Yuk, Simak Tips Membuat Meja dengan Lem Kayu untuk Konstruksi Meja Ini

0
1263
meja ruang makan rustic finishing

Kemarin, kita telah sama-sama membahas mengenai konstruksi kursi. Tentu tak afdol kalau kita tak turut membahas meja sebagai pasangannya. Karena itu, yuk, ikuti tips-tips pembuatan meja secara sederhana di bawah ini. Tentu saja masih dengan adhesive andalan, lem kayu untuk konstruksi meja, Crossbond X3.

Sekilas Mengenai Meja

Apa itu meja? Secara umum, yang dimaksud dengan meja adalah furniture yang memiliki bagian atas berupa papan berpermukaan mendatar dengan satu atau lebih kaki. Bagian atas meja menjadi komponen fungsional furniture tersebut. Meja bisa diguanakan untuk makan, menempatkan benda-benda, hingga untuk mengerjakan sesuatu. Meja juga terdiri dari berbagai varian menurut fungsi dan bantuknya. Contohnya meja makan, meja kopi (coffee table), hingga meja kerja. Sedangkan dari materialnya, ada meja yang terbuat dari kayu pallet, kayu solid, FJLB, hingga plywood.

Membuat Meja Ternyata Tak Begitu Sulit

CS Lem Kayu

Ingin membuat meja sendiri? Kenapa tidak? Bila Anda memiliki kayu-kayu bekas atau baru menebang pohon dengan sisa kayu tak terpakai, tentu material tersebut bisa dimanfaatkan lebih jauh, bukan?

Pembuatan meja sendiri tak sesulit yang Anda bayangkan. Malah sebenarnya cukup sederhana bila kita sudah terbiasa. Pada prinsipnya, yang dibutuhkan adalah 4 kaki meja, rangka untuk bagian atas, dan papan untuk permukaan meja. Untuk papannya, kita bisa menggunakan plywood atau mengelem potongan kayu kecil terlebih dahulu.

meja kopi

Di bidang usaha sendiri, pembuatan furniture seperti meja sudah sangat menjamur. Ada banyak tipe meja yang telah dibuat produsen Indonesia, mulai dari meja-meja berkualitas impor hingga aneka meja belajar kecil yang biasanya menyasar pasar mahasiswa. Aneka jenis meja tersebut tentu punya desain sendiri-sendiri terkait dengan fungsinya diciptakan. Ditambah dengan proses pembuatan meja yang sebenarnya cukup simpel, hal ini tak begitu mengherankan.

Tips Membuat Meja Kayu Sederhana

Sebenarnya, kami sudah pernah membagikan cara atau panduan untuk membuat meja. Silahkan kunjungi link Cara Membuat Meja Kayu ini untuk keterangan lebih lanjut. Pada kesempatan ini, kami akan membagikan beberapa tips supaya meja yang Anda buat memiliki kualitas lebih baik.

box joint

1. Pembuatan meja pada dasarnya bisa dilakukan dengan sederhana. Akan tetapi untuk hasil yang benar-benar baik, kita harus cermat dan menyediakan material yang bagus.
2. Alat-alat yang dibutuhkan pada pembuatan meja adalah alat woodworking standar. Misalnya gergaji hingga alat ukur seperti meteran. Namun jangan lupa gunakan alat-alat seperti clamp press yang sangat dibutuhkan agar perekatan meja berjalan optimal.
3. Pilih kayu solid untuk kaki dan rangka atas meja. Sedangkan untuk bagian atasnya sendiri, kita dapat saja menggunakan kayu non solid seperti plywood.
4. Kayu yang akan diolah menjadi meja harus sudah benar-benar kering. Ini dilakukan supaya bentuk kayu stabil dan tak mengalami kembang susut pasca disambungkan yang membuat produk rusak.
5. Ingin membuat meja dari kayu bekas atau pallet? Bisa. Tapi Anda harus memastikan material tersebut cukup kokoh untuk digunakan. Selain itu, pastikan kayu bekas tersebut juga belum rapuh.
6. Supaya kayu lebih tahan hama, Anda bisa menggunakan pengawet kayu terlebih dahulu. Misalnya saja pengawet kayu anti rayap dan antijamur BioCide.
7. Pastikan untuk senantiasa melakukan finishing pada meja. Pengecatan atau finishing bukan hanya berfungsi untuk membuat meja lebih baik, namun juga berfungsi untuk melindunginya.
8. Ada banyak tipe finishing. Pilih yang menurut Anda menarik. Misalnya saja finishing tipe rustic, white wash, solid glossy, hingga natural.
9. Untuk menyambungkan komponen meja, gunakan paku, sekrup, dan lem dengan tepat. Misalnya untuk bagian yang tak nampak, kita bisa menggunakan paku atau sekrup. Namun untuk bagian luar, aplikasikan sambungan kayu yang didukung menggunakan lem yang baik. Terkait adhesive yang harus digunakan, simak penjelasan lebih lanjutnya di bawah ini.

