Simak Pengertian Veneer Kayu dan Tips Memasang Veneer yang Baik di Sini

0
3377
veneer kayu adalah

Apa itu veneer kayu dan bagaimana cara memasang veneer yang baik dan benar? Ayo kita simak penjelasannya di bawah ini.

Sekilas Pengertian Veneer Kayu

Yang dimaksud sebagai veneer adalah lembaran tips yang dibuat dari pemotongan khusus kayu solid. Beda dengan HPL dan pelapis sintetik lainnya, veneer benar-benar terbuat dari kayu. Dengan demikian, meskipun bahan ini “berupa lembaran”, ia memiliki karakteristik ala kayu seperti:

1. Kemampuan difinishing dengan cat

CS Lem Kayu

2. Kemampuan diamplas seperti kayu

Kapan Veneer Digunakan?

Veneer digunakan untuk melapisi media yang biasanya tampilannya kurang menarik. Misalnya media-media kayu olahan seperti MDF, HDF, hingga particle board. Dengan ditempelkan pada bahan-bahan seperti itu, veneer dapat diandalkan untuk pembuatan:

1. Aneka furniture mulai dari almari, meja, kursi, hingga buffet

2. Beberapa komponen dalam bangunan

3. Wall paneling

Dengan memanfaatkan veneer, berbagai produk tersebut bisa tampil cantik tanpa membutuhkan kayu solid dalam jumlah besar. Sehingga cost atau budget yang harus dikeluarkan juga lebih kecil. Kadangkala, veneer kayu juga dibutuhkan untuk ekspor-impor. Misalnya, Anda ingin mengimpor kayu khas dari negara lain karena tertarik dengan keindahannya. Daripada memesan kayu gelondongan, akan lebih hemat dan mudah bila Anda membeli kayu tersebut dalam bentuk veneer. Anda bisa mengaplikasikannya pada bahan kayu biasa yang ada di sini yang harganya lebih murah. Budget bisa dihemat bukan?

furniture dengan veneer

Tips Pemasangan Veneer Kayu

Ada setidaknya dua hal fundamental yang harus diperhatikan kala memanfaatkan pelapis ini. Yang pertama, adalah teknik kita dalam memasangnya. Sedangkan yang kedua, terkait dengan lem yang digunakan. Untuk yang pertama, usahakanlah memasang veneer dengan tukang yang memang bisa melakukannya dengan baik. Bukan “sekedar bisa” namun juga harus bisa memasangnya dnegan rapi dan bagus. Sedangkan untuk yang kedua, pastikan Anda menggunakan lem yang tepat untuk aplikasi produk ini.

Aspek yang wajib Anda perhatikan kala membeli lem untuk veneer kayu adalah kemampuannya merekatkan media tipe pelapis. Lem harus meresap dengan baik namun juga bisa merekatkan dengan kuat. Crossbond X4 merupakan lem yang kami sarankan untuk pengeleman veneer. Selain kuat, Crossbond X4 dibuat dari formulasi PVAc yang bisa menyebar dan meresap dengan bagus ke dalam kayu.

Demikian informasi pengertian veneer kayu hingga tips pemasangannya. Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here