Memperbaiki Furniture Bambu Rusak dengan Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond

0
1470
perabot bambu indonesia

Bukan hanya dalam proses pembuatan, proses perbaikan furniture bambu pun memerlukan dukungan lem yang kuat untuk bambu Crossbond

perabot bambu indonesia

Memilih bambu merupakan salah satu pilihan cerdas untuk membuat furniture. Bambu bisa memberikan kesan relaks dan kasual di rumah kita. Selain itu, bambu juga memiliki beragam tampilan menarik yang berbeda-beda. Hanya saja kelemahan bahan bambu sebagai furniture adalah sifatnya yang mudah rusak. Meskipun untuk perbaikan yang sifatnya sulit kami sarankan untuk dilakukan ahlinya, namun untuk perbaikan yang sifatnya mudah, sebenarnya Anda yang awam pun bisa melakukannya.

Berikut ini cara memperbaiki furniture bambu untuk kerusakan yang tidak terlalu parah.

Alat dan Bahan

CS Lem Kayu

Tidak semua alat dan bahan di bawah ini Anda perlukan. Pilih yang sekiranya sesuai dengan tipe kerusakan pada furniture bambu Anda.
1. Kertas amplas
2. Lem cat
3. Wax
4. Kain halus
5. Kuas
6. Bambu

Bahan yang Kami Rekomendasikan

Di atas, telah tersedia daftar bahan yang sekiranya dibutuhkan untuk memperbaiki bambu. Bahan dan alat di atas seyogyanya dipilih dalam kualitas terbaiknya. Apalagi untuk bahan yang menjadi faktor utama perbaikan bambu seperti lem.

Pilihlah lem yang kuat untuk bambu Crossbond. Crossbond memiliki sifat daya rekat kuat, tahan lama, dan sangat mudah digunakan. Lem ini cocok untuk kebutuhan industri skala besar hingga kebutuhan pengeleman untuk awam.

Langkah-langkah Memperbaiki Furniture Bambu

Pembersihan

Bersihkan furniture dan lakukan pengeringan. Gunakan air hangat dan gosok menggunakan kain halus perlahan-lahan.

Perbaikan Tampilan

Amplas bambu untuk menghilangkan cat atau pernis yang menempel. Haluskan area di mana banyak goresan. Setelah itu gunakan cat atau pernis baru sesuai warna yang Anda inginkan.

Perbaikan Bagian Bambu yang Lepas

Untuk bagian lepas yang belum rusak, gunakan lem untuk bambu yang kuat Crossbond X3. Oleskan pada kedua media yang akan direkatkan. Selanjutnya ikat atau gunakan clamp press pada dua bambu tersebut. Biarkan mengering dan stabilkan agar perekatannya kokoh.

Perbaikan pada Bambu yang Lepas

Bila ada bagian furniture yang rusak, gantilah dengan bahan bambu yang baru. Cari batangan bambu yang kurannya sesuai, lalu ganti dengan bagian yang rusak tersebut.

Wax

Wax akan memperbaiki dan mencegah lebih lanjut tampilan penuh gores pada bambu. Gunakan wax secara rutin untuk perbaikan sekaligus perawatan bambu sehari-hari.

Demikian cara memperbaiki furniture bambu. Ingat, gunakan selalu alat dan bahan yang berkualitas seperti lem yang kuat untuk bambu Crossbond.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here