Ingin Membuat Kursi? Gunakan Lem Kayu untuk Konstruksi Kursi Ini

0
7854
cara membuat kursi kayu sederhana

Ingin membuat kursi kayu? Pada artikel ini, lemkayu.net akan mengajak Anda mempelajari cara langkah demi langkah membuat kursi kayu sederhana. Cukup sediakan kayu, perlengkapan woodworking standar, dan lem kayu untuk konstruksi kursi yang bagus, maka Anda siap mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Apa itu Kursi?

Kursi? Siapa tak kenal kursi? Menurut pengertiannya yang dimaksud dengan kursi adalah salah satu jenis furniture yang didukung dengan kaki-kaki dan biasanya difungsikan untuk tempat duduk satu orang. Kursi biasanya memiliki empat kursi dengan bantalan untuk sandaran punggung. Namun tak jarang juga ada bentuk-bentuk khusus, misalnya kursi yang hanya memiliki 3 kaki.

CS Lem Kayu

Kursi bisa dibuat dari berbagai jenis material mulai dari logam metal, plastik, hingga kayu. Pemanfaatannya juga sangat beragam mulai dari penggunaannya di rumah-rumah, kantor, dan taman-taman. Bisa dibilang mebel ini merupakan salah satu perabot yang paling mudah ditemukan di manapun kita berada.

Membuat Kursi? Kenapa Tidak?

Seperti dijelaskan di atas, kursi memang merupakan perabot yang memiliki banyak fungsi. Tak mengherankan dalam dunia jual beli, kursi menjadi mebel yang paling banyak ditransasikan bersama dengan pasangannya, meja. Namun siapa sangka bahwa sebenarnya pembuatan kursi bisa dilakukan dengan mudah? Bila Anda punya kayu sendiri, waktu senggang, atau bahkan sedang ingin belajar woodworking untuk memulai usaha yang lebih besar, silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini. Cara membuat kursi bisa dilakukan dengan sederhana dan memanfaatkan alat serta bahan yang sebenarnya juga sederhana.

Sediakan Alat dan Bahan yang Tepat

Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan di bawah ini:
1. Kayu, 2 potongan untuk kaki depan, 2 potongan untuk kaki belakang, papan untuk duduk (bisa dari plywood), beberapa potongan untuk rangka duduk, dan beberapa potongan untuk bagian belakang (sandaran).
2. Paku dan pukul
3. Alat tulis dan penggaris
4. Bor
5. Alat-alat keamanan seperti kacamata pelindung dan sarung tangan
6. Clamp press
7. Router
8. Amplas
9. Lem (baca lem rekomendasi kami di bawah ini)
10. Gergaji

Sediakan Lem Kayu untuk Konstruksi Kursi Crossbond X3

lem untuk membuat kursi

Kami secara khusus merekomendasikan penggunaan lem kayu konstruksi Crossbond X3. Crossbond X3 yang merupakan PVAc water based glue memiliki feature yang diperlukan agar kursi yang dihasilkan kokoh. Hingga hari ini, dibanding berbagai adhesive lainnya di pasaran, lem ini lebih kuat, mudah digunakan, tak menyebabkan glue line, aman digunakan, hemat dipakai, dan harganya terjangkau (Rp. 45.000,-). Karena kualitasnya yang baik dan harganya yang murah inilah kami menyarankan Crossbond X3.

Cara Membuat Kursi Kayu Sederhana dengan Crossbond X3

Berikut ini langkah-langkah membuat kursi kayu yang sederhana.

Membuat Kaki Kursi

Untuk membuat kaki kursi bagian depan, Anda hanya tinggal memotong saja kayu dengan posisi lurus. Namun untuk membuat kaki kursi bagian belakang, caranya agak sedikit sulit. Perhatikan gambar di bawah ini. Satu inchi adalah 2,5 cm. Untuk membuat kaki kursi bagian belakang, ambil kayu lurus dengan potongan 2 x 4 inchi atau 5 x 10 cm. Selanjutnya buatlah kaki kursi dengan bentuk miring untuk sandaran mengikuti gambar warna kuning. Buat dulu polanya seperti pada gambar di bawah ini, lalu baru potong dengan gergaji. Setelah itu, rapikan dan haluskan dengan router atau amplas.

membuat kaki belakang kursi sederhana

Sambungkan Kaki-kaki Kursi

Kini saatnya menyambungkan kaki-kaki kursi yang sudah jadi. Perhatikan lagi gambar di bawah ini. Untuk menyambungkan kursi pada bagian rangka duduk, Anda membutuhkan lem dan paku. Aplikasikan lem yang dikombinasikan dengan adhesive supaya hasilnya benar-benar kuat.