dowel

Rekomendasi Lem Kayu untuk Konstruksi Meja Crossbond X3

Seperti dijelaskan di atas, aplikasi lem yang tepat diperlukan untuk mendukung sambungan kayu supaya lebih kuat. Dengan sambungan yang kuat, meja pun akan menjadi lebih kokoh. Lantas apa adhesive yang sebaiknya dipilih?

Dari berbagai adhesive di pasaran, lem kayu untuk konstruksi meja yang kami sarankan adalah Crossbond X3. Mengapa Crossbond X3 dibanding yang lain? Pertama, Crossbond X3 adalah lem dengan daya rekat yang kuat bila dibandingkan lem lainnya. Adhesive ini pun memiliki ketahanan sangat baik dan tidak menyebabkan glue line.

Sebagai lem indoor, Crossbond X3 merupakan lem yang sangat aman digunakan. Aplikasi lem ini juga mudah diterapkan dan tidak memerlukan alat maupun bahan tambahan yang lain. Di luar itu, lem ini juga bisa digunakan untuk berbagai jenis sambungan yang biasanya diaplikasikan pada meja, contohnya:

1. Lap joint, yang biasanya diaplikasikan pada sudut komponen meja
2. Dowel. Dowel adalah penyambung dengan bentuk tabung kecil yang memiliki fungsi menyambungkan dua komponen produk.
3. Box joint. Box joint atau finger joint adalah tipe sambungan yang biasanya digunakan untuk membentuk sudut dengan desain saling silang.
4. Biscuit joint. Biscuit joint memiliki fungsi mirip dengan dowel, namun dengan bentuk silinder pipih.
5. Sambungan temu. Sambungan temu adalah tipe sambungan yang paling sederhana, dan karenanya membutuhkan adhesive maupun pemakuan untuk memperkuatnya.
6. Dan berbagai jenis sambungan kayu lainnya

Lem Kayu untuk Konstruksi Meja Ini

Beli Crossbond X3 di Sini!

Lem kayu untuk konstruksi meja Crossbond X3 telah lama menjadi andalan dalam industri furniture. Crossbond X3 banyak digunakan untuk pembuatan rangka produk dan karenanya disebut sebagai lem konstruksi. Lem ini telah sering digunakan untuk membuat kursi, bangku, buffet, almari, tempat tidur, hingga meja itu sendiri.

Tertarik membeli adhesive ini? Lem yang sedang menjadi primadona di industri woodworking ini bisa dibeli dengan cara yang sangat mudah.

Pertama, pembelian online pada website ini. Anda bisa melakukan pemesanan dengan memanfaatkan fitur Pesan Sekarang. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi kami via nomor kontak CS yang disediakan. Kami akan segera memproses pesanan Anda untuk dikirim pada alamat yang diminta.

Kedua, Anda bisa melakukan pembelian via marketplace atau toko online. Layanan ini disediakan sebab banyak pelanggan yang masih baru membeli Crossbond X3 dan terbiasa dengan jual beli pada online shop. Anda bisa mendapatkan lem kayu untuk konstruksi meja ini dengan mudah di Bukalapak, Tokopedia, dan berbagai toko online yang lain.

Ketiga, Anda bisa melakukan pembelian secara langsung di kantor Bio Industries dan agen-agennya. Untuk alaman keagenan Bio Industries, Anda bisa meminta detilnya pada CS kami.

Bagaimana? Apapun pilihan cara pembelian Anda, lem kayu untuk konstruksi meja ini pasti sama berkualitasnya. Harga Crossbond X3 pun selalu tetap, yakni Rp. 45.000 saja untuk kemasan 250 gram. Murah sekali bukan?

Yuk, dapatkan Crossbond X3 sekarang juga!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here