, pastikan semua alat dan bahan tersedia.
  2. Belah dulu tempurung kelapa menjadi dua. Usahakan untuk membelahnya dengan hati-hati agar hasilnya lebih rapi, tidak pecah, dan ukurannya tidak berbeda jauh.
  3. Bersihkan sabut yang masih menempel pada tempurung kelapa.
  4. Setelah semua sabut hilang, haluskan permukaan batok dengan amplas kasar. Baru setelah itu, gunakan amplas yang lebih halus.
  5. Bentuk kedua batok dengan lebih teliti. Perhalus semua area termasuk di bagian pemotongannya.
  6. Aplikasikan cat yang Anda inginkan. Untuk warna natural, pilih cat natural atau varnish warna kayu. Sedangkan untuk warna solid, pilih cat kayu merah, hijau, atau warna apapun yang menjadi selera Anda.
  7. Diamkan cat hingga kering. Ulangi bila perlu. Diamkan lagi sampai benar-benar kering.
  8. Bor tempurung kelapa untuk tempat menjahit resleting dan tali tas.
  9. Tempelkan kain tas ke bagian dalam batok. Tempelkan juga resletingnya.
  10. Jahit resleting dengan rapi serta kuat. Rekatkan dengan Ultra Phaethon agar lebih rapi.
  11. Pasang tali yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

Tali tas bisa Anda buat dari natural fiber seperti pelepah pisang, eceng gondok, atau malah anyaman. Silahkan pilih yang sekiranya paling cocok dengan keseluruhan tas tempurung kelapa tersebut.

Aneka Model Tas yang Bisa Dibuat

Ada banyak sekali model tas dari tempurung kelapa yang bisa dibuat. Pada artikel yang lalu, kami juga sudah mencontohkan 5 model tas tempurung kelapa yang bagus.

Sekilas mengingat kelima model tas tersebut adalah:

  1. Full shell coconut yang proses pembuatannya dijelaskan di atas
  2. Tas dengan potongan tempurung kelapa untuk ibu-ibu
  3. Tas ramping dengan potongan tempurung kelapa untuk wanita muda
  4. Tas batok kelapa dengan gaya yang lebih vintage karena warna yang diaplikasikan adalah white doff
  5. Tas anyam yang dipadukan dengan batok kelapa

Agar lebih jelas, silahkan baca artikel tersebut selengkapnya di 5 Model Tas dari Batok Kelapa. Dan seperti dijelaskan di atas, masing-masing tas memiliki metode pembuatan yang berbeda-beda.

Namun bila Anda sudah familiar menggunakan batok, semua produk tas tersebut tidak akan dirasa sulit untuk diolah. Apalagi bila Anda sudah sukses mengikuti tutorial pembuatan tas tempurung kelapa di atas.

Tips Decoupage agar Cara Membuat Tas dari Batok Kelapa Lebih Optimal

cara membuat tas dari batok kelapa
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/404831454003501204/

Di atas telah dijelaskan tutorial pembuatan tas dari tempurung kelapa yang tampilannya natural color. Penggunaan pernis pada akhirnya memang akan membuat tas terlihat alami dan menawan.

Namun apabila Anda ingin mengaplikasikan pola, pertimbangkanlah untuk mengaplikasikan teknik kerajinan decoupage. Decoupage adalah seni tempel untuk kemudian dicoat dengan clear varnish.

Caranya:

  1. Setelah batok kering dan halus, tempelkan napkin decoupage (napkin khusus) dengan gambar yang Anda inginkan menggunakan Ultra Phaethon.
  2. Tunggu hingga lem benar-benar kering agar gambar tidak pindah kemana-mana.
  3. Gunakan clear varnish (pernis bening) untuk dioleskan ke seluruh permukaan tempurung kelapa.
  4. Tunggu hingga kering. Ulangi bila perlu.
  5. Selesai!

Penempelan napkin decoupage akan membuat tas tampak lebih dinamis. Gambar yang ditempelkan pun akan terlihat seperti gambar lukisan yang mewah.

Segera Pesan Ultra Phaethon Sekarang!

Mari, pesan Ultra Phaethon dan dapatkan berbagai kelebihan yang ditawarkannya. Lem yang mudah namun sangat rekat ini bisa dibeli dengan:

  1. Pembelian online. Buat Anda yang tak mau repot, cukup hubungi CS dan utarakan produk yang Anda kehendaki. Selebihnya, Anda tinggal mengikuti panduan pemesanan daring dari Customer Service kami.
  2. Pembelian secara langsung. Anda juga bisa melakukan pembelian secara langsung. Kedatangan Anda senantiasa kami tunggu di Bio Service Point.

Apakah Anda malah ingin menjual lem kami? Mungkin Anda tinggal di daerah sentra industri craft di Indonesia. Bila demikian, kirimkan saja pesan via email atau WA kepada kami. Kami selalu terbuka untuk kerja sama yang saling menguntungkan dengan pihak manapun.

Simpulan

Beberapa hal bisa disimpulkan berdasarkan penjelasan di atas. Antara lain adalah:

  1. Batok atau tempurung kelapa ialah bagian cangkang buah Cocos nucifera yang memiliki banyak sekali manfaat. Meski dulu, material ini hanya digunakan untuk bahan bakar dan mangkuk saja, namun kini fungsinya sudah begitu meluas.
  2. Salah satu manfaat tempurung kelapa adalah untuk membuat aneka produk fashion. Misalnya saja untuk membuat tas.
  3. Terdapat sangat banyak model tas untuk batok kelapa. Misalnya yang berbentuk kotak, yang dikombinasikan dengan anyaman, dan lain-lain. Kesemuanya memerlukan langkah-langkah pembuatan yang spesifik.
  4. Khusus untuk tas yang utuh, tutorialnya telah dijelaskan di atas. Secara umum, tidak begitu sulot untuk membuat tas dari cangkang buah ini.
  5. Yang jelas, agar bagian resleting dan batok lebih rekat, gunakanlah lem Ultra Phaethon.

Demikianlah tutorial yang bisa kami bagikan mengenai cara membuat tas dari batok kelapa. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk Anda, ya. Terus update artikel menarik yang lain di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here