Ingat Ini Saat Memperbaiki Lantai Kayu yang Rusak

0
988
lantai-kayu-yang-rusak

Meskipun sangat awet dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun, lantai kayu tetap bisa mengalami kerusakan. Bila sudah demikian, tentu kita akan bertanya-tanya: bagaimana cara memperbaiki lantai kayu yang rusak tersebut?

Identifikasi Kerusakan

lantai-kayu-yang-rusakKerusakan pada lantai kayu bisa disebabkan berbagai hal. Lantai bisa rusak karena aktivitas serangga perusak kayu seperti rayap, jamur, lapuk karena paparan air yang tinggi, perubahan suhu ekstrim, dan kualitas bahan pendukung yang buruk. Setiap penyebab harus ditangani yang cara khusus. Jadi, saran kami, identifikasi dulu apa penyebab lantai rusak untuk kemudian dicarikan penanganan yang paling tepat.

Tak Harus Menyeluruh

Kerusakan seringkali bersifat partial atau sebagian saja. Dengan demikian, kita tidak perlu melakukan perbaikan pada seluruh lantai. Cukup lakukan perbaikan pada bagian yang rusak atau bagian yang dicurigai rusak. Mengenai bagian yang dicurigai rusak ini penting diingat, karena beberapa kerusakan sifatnya tidak mudah diketahui. Misalnya ketika lantai kayu diserang rayap yang telah berpindah ke area lantai yang lain. Jadi perbaikan pada satu bagian yang sudah rusak saja tidak akan menyelesaikan masalah yang terjadi.

Teknik Membongkar untuk Memperbaiki Lantai Kayu yang Rusak

Secara umum, pembongkaran lantai sebagai salah satu langkah perbaikan bisa dilakukan dengan beberapa metode. Misalnya dengan sistem lidah mulut. Pada metode ini, lantai dibongkar dengan mesin bor untuk dilubangi di sekitarnya lalu dicongkel menggunakan alat seperti palu. Kemudian lantai dilepas, bahan perekat atau lem dibersihkan, dan kerusakan diperbaiki. Parket yang dilepas dibiarkan satu hari agar diketahui apakah ada pemuaian atau penyusutan. Selanjutnya parket dipasang dengan lem.

Gunakan Lem Berkualitas Kala Memperbaiki Lantai Kayu Rusak

Lem untuk palet kayu tipe laminasi.
Lem untuk kayu tipe laminasi.
CS Lem Kayu

Pastikan untuk selalu memanfaatkan lem berkualitas saat memperbaiki lantai kayu. Komponen ini sangat vital dan kami tekankan karena berkaitan langsung dengan pencegahan agar tidak terjadi kerusakan lanjutan.

Diharapkan dengan lem yang baik, maka struktur lantai lebih rigid dan tidak mudah rusak. Jadi pilihlah bahan perekat yang berdaya rekat kuat dan tahan lama. Pada aplikasi lantai parket indoor, kami juga menyarankan untuk menggunakan lem yang aman dan ramah lingkungan. Jangan sampai kondisi dalam rumah menjadi toksik akibat penggunaan adhesive beracun.

Demikian beberapa hal yang kami sampaikan. Selamat memperbaiki lantai kayu yang rusak! Jangan lupa gunakan lem berkualitas.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here