Jenis-jenis Lem Besi yang Paling Bagus

0
19
Lem Besi

Mau mengelem besi? Bila iya, sudah pasti Anda butuh lem besi yang tepat. Kira-kira dari berbagai produk di pasaran, mana ya adhesive yang paling tepat untuk logam tersebut?

Tahukah Anda apa material yang paling banyak terdapat di bumi ini dari aspek jumlah massanya? Kayu? Salah. Zat-zat asam? Juga salah. Jawaban yang benar adalah besi atau Iron. Besi merupakan logam yang sampai hari ini berkontribusi besar terhadap berbagai aspek dalam kehidupan manusia.

Tapi penggunaan besi belum dimulai hingga 2000 SM yang lalu. Sebelumnya, manusia menggunakan bahan-bahan tembaga sehingga masa tersebut disebut sebagai bronze age. Sebelumnya lagi, ketika manusia belum memanfaatkan logam, kita memanfaatkan bahan kayu hingga tulang hewan. Penggunaan besi sejak 2000 SM menandai dimulainya era Iron Age dari era Bronze Age. Tentu saja ini sebuah lompatan peradaban yang menakjubkan, sebab pengolahan besi membutuhkan keterampilan dan kecerdasan tersendiri.

Pemanfaatan Besi

Besi pada masa lalu banyak digunakan untuk membuat berbagai perabot hingga peralatan perang. Berbeda dengan logam mulia yang dijadikan perhiasan, besi biasanya dijadikan pedang, tameng, pisau, mata tombak, dan masih banyak lagi.

CS Lem Kayu

Saat ini, pemanfaatan besi telah melebar lagi ke berbagai bidang. Kita pun bisa melihat berbagai produk berbahan besi pada beragam jenis furniture, kerajinan, kendaraan, perkakas rumah angga, alat-alat pertukangan, alat-alat pertambangan, mesin-mesin perkapalan, dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu alasan digunakannya besi adalah sifatnya yang berkualitas namun pengolahannya yang lebih murah dibanding beberapa bahan logam lain. Hanya memang, material ini rentan sekali mengalami korosi yang bila dibiarkan saja akan menggerus keseluruhan material tersebut.

Perlunya Lem Besi yang Bagus

Lem Besi

Penggunaan besi di berbagai bidang, berimbas pada dibutuhkannya bahan-bahan pendukung untuk logam ini. Misalnya saja, cat untuk mewarnai logam tersebut, sampai alat untuk membentuk besi sesuai keinginan.

Yang tak kalah penting, pengolahan besi juga kerap memerlukan perekat atau bahan adhesive tersendiri. Sayangnya, memilih lem untuk besi tidaklah semudah memilih lem untuk kayu. Namun setidaknya, sudah tersedia beberapa pilihan adhesive yang bisa digunakan untuk material logam tersebut.

Jenis-jenis Lem untuk Logam

Lem yang diperlukan untuk merekatkan besi tergolong sebagai lem untuk logam. Di artikel sebelumnya, kami sebetulnya sudah membahas mengenai tema ini. Tapi kami akan mengulangi sekilas lagi 3 jenis lem yang bisa dipakai untuk logam.

  1. Epoksi. Epoksi adalah lem yang digunakan dengan mencampurkan hardener dengan resin. Epoksi mampu menjadi gap filling, bersifat tahan lama, waterproof, tahan panas, dan sangat kuat (impact resistance yang bagus).
  2. PU. Lem PU atau polyurethane adalah lem yang lebih fleksibel dibanding epoksi. Lem ini juga lebih tahan lama dan tahan terhadap perubahan suhu. Pengaplikasiannya tak membutuhkan pencampuran bahan, namun membutuhkan waktu curing yang lebih lama.
  3. Lem Super Glue atau Cyanoacrylate. Super glue adalah lem yang paling praktis penggunaannya dibanding epoksi dan juga PU. Akan tetapi, super glue pun menawarkan fitur yang kualitasnya di bawah kedua lem yang lain. Baik super glue, epoksi, ataupun lem PU bisa digunakan sebagai lem besi dengan besi yang lain ataupun lem antara besi dengan bahan non besi.

