Membuat Meja Lipat dengan Mudah Bersama Crossbond X4!

1
5063
membuat meja lipat

Percaya tak percaya, meja lipat bisa dibuat dengan cara sangat mudah dan dengan hasil sangat menawan. Selain memperhatikan skill atau keterampilan yang dimiliki, penting juga untuk memperhatikan lem yang digunakan!


Apa itu Meja Lipat?

Secara sederhana, meja lipat adalah segala jenis meja yang bisa dilipat. Namun tentu saja, pengertian tersebut kurang menggambarkan seperti apa meja tersebut sebetulnya. Dari segi desain misalnya, meja seperti ini harus dibuat secara khusus. Strukturnya harus memungkinkan furniture tersebut untuk dapat dilipat. Tujuannya adalah untuk kepraktisan. Dalam Bahasa Inggris sendiri, meja seperti ini biasa dinamai sebagai folded table.

Beberapa tujuan pembuatan meja ini antara lain:

  1. Untuk membuatnya tidak makan banyak tempat ketika tidak dibutuhkan
  2. Untuk membuatnya mudah dipindahkan (dalam kasus portable table)

Poin nomor satu bisa Anda temui pada berbagai produk meja lipat yang didesain untuk ruangan sempit. Misalnya pada rumah dengan jumlah ruang yang terbatas. Pada kondisi seperti itu, meja dibuat agar bisa dilipat sehingga bisa disingkirkan untuk kebutuhan lain. Meja tamu lipat, misalnya. Ketika tak ada tamu, mebel tersebut bisa dilipat dan disisihkan. Sehingga ruangan dapat dipakai untuk berbagai kebutuhan mulai dari tidur, untuk menyetrika, hingga untuk belajar.

CS Lem Kayu

Sedangkan poin nomor dua bisa Anda dapati pada berbagai meja piknik hingga meja kebun. Karena sering dipindah-tempatkan, meja-meja tersebut dibuat agar bisa dilipat agar lebih memudahkan penggunanya.

Fungsi dan Jenis Meja Lipat

Alasan kepraktisan adalah alasan yang membedakan tujuan pembuatan meja jenis ini dibanding meja lainnya. Akan tetapi, fungsi spesifik tiap meja tersebut tetap beragam. Karenanya, jenis-jenis meja yang bisa dilipat pun beragam.

Berikut contoh jenis-jenis meja yang bisa dilipat sekaligus fungsinya.

Meja Belajar Lipat

Kebanyakan orang ketika berpikir mengenai meja lipat, akan membayangkan meja belajar lipat. Meja belajar lipat sendiri biasanya dibuat khusus untuk anak-anak. Meja seperti ini memiliki kaki yang bisa dilipat. Bagian atas atau permukaan meja dihias dengan gambar-gambar cantik yang menawan hati. Sedangkan bagian pinggirnya memiliki pegangan khusus untuk memungkinkannya dibawa dengan lebih mudah. Desainnya sederhana namun tampilannya menarik. Sebab sesuai target pasarnya, meja seperti ini memang didesain untuk pasar anak-anak.

meja belajar portable (2)

Meja Piknik Lipat

Jenis meja yang bisa dilipat berikutnya adalah meja piknik atau dalam Bahasa Inggris biasa disebut picnic table. Meja piknik akan membuat suasana liburan lebih menyenangkan. Bayangkanlah menggelar tikar lalu meletakkan meja yang dipenuhi makanan dan snack. Sementara itu, Anda bisa menikmati suasana alam yang asri. Asyik bukan?

Kehadiran meja pasti akan membantu menciptakan suasana menyenangkan tersebut. Maka hadirlah meja piknik seperti yang kita kenal saat ini. Dan karena ia harus mudah dipindahkan dan dibawa-bawa, meja piknik lipat yang ideal adalah meja yang:

  1. Ringan
  2. Bisa dilipat sehingga bentuknya jauh lebih kecil
  3. Aman
  4. Menarik

Meja Tamu Lipat

Meja berikutnya adalah meja tamu lipat. Sebagaimana disebut di atas, jenis meja ini dibuat untuk ruang tamu sempit. Jadi, ketika ada tamu, meja bisa dipakai, namun bila tak ada tamu, meja bisa dilipat saja. Meja seperti ini sendiri bisa hadir dalam bentuk meja lesehan ataupun meja yang tinggi sebagaimana meja konvensional lainnya.

meja makan lipat

Meja Jualan

Beberapa penjual belum memiliki tempat permanen untuk menjajakan dagangannya. Pada kondisi tersebut, keberadaan meja lipat pasti akan sangat membantu. Meja seperti ini selain mudah dibawa oleh penjual, juga bisa diletakkan di berbagai tempat. Misalnya bila Anda hendak berjualan dalam konsep food truck untuk area kampus. Pasti dagangan lebih laku, bila ada tempat tongkrongan khusus berupa meja dan kursi lipat di sekitar dagangan Anda.

