Yang Tak Boleh Luput saat Membeli Lem untuk Alat Musik

0
970
alat musik kayu

Jenis alat musiknya sebenarnya tak terlalu mempengaruhi. Namun tetap banyak aspek yang harus dipertimbangkan kala membeli lem untuk alat musik.

alat musik kayuDari berbagai bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan alat musik, lem adalah salah satunya. Ironisnya, bahan ini sering diremehkan padahal memiliki fungsi sangat vital. Lem bukan sekedar berguna merekatkan satu komponen alat musik dengan komponen lain saja. Lebih dari itu, fungsi lem dapat mempengaruhi kualitas suara hingga estetika alat musik tersebut.

Bagaimana Lem Mempengaruhi Suara yang Dihasilkan?

Berbagai alat musik seperti gitar dan biola menghasilkan suara dari hasil resonansi pada hollow-nya. Sebagai gelombang, suara akan dipengaruhi bahan tempatnya dipantulkan, bentuk bahan tersebut, luasnya, hingga jenis bahannya. Lem yang mempengaruhi ketepatan bentuk alat musik jelas akan mempengaruhi suara instrumen terkait. Tidak bisa tidak.

Bagaimana Lem untuk Alat Musik Mempengaruhi Estetika Produk Terkait?

Efek lem pada bentuk alat musik juga bisa ditemukan pada estetikanya. Sebab sebagaimana disebut di atas, lem akan berpengaruh terhadap ketepatan bentuk instrumen itu. Mudah saja kita bertanya, bagaimana sebuah alat musik disebut baik apabila bentuknya tidak tepat?

CS Lem Kayu

Selain itu, efek lem pada estetika sebuah produk juga terkait dengan salah satu masalah klasik pengeleman, yakni munculnya glue line. Adanya garis lem disebabkan warna lem kayu yang tidak bisa disamarkan bahan finishing. Jadi, berhati-hatilah pada faktor ini. Tidak enak bukan bila Anda sudah banyak membuat alat musik namun hasilnya coreng-moreng akibat glue line?

Bagaimana Memilih Lem untuk Alat Musik yang Baik?

Secara umum, pemilihan lem harus memperhatikan efeknya pada kekokohan produk, suara yang dihasilkan, hingga estetika seperti disebut di atas. Namun dari 3 aspek ini, kita bisa membaginya menjadi beberapa poin yang lebih detil. Misalnya:

Kekentalan lem

Tidak semua proses perekatan membutuhkan lem yang kental. Untuk perekatan laminasi (pelapisan), justru diperlukan lem yang kekentalannya medium hingga encer. Bayangkan saja misalnya pelapisan dilakukan dengan lem yang kental. Justru malah akan terbentuk lapisan lem yang merusak produk terkait.

Warna lem

Warna lem ini nantinya akan terkait dengan kemunculan glue line.

Daya rekat dan ketahanan lem

Pemilihan lem jelas memasukkan aspek daya rekatnya. Tapi daya rekat saja tidak cukup. Lem juga harus tahan lama dan tidak mudah rusak.

Masih banyak aspek lainnya yang perlu diperhatikan. Terkait biaya produksi, Anda harus memperhatikan kemudahan aplikasi produk, harga lem terkait, dan kecepatan keringnya. Sedangkan untuk aspek keamanan, perhatikan kandungan lem tersebut.

lem-kayu

Dari berbagai lem di pasaran sendiri, produk yang kami sarankan adalah Crossbond™. Lem tersebut dapat digunakan untuk kayu, bambu, serat alam, dan berbagai material sejenis. Kualitasnya secara umum bagus dan dijual dengan harga terjangkau.
Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here