Anda perlu memerhatikan, di pasaran ketiga jenis lem di atas hadir dengan merk yang berbeda-beda. Tiap merk meski merupakan satu jenis lem yang sama, kadang memiliki fitur yang berlainan. Jadi saat hendak membeli lem besi, jangan cuma memerhatikan tipe lemnya saja ya.

Lem untuk Besi Paling Disarankan?

Secara umum, bisa dikatakan bahwa ada 3 tipe atau jenis lem yang bisa digunakan untuk logam, termasuk besi. Ketiga lem tersebut, seperti disebut di atas adalah cyanoacrylate, epoksi, dan lem PU.

Sampai di sini, barangkali Anda bertanya-tanya, “Mana ya satu dari ketiga lem tersebut yang kualitasnya paling bagus untuk besi?”

Jawabannya tergantung kebutuhan Anda saja. Misalnya begini, untuk perekatan ekstra kuat, Anda membutuhkan lem epoksi. Tapi bagaimana untuk merekatkan kerajinan besi saja? Ada lho beberapa kerajinan yang terbuat dari bahan besi dan dibutuhkan pengeleman. Untuk kebutuhan seperti itu, epoksi jelas bukan jawaban yang tepat. Anda lebih baik menggunakan super glue yang meski tidak tahan beban, tapi lebih praktis dipakai dibanding epoksi ataupun lem PU.

Kalau Lem Kayu, Crossbond Jawabannya

Di atas, telah dijelaskan panjang lebar mengenai lem besi. Tentu tak afdol rasanya kalau kami tak memberikan rekomendasi lem untuk kayu. Sebab website ini ditujukan khusus untuk informasi perekatan di dunia pengolahan kayu atau woodworking.

Nah, untuk bahan perekat adhesive, andalan kami masih sama, yakni lem Crossbond. Lem Crossbond adalah lem berbasis PVAc water based. Le mini memiliki daya rekat yang baik, murah, mudah digunakan, tidak glue line, tidak tebal, dan perekatannya sangat tahan lama.

Crossbond pun terdiri atas dua varian yang sama pentingnya, yakni Crossbond X3 untuk perekatan penyambungan dan Crossbond X4 untuk laminasi. Keduanya akan membantu Anda menghasilkan mebel, lantai kayu, kerajinan bambu, dan berbagai produk lainnya yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Cara Membeli Lem Crossbond

Ayo, beli Crossbond untuk mengelem kayu. Lem Crossbond adalah lem terbaik untuk perekatan kayu, bambu, dan aneka kayu olahan. Pembelian adhesive ini juga bisa dilakukan dengan sangat mudah lho. Anda bisa mendapatkannya secara konvensional atau secara online. Untuk membeli secara online, Anda bisa menghubungi CS kami yang akan memandu Anda dalam proses pemesanan yang transparan, cepat, nan menyenangkan.

lem kayu terbaik

Nah, untuk pembelian secara langsung, Anda bisa bertandang ke Bio Service Point di Yogya, Jepara, atau Cirebon. Anda juga bisa membeli lewat agen kami. Tapi hubungi dulu CS kami supaya Anda mendapatkan informasi agen yang terdekat yang bisa dipercaya dan menjual produk Crossbond yang asli.

Simpulan

  1. Besi adalah salah satu material yang secara mengejutkan terdapat sangat banyak di bumi kita. Namun manusia belum bisa mengolah besi hingga beribu tahun terakhir. Penggunaan besi menandai berakhirnya era bronze age ke iron age.
  2. Besi telah membantu manusia dalam berbagai bidang. Material ini banyak sekali dipakai untuk membuat berbagai kebutuhan dari mebel, perabotan, alat medis, alat pertukangan, kendaraan, hingga kerajinan.
  3. Penggunaan material tersebut bukan tanpa alasan. Bahan ini menawarkan kualitas yang baik dengan ongkos yang murah.
  4. Namun tentu penggunaan besi membutuhkan bahan-bahan pendukung. Salah satunya adalah lem.
  5. Setidaknya terdapat 3 jenis lem besi, yakni epoksi, PU, dan super glue. Mana yang paling bagus di antara ketiga bahan perekat tersebut? Jawabannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah, kiranya demikian informasi yang bisa kami bagikan. Semoga informasi ini memberikan manfaat ya untuk Anda.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here