Meja Taman

meja lipat taman

Meja berikutnya yang sering hadir dalam struktur bisa dilipat adalah meja taman. Secara khusus, meja taman yang dibuat dalam desain ini, dibuat sedemikian rupa agar bisa dipindah ketika kondisi outdoor tidak ideal. Misalnya, sedang hujan deras atau sedang sangat terik.
Sedangkan berdasarkan tipe pelipatannya, ada sangat banyak jenis meja. Secara umum, kita bisa membaginya menjadi dua:

  1. Meja lipat sederhana, biasanya yang bisa dilipat hanya bagian kakinya
  2. Meja lipat kompleks, biasanya meja dilipat secara keseluruhan membentuk struktur baru, misalnya tas dan koper

Meja seperti ini juga bisa dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya. Ada meja yang terbuat dari kayu, stainless steel, hingga yang terbuat dari kayu olahan. Selain itu, struktur dan desain meja juga beragam. Beberapa meja seperti ini bahkan memiliki struktur kursi yang ketika lipatannya dibuka bisa dipakai untuk duduk sekaligus. Biasanya, yang seperti ini banyak dipakai untuk berjualan.

Cara Mudah Membuat Meja Lipat

Beberapa jenis meja yang bisa dilipat memang sulit dibuat. Bahkan perlu ada keahlian khusus untuk membuatnya. Tapi untuk membuat meja kayu sederhana sebetulnya tidaklah terlalu sulit. Nah, pada kesempatan ini, lemkayu.net akan membagikan panduan cara membuat meja tersebut. Tentunya, langkah-langkah di bawah ini sangat mudah diikuti.

Alat dan Bahan

lem untuk dinding kayu

  1. Papan MDF yang tebal yang sekiranya cocok untuk membuat meja.
  2. Veneer. Pilih veneer yang sesuai dengan selera Anda. Veneer sendiri biasanya hadir dengan berbagai pola alami kayu seperti jati, mahoni, ek, hingga kayu luar Indonesia seperti kayu hickory.
  3. Lem untuk menempelkan veneer pada MDF, Crossbond X4
  4. Potongan kayu 6 buah dengan ukuran yang sama. Panjang kaki tak boleh melebihi panjang meja.
  5. 4 potongan kayu untuk apron
  6. Cat (opsional) untuk mengecat kaki kayu

Langkah-langkah Membuat Meja Lipat

  1. membuat meja lipatTentukan dulu ukuran meja yang akan dibuat. Untuk menentukannya, pikirkan kegunaan meja. Meja yang akan digunakan untuk belajar, misalnya, jelas lebih kecil dibanding meja untuk piknik dan makan. Ukuran kaki kayu juga perlu disesuaikan menurut tinggi meja ideal. Namun agar bisa dilipat, pastikan kaki meja lebih pendek dari panjang meja.
  2. Siapkan semua alat dan bahan yang disebutkan pada daftar di atas.
  3. Siapkan potongan MDF yang dipotong menurut ukuran meja.
  4. Siapkan veneer, potong sesuai ukuran MDF.
    Rekatkan veneer pada MDF. Jangan lupa untuk melakukan hal yang sama pada bagian pinggir ataupun bawah MDF.
  5. Biarkan lem mengering dengan baik. Pastikan juga permukaan MDF yang tertutup veneer mulus dan rapi.
  6. Siapkan kayu untuk apron. Keliling total 4 kayu apron yang dibentuk segi empat harus lebih kecil dari potongan MDF.
  7. Rekatkan apron di bawah MDF, pada tempat yang sudah ditandai.
  8. Aplikasikan dengan Crossbond X4, kuatkan dengan paku.
  9. Cat kaki meja, atau gunakan veneer untuk melingkupinya.
  10. Setelah kaki meja tampak menarik, ambil skrup dan bor.
  11. Aplikasikan skrup untuk mengelem kaki meja ke bagian pojok apron
  12. Pasang skrup, pastikan lubangnya agak longgar sehingga kaki bisa ditekuk.
  13. Sambungkan tiap pasang kaki, dengan dua sisa potongan kayu.
  14. Selesai!

Nah, demikianlah cara membuat meja lipat dengan cara mudah menggunakan Crossbond X4. Hasilnya adalah produk meja dengan tampilan alami nan memukau yang bisa digunakan untuk meja belajar hingga meja piknik!

Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here