3 Faktor ini Tentukan Kualitas Lem yang Kuat untuk Bambu

0
2472
furniture bambu bagus

Bila kita hanya bicara mengenai daya rekat saja, tentu kita tak bisa bicara mengenai keberhasilan perekatan secara keseluruhan. Setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan kala membahas mengenai kualitas lem yang kuat untuk bambu. Ketiga hal tersebut adalah kualitas ikatan yang terjadi, ketahanan adhesive, dan yang ketiga ialah ketepatan tipe perekatan.

bangku unik bambu

Aspek pertama mengenai kualitas ikatan akan sangat tergantung pada kecocokan lem dengan medianya. Apakah lem tersebut bisa berikatan dengan media secara baik? Ataukah tidak? Ingat, adhesive merupakan bahan kimia. Kecocokan dengan medianyapun harus dilihat secara kimiawi. Terkait dengan pengeleman bambu, maka kitapun harus benar-benar bisa menentukan lem yang cocok untuk bahan ini.

Sayangnya, seringkali lem bambu dipilih begitu saja dari daftar lem kayu. Padahal meski mirip, keduanya tak bisa kalau disamakan begitu saja. Pengujian harus sudah benar-benar dilakukan pada adhesive itu. Contoh lem kayu yang telah teruji untuk bambu ialah Crossbond. Adhesive yang terdiri dari Crossbond X3 dan Crossbond X4 ini telah diuji memiliki daya rekat yang sangat baik pada substrat bambu.

furniture bambu bagus

Aspek kedua yang harus diperhatikan ialah ketahanan adhesive. Ikatan lem yang merupakan ikatan kimia sebenarnya sangat bisa rusak oleh faktor tertentu. Biasanya tiap lem memiliki batasan atau limit tersendiri. Namun kita tetap bisa mengurutkannya dari lem yang sangat tahan hingga lem yang kurang tahan. Crossbond sendiri termasuk lem yang sangat tahan lama. Kualitas lem yang kuat bambu ini memang juga diunggulkan karena sifatnya yang stabil meski terekspos berbagai faktor.

Sedangkan aspek ketiga mengenai tipe perekatan sebetulnya harus diperhatikan karena memang ada beberapa tipe perekatan. Antar perekatan yang satu dengan yang lain, jelas tak bisa disamakan begitu saja. Untuk Crossbond, misalnya, tersedia dua pilihan yang bisa Anda pilih, yakni Crossbond X3 untuk konstruksi dan Crossbond X4 untuk laminasi.

kualitas lem yang kuat untuk bambu crossbond
lem kayu Crossbond

Pemilihan ini juga harus benar-benar tepat. Sebab sebaik apapun kualitas lem yang kuat untuk bambu Crossbond, bila perekatannya tak cocok, maka hasilnya juga tak akan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here