Mengenal Nama-nama Lem Beserta dengan Fungsi dan Harganya

0
1604
mebel

Nama-nama lem, mulai dari lem kayu, lem kertas, lem plasti, hingga lem kaca begitu banyak terdapat di pasaran. Daftar berbagai produk lem ini di satu sisi bisa menguntungkan Anda, namun di sisi lain bisa membuat konsumen bingung. Kali ini, lemkayu.net akan merekomendasikan lem yang bagus untuk kayu, kertas, dan perekatan serba guna!

Secara umum, orang hanya mengenal lem sebagai perekat untuk kebutuhan ringan. Mereka membutuhkan lem untuk merekatkan kertas amplop, mengelem sol sepatu yang rusak, dan keperluan harian sejenisnya. Tapi bagi pelaku usaha, kebutuhan akan lem bukan perkara sepele. Dan untuk mendapatkan lem yang mudah, bukanlah sebuah perkara yang mudah. Berbagai pertimbangan harus digunakan, mulai dari daya rekat sampai ketahanan lem terhadap faktor tertentu.

Baca Juga : bahan - bahan kimia yang terkandung didalam lem dan fungsinya

Di pasaran sendiri, ada opsi yang begitu banyak. Anda bisa memperoleh lem dari daftar nama-nama lem yang jumlahnya tak perlu diragukan lagi. Namun di sisi lain, sejatinya banyaknya daftar adhesive ini juga bisa memunculkan kebingungan bagi kita semua. Oleh sebab itulah, di lemkayu.net, kami akan menyarankan merk adhesive yang recommended sekaligus kami sediakan. Langsung saja, simak berikut ini produk lem berkualitas untuk aneka kebutuhan.

Nama-nama Lem Berkualitas untuk Berbagai Kebutuhan

Crossbond X3

nama-nama lem

Lem ini merupakan lem yang didesain untuk kebutuhan sambungan rangka. Misalnya, pada mebel, lem ini bisa digunakan untuk merekatkan area sambungan antar komponen mebel. Fungsi ini membuat Crossbond X3 krusial digunakan pada hampir semua kebutuhan perekatan furniture. Selain itu, lem ini juga bisa digunakan untuk perekatan konstruksi bangunan. Formula dasar lem ini sendiri adalah PVAc atau polyvinyl acetate water based. Lem ini merupakan lem yang didesain untuk kebutuhan indoor. Keunggulan utamanya terletak pada daya rekatnya yang kuat, tidak menyebabkan glue line, serta merupakan lem yang sangat aman digunakan. Anda bisa menghasilkan beragam produk eco friendly bersama dengan adhesive Crossbond X3.

  1. Harga: Rp. 55.000
  2. Pembelian: online dan offline
  3. Fungsi: Perekat rangka mebel hingga konstruksi. Misalnya untuk sambungan finger joint, mortise and tenon, dan masih banyak lagi

Ingin memesan lem ini? Lemkayu.net menyediakan adhesive Crossbond X4 lho. Silahkan hubungi kontak CS kami dan dapatkan lem ini dengan cara pemesanan online yang mudah dan sangat transparan.

Crossbond X4

lem untuk dinding kayu

Lem Crossbond X4 adalah lem untuk laminasi. Ia merupakan satu dari sekian adhesive di daftar nama-nama lem yang biasa digunakan untuk perekatan veneer sampai lantai kayu. Lem ini juga bisa digunakan untuk perekatan dengan permukaan lebar lainnya seperti pemasangan dinding kayu, perekatan permukaan tripleks, dan masih banyak lagi. Formula dasarnya adalah PVAc atau Polyvinyl Acetate dengan modifikasi khusus. Lem ini bekerja efektif pada media kaya selulosa dan kurang bisa diandalkan untuk media non selulosa. Karenanya, adhesive ini tidak bisa digunakan untuk pemasangan HPL dan pelapis sintetis sejenis.

Salah satu keunggulan Crossbond X4 selain daya rekatnya adalah sifatnya yang sangat tahan lama. Lem ini mampu membentuk ikatan sangat kuat dan stabil yang tak mudah rusak ketika terekspos kelembaban, terpapar panas matahari, hingga terkena faktor lainnya. Karenanya, lem ini bisa digunakan di segala kondisi baik indoor ataupun outdoor. Bahkan ia bisa digunakan untuk perekatan lem decking.

