Lem Veneer Kayu untuk Bahan Beda Sifat? Ini Jawabannya!

0
3037

Veneer banyak diterapkan untuk kayu-kayu olahan seperti MDF dan HDF. Padalah terdapat perbedaan besar antara veneer dengan berbagai kayu olahan tersebut. Oleh sebab itulah diperlukan lem veneer kayu khusus, utamanya yang bisa merekatkan dua media beda sifat.

Namanya adalah finishing tempel. Beda dengan finishing menggunakan cat, finishing tempel merupakan finishing yang dilakukan dengan merekatkan sebuah lembaran pada sebidang media tertentu. Umumnya, media-media yang difinish dengan cara ini memiliki kekurangan berupa:

1. Tidak adanya pola serat kayu yang bisa dikuatkan dengan cat
2. Sulitnya aplikasi finishing cat biasa

kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini

Dua kekurangan seperti di atas adalah dua kekurangan yang “biasa” terdapat pada berbagai kayu olahan. Contohnya saja MDF atau Medium Density Fiberboard. MDF sangat sulit dicat dengan cara finishing biasa. Porositasnya yang besar membuat cat malah “tenggelam” dan hasil finishing kurang menarik. Oleh sebab itu diperlukan cara finishing lain yang tak melibatkan bahan cair seperti cat. Finishing tempel menjadi jawabannya. Apalagi MDF juga tak punya pola serat indah seperti kayu-kayu mahal.

Ada banyak bahan yang digunakan dalam finishing tempel. Namun salah satu yang paling sering digunakan adalah veneer kayu. Apa itu veneer kayu?  Veneer kayu sering disebut vinir saja merupakan lembaran sangat tipis dari potongan kayu solid yang masih memiliki beberapa karakter khas kayu solid biasa. Misalnya, lembaran ini bisa dicat ulang dan diamplas. Kualitas seperti ini tak dimiliki pelapis lain yang sifatnya “sintetis” seperti HPL atau High Pressure Laminate.

Membutuhkan Lem Veneer Kayu yang Bagus

Selain veneer dan pelapis serupa lainnya, aplikasi finishing tempel sangat membutuhkan adhesive yang bagus. Adhesive yang digunakan harus memiliki kualitas umum bahan perekat seperti daya rekat serta ketahanan yang baik. Namun selain itu, pertama-tama adhesive juga harus cocok dengan adheren-nya (media yang direkatkan).

Baca Juga:  Mengapa Lem Kayu untuk Multipleks Crossbond™ adalah Pilihan Terbaik?

Pada pemasangan veneer untuk media kayu oalahan seperti MDF, dibutuhkan lem yang cocok baik untuk veneer-nya sendiri maupun untuk MDF-nya. Bisa dibilang, mencari lem seperti ini merupakan “tantangan besar”. Pasalnya, tak sembarang lem bisa cocok untuk bahan seperti veneer sekaligus bahan seperti MDF.

Tersedia Eva Phaethon untuk Veneer Anda!

eva phatehon

Untungnya, saat ini di pasaran telah tersedia lem khusus untuk media beda karakter seperti Eva Phaethon. Dibuat dengan formula dasar ethylene polyvinyl acetate, Eva Phaethon menjadi lem terbaik untuk substrat dengan karakter yang sangat berlainan. Oleh sebab itulah, lem ini bisa digunakan untuk veneer serta bahan seperti MDF.

Menarik bukan? Keunggulan lain yang ditawarkan Eva Phaethon adalah sifatnya yang kuat, tahan lama, dan cepat kering. Lem ini juga sangat terjangkau dan bisa Anda beli dengan cara yang mudah dan harga yang murah. Yuk, beli sekarang juga Eva Phaethon. Temukan informasi lainnya mengenai lem veneer kayu ini via kontak CS yang kami sediakan. Jangan sungkan, pertanyaan dari Anda senantiasa kami layani dengan profesional.

perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here