Begini Pentingnya Lem Kayu Tahan Lama untuk Industri Woodworking

0
3148
lem kayu tahan air outdoor

Baik untuk keperluan interior atau eksterior, penggunaan lem kayu tahan lama tetaplah krusial. Pada kondisi outdoor, karakter tersebut diperlukan untuk penyambungan furniture, gazebo, hingga laminasi lantai decking kayu.

Bayangkan saja bila produk-produk tersebut terguyur hujan deras. Situasi pasti jadi sangat lembab. Tanpa perekat yang memiliki sifat tahan kelembaban, Anda tinggal mengucapkan selamat tinggal pada furniture maupun lantai decking yang indah.

lem kayu tahan air outdoorSedangkan pada kondisi indoor, kebutuhan lem kayu tahan lama krusial untuk menghadapi kondisi-kondisi seperti terpapar dalam situasi humid akibat aktivitas manusia.

 

 

Selain itu, pada beberapa kasus, suhu udara yang tinggi dalam ruangan juga harus diperhatikan. Suhu tinggi bisa menyebabkan banyaknya air dalam udara (humid). Meski pengaruhnya tidak terlihat signifikan, tapi hal ini tetap berpengaruh pada daya rekat lem.

Di pasaran sendiri, sudah banyak lem yang memiliki sifat tahan lama. Yang jadi pertanyaan, apakah ketahanan lem tersebut sudah benar-benar baik?

Salah satu cara untuk mengetahui kualitas ketahanan lem pada kelembaban bisa dilakukan dengan cara perendaman. Pertama-tama, lem diaplikasikan sebagai perekat kayu.

Setelah kering benar, kayu yang direkatkan direndam dan dicatat waktunya hingga terjadi kehilangan daya rekatnya. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk merusak daya rekat lem, semakin baik kualitas ketahanan lem tersebut pada humiditas.

Crossbond™ Lem Kayu Tahan Lembab untuk Industri Woodworking

Crossbond™ X4
Crossbond™ X4 untuk pengeleman laminasi kayu.

Crossbond™ merupakan lem tahan lama berbahan dasar PVAc yang dimodifikasi dengan inner cross linker sehingga aplikasinya mudah dan praktis.

Produk ini kami rekomendasikan karena memiliki karakter tahan lembab sangat baik sehingga direkomendasikan untuk penyambungan furniture outdoor hingga laminasi decking kayu.

Lem Crossbond™ dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan keperluannya:

  1. Crossbond™ X3 untuk konstruksi kayu, misalnya untuk penyambungan komponen mebel hingga konstruksi gazebo, dll.
  2. Crossbond™ X4 untuk laminasi kayu, misalnya untuk pembuatan wood panelling dan lantai kayu.

.

Tapi Lem Kayu Tahan Lama Saja Tidak Cukup

Meski demikian, lem tahan lama saja tidak cukup. Dalam industri woodworking, ada banyak sekali yang harus diperhatikan supaya pengolahan yang dilakukan berhasil. Misalnya karakter tahan solvent, tahan panas, cepat kering, hingga ramah lingkungan.

Sayangnya, karakter terakhir yang disebut di atas, jarang sekali dianggap  penting. Banyak pemain di industri woodworking yang hanya fokus dengan kualitas teknis.

Padahal, dengan nilai tambah aman dan ramah lingkungan, produk yang dijual bisa mendapat nilai tambah tersendiri. Syarat ini pun harus dipenuhi bila ingin memasuki dan menguasai pasar ekspor di negara-negara maju seperti di Eropa dan Amerika Serikat.

Bahkan untuk ke depannya, syarat seperti ini akan makin dituntut di masyakarat. Termasuk masyarakat Indonesia. Artinya, menggunakan produk aman dan ramah lingkungan seperti lem kayu tahan lama Crossbond™ merupakan suatu pilihan visioner selain etis terhadap lingkungan.

Mari jadi pioneer untuk produk-produk ramah lingkungan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here