  1. Harga: Rp. 66.000
  2. Pembelian: online dan offline
  3. Fungsi: Perekat laminasi untuk berbagai kebutuhan mulai dari pemasangan lantai kayu sampai pelapisan veneer. Bisa digunakan untuk indoor ataupun outdoor.

Ingin memesan lem ini? Lemkayu.net menyediakan adhesive Crossbond X4 lho. Silahkan hubungi kontak CS kami dan dapatkan lem ini dengan cara pemesanan online yang mudah dan sangat transparan.

Ultra Phaethon

ULTRA-PHAETHON

Ada banyak nama-nama lem di industri kerajinan. Namun nama lem ini pastinya sudah awam bagi kalian yang suka mencari adhesive untuk decoupage dan berbagai kerajinan serupa lainnya. Ultra Phaethon adalah lem PVAc water based sebagaimana Crossbond X3 dan Crossbond X4. Namun berbeda dengan Crossbond, Ultra Phaethon adalah lem yang tidak didesain untuk mebel ataupun konstruksi. Daya rekat dan sifat lainnya dari adhesive ini paling cocok ditujukan untuk kebutuhan perekatan kerajinan hingga jilid buku. Ultra Phaethon bisa juga digunakan untuk lem kerajinan berbasis serat alam agar lebih kuat dan rigid. Salah satu keunggulan lem ini adalah karakternya yang tidak menyebabkan glue line. Hal ini krusial sebab industri kerajinan begitu mengutamakan masalah estetika.

  1. Harga: Rp. 51.000,-
  2. Pembelian: online dan offline
  3. Fungsi: Perekat kertas, kayu, serat alam, hingga kain woven serba guna. Lem ini bisa dipakai untuk book binding, pembuatan kerajinan berbasis serat alam, decoupage, dan masih banyak lagi.

Eva Phaethon

Lem ini merupakan lem dengan bahan dasar ethylene vinyl acetate. Dibanding nama-nama lem lainnya yang sudah disebutkan di atas, lem ini memiliki formula yang berbeda. Penggunaannya juga paling berbeda dibanding yang lain. Lem ini umum digunakan untuk perekatan HPL, PVC, kain non woven, sol sepatu, kertas karton kuning, dan lainnya. Keunggulan khususnya adalah sifatnya yang bisa merekatkan media dengan sifat yang beragam, bahkan berlainan. Oleh sebab itulah lem ini bisa digunakan untuk merekatkan pelapis seperti HPL dan PVC pada kayu olahan seperti MDF, particle board, dan masih banyak lagi. Seperti yang kita ketahui, pelapis PVC dan HPL memiliki sifat yang sangat berbeda dengan kayu olahan. PVC hingga HPL memiliki daya serap cairan rendah dan merupakan bahan sintetis, sedangkan kayu olahan adalah material organik dengan daya serap cairan tinggi. Pada lem yang tak memiliki kemampuan seperti Eva Phaethon, bahan perekat akan meresap semuanya ke kayu olahan, sehingga pengeleman akan gagal.

  1. Harga: Rp. 185.000,- per 4 Kg (harga bisa berubah sewaktu-waktu)
  2. Pembelian: online dan offline
  3. Fungsi: Perekat serba guna termasuk untuk HPL, flanel, PVC, decoupage pada media beda karakter, kain non woven, karton kuning, dan masih banyak lagi.

Simpulan

Nah, dari contoh nama-nama lem di atas, bisa kita simpulkan bahwa tiap lem memiliki formula khusus yang menunjang fungsinya sendiri-sendiri. Ada lem PVAc hingga EVA. Lem PVAc pun meski memiliki formula dasar yang sama, akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda-beda. Misalnya Crossbond X3 untuk merekatkan sambungan kayu dan Crossbond X4 untuk laminasi. Pada akhirnya, gunakanlah lem sesuai dengan fungsi dan karakteristik yang ditawarkan. Cocokkan dengan kebutuhan Anda akan lem tersebut.

Semoga bermanfaat ya! Lemkayu.net masih akan kembali dengan tema menarik lainnya sebagaimana bahasan mengenai nama-nama lem ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here