menyambungkan kaki kursi

Setelah menyambungkan dua kaki kursi, lakukan penyambungan untuk 4 kaki kursi.

menyambungkan semua kaki kursi

Membuat Sandaran

Buat sandaran untuk kursi Anda. Sediakan dua kayu yang ukurannya berbeda untuk diletakkan di bagian atas belakang kursi. Lakukan penyambungan seperti pada saat menyambungkan kaki-kaki kursi. Gunakan lem kayu untuk konstruksi kursi Crossbond X3 dan paku. Anda sebenarnya juga bisa memanfaatkan sambungan seperti dowel agar hasilnya lebih mulus tanpa paku.

membuat sandaran kursi

Penguat untuk Bantalan Kursi

Sebelum memasang dudukan kursi, buat dulu penguat sambungan sekaligus penopang sandaran kursi. Perhatikan gambar di bawah ini. Bentuk kayu agar bisa mengisi sudut-sudut kotak kursi. Buat polanya dulu pada bagian sudut kursi, baru setelah itu potonglah kayu yang dibutuhkan menyesuaikan ukuran sudut kursi. Rekatkan dengan dowel atau paku. Oleskan juga lem kayu untuk konstruksi kursi Crossbond X3.

membuat dukungan sandaran kursi

Tempelkan Bantalan Kursi

Anda sudah hampir selesai membuat kursi! Kini Anda tinggal membuat dudukan atau bantalan kursi. Kayu yang digunakan bisa bermacam-macam, mulai dari kayu solid ataupun plywood. Namun pastikan jenis kayu yang dipakai cukup kuat untuk diduduki. Anda pun sebenarnya juga bisa memakai bahan non kayu yang sekiranya bisa diaplikasikan. Misalnya dengan menggunakan bambu, jalinan rotan, dan lainnya.

memasang dudukan kursi

Untuk memasang tempat dudukan ini, pertama-tama ukurlah luas dudukan. Potong plywood atau kayu dengan gergaji, lalu haluskan dengan router atau amplas. Setelah itu aplikasikan menggunakan paku dan lem kayu untuk konstruksi kursi Crossbond X4.

Selesai! Sangat mudayh bukan cara membuat kursi kayu sederhana ini? Tak sesulit yang kita bayangkan, kursi memang bisa dihasilkan dengan langkah-langkah sederhana. Meski tak sebaik yang dihasilkan tukang profesional, namun langkah-langkah ini setidaknya juga bisa memberikan gambaran mengenai cara dasar menghasilkan furniture ini.

kursi selesai dibuat

Tips agar Kursi Lebih Berkualitas

Ingin supaya kursi kayu yang dibuat lebih baik? Yuk, cermati tips-tips di bawah ini.
1. Pilih kayu yang bagus agar tampilan maupun kekokohan kursi lebih baik.
2. Aplikasikan finishing dengan kreatif. Ada banyak pilihan finishing yang bisa dieksplore. Misalnya saja finishing whitewash, rustic, metal color, dan berbagai tipe pengecatan yang lain. Anda juga bisa mengkombinasikan aneka warna dengan cara yang tidak konvensional. Misalnya dengan mengecat kaki-kaki kursi lebih mencolok dari bagian atasnya.
3. Kursi juga bisa dipercantik dengan decoupage. Coba cari tahu lebih jauh cara mendecoupage pada artikel kami yang lalu Tutorial Lengkap Decoupage Indonesia http://www.lemkayu.net/lengkap-simak-tutorial-decoupage-indonesia-ini-3233.html
4. Kayu-kayu Anda rentan terserang rayap? Gunakan pengawet kayu terlebih dahulu sebelum diolah lebih lanjut. Ada banyak bahan pengawet yang bisa digunakan. Misalnya saja bahan pengawet anti rayap dan antijamur, BioCide.
5. Pastikan Anda memang menggunakan lem kayu untuk konstruksi kursi yang bagus, Crossbond X3.
6. Tambahkan ukiran-ukiran cantik bila Anda memiliki keterampilan tersebut. Anda juga bisa melukis kayu dengan gambar-gambar yang bagus.
7. Tambahkan bantalan kursi agar furniture ini lebih enak diduduki. Pilih warna bantalan yang sesuai dengan warna finishing kursi.
8. Rawat kursi yang sudah Anda buat secara berkala. Bukan hanya dengan pembersihan, tapi juga dengan wax wood polish seperti Biopolish.

finishing kursi solid glossy

Nah, demikianlah tips dan cara membuat kursi kayu sederhana menggunakan lem kayu untuk konstruksi kursi Crossbond X3. Semoga bermanfaat ya!

Sumber gambar: howtospecialist.com

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here