Pentingnya Faktor Viskositas Saat Membeli Lem Kayu Lapis

0
1458
lem kayu lapis crossbond

Proses pembuatan plywood atau multipleks jelas memerlukan lem kayu lapis yang tepat. Kata “tepat” di sini harus benar-benar digaris bawahi. Lem untuk plywood atau kayu lapis yang tepat adalah lem yangs memiliki karakter sesuai untuk jenis perekatan tersebut. Salah satu karakter yang wajib dimiliki ialah karakter yang terkait dengan viskositas atau kekentalan produk adhesive.

kekentalan lem kayu

Memerlukan Viskositas Medium hingga Rendah

Beda dengan lem kayu struktural yang membutuhkan viskositas tinggi, lem untuk kayu lapis justru memerlukan viskositas medium hingga rendah. Sebab, pada proses pengeleman ini tidak boleh terbentuk lapisan film. Bayangkanlah bagaimana jadinya apabila multipleks yang Anda beli memiliki lapisan tambahan, yakni lapisan lem yang digunakan? Jelas produk seperti itu tak laku di pasaran.

Di luar pembentukan lapisan film, viskositas juga terkait dengan daya sebar dan kecepatan lem berikatan dan peresapan pada kayu.

Hubungan Viskositas dan Daya Sebar

CS Lem Kayu

Semakin rendah kekentalan lem, semakin besar daya sebarnya. Hal ini disebabkan karena sifat lem lebih cair sehingga ketika direkatkan dapat menjangkau area yang lebih luas dibanding lem kayu yang kental.

Tingkat daya sebar ini pada pembuatan plywood dan perekatan laminasi lainnya begitu krusial. Sebab, perekatan laminasi umumnya dilakukan untuk mengelem area yang luas.

Viskositas dan Kecepatan Perekatan Lem

Lem yang lebih encer juga akan lebih cepat berikatan dengan substrat kayu dan zat adhesive lainnya. Pada pembuatan plywood, lem kayu lapis yang encer akan segera meresap ke dalam kayu, berikatan dengan substrat tersebut, serta selanjutnya berikatan dengan media lain yang direkatkan.

Lem Kayu Lapis Crossbond™ X4

lem kayu lapis crossbondSebagai bahan pertimbangan bagi Anda yang sedang membutuhkan lem untuk pembuatan multipleks atau produk-produk sejenis, kami sarankan Crossbond™ kepada Anda. Crossbond™ X4 merupakan produk adhesive yang khusus didesain untuk keperluan laminasi kayu. Lem ini memiliki kekentalan medium dan sangat cocok untuk pembuatan kayu lapis, wood panelling, lantai kayu dan berbagai bentuk perekatan laminasi lainnya.

Keunggulan lain Crossbond™ adalah sifatnya yang aman dan ramah lingkungan. Produk ini tidak mengandung formalin serta berbagai zat membahayakan. Anda dapat memanfaatkan lem kayu lapis Crossbond™ untuk kebutuhan perekatan yang aman dan atau untuk keperluan pasar ekspor yang memerlukan kriteria tersebut.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here