Mengenal Veneer: Pengertian, Jenis, dan Keuntungan Penggunaannya

0
6516
veneer atau vinir adalah

Apa itu Veneer?

veneer atau vinir adalahDalam bidang pengolahan kayu, veneer atau vinir merujuk pada potongan tipis kayu dengan ketebalan sekitar 3 mm yang direkatkan pada material lain.

Material lain tersebut bisa berupa kayu solid, particle board, MDF, dst. Tujuan penggunaannya adalah untuk menciptakan permukaan rata. Bahan ini biasa diaplikasikan untuk lantai parket, kabinet, hingga berbagai macam furniture. Kayu lapis juga merupakan produk yang mengandalkan veneer.

Sekitar 3 lapisannya terdiri dari vinir yang direkatkan dengan teknik tertentu. Material ini juga sering dimanfaatkan sebagai pengganti kertas dekoratif pada Veneer HPL.

Jenis

Vinir bisa dibedakan menjadi:

RAW Veneer, merupakan vinir yang belum diolah lebih lanjut sehingga tidak bisa dibedakan bagian belakang dan depannya.

Paper Backed Veneer, merupakan vinir yang mengandalkan kertas pada salah satu sisinya. Jenis vinir ini cocok dimanfaatkan untuk keperluan yang memerlukan fleksibilitas tinggi.

Phenolic  Backed Veneer, merupakan salah satu macam vinir yang tidak umum dan biasa dimanfaatkan sebagai komposit. Meski demikian, vinir ini mulai mendapat tempat di masyarakat karena penampilannya yang natural.

Laid Up Veneer, merupakan vinir mentah. Bila ingin dimanfaatkan, potongan lapisannya perlu disatukan.

Reconstituted veneer, merupakan vinir yang terbuat dari tanaman tropis dengan tingkat pertumbuhan cepat. Jenis vinir ini dibuat langsung dari potongan kayu gelondingan dan kemudian diwarnai (bila diperlukan). Setelah pewarnaan, potongan kemudian direkatkan dalam bentuk laminasi membentuk blok.

Keuntungan

Dibanding penggunaan kayu, salah satu keuntungan utama penggunaan vinir adalah sifatnya yang stabil. Jika kayu solid rentan mengalami pelengkungan dan keretakan, tidak demikian dengan material ini. Terbuat dari lapisan kayu sangat tipis, potensi pelengkungan dan keretakan bisa direduksi. Selain itu, dengan penggunaan lem, bahan ini juga lebih kuat dari kayu alami.

Keunggulan lain veneer adalah sifatnya yang tahan lama. Beberapa keperluan dengan kondisi lembab dan suhu berfluktuasi tak bisa mengadalkan kayu solid, dan pemilihan veneer jauh lebih bisa diandalkan. Harga produk ini juga lebih murah dibanding kayu alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here