Apa ya Kekurangan dan Keuntungan Menggunakan Honeycomb Paper?

0
3368

Banyak di antara kita yang mungkin bertanya-tanya: sebenarnya, apa keuntungan menggunakan honeycomb paper board dibanding material lainnya? Apalagi bahan ini memang tidak begitu familiar di kalangan masyarakat awam.

3 Keuntungan Menggunakan Honeycomb Paper

papan-honeycomb-paperSebenarnya, keuntungan utama penggunaan bahan ini terletak pada harga dan beratnya yang ringan. Harganya yang murah jelas bisa menurunkan angka produksi. Alasan honeycomb murah sendiri beragam. Namun salah satu alasan utama ialah karena material tersebut diproduksi dari bahan-bahan daur ulang. Jadi, selain kita bisa melakukan penghematan dana, di sisi lain kita juga mendapat keuntungan dengan menguatkan kesan ramah lingkungan yang didapat dari bahan daur ulang ini.

Terkait dengan beratnya, honeycomb paper juga bisa menurunkan biaya transportasi. Sebab produk yang terbuat dari bahan ini menjadi berkurang beratnya secara signifikan. Selain biaya yang lebih murah, resiko kerusakan produk pun juga bisa diminalisir.

Praktis

Poin lain yang merupakan keuntungan menggunakan honeycomb paper adalah kemudahannya saat digunakan. Papan honeycomb paper pada umumnya dipakai untuk mendukung panel yang memanfaatkan struktur sandwhich.

CS Lem Kayu

Lantas apa kekurangan material ini?

Kekurangan Menggunakan Honeycomb Paper

Selain memiliki beberapa keunggulan, tentu papan honeycomb paper juga memiliki kelemahan atau kekurangannya. Prinsip ini berlaku universal pada semua benda yang kita kenal.

Kelemahan utama honeycomb paper board terletak pada ketahanannya dari kerusakan. Bagaimanapun juga, struktur produk yang padat memiliki ketahanan lebih kuat pada beban struktural, hama, air, dan beragam jenis faktor perusak lainnya.

Solusi Memaksimalkan Keuntungan Menggunakan Honeycomb Paper Board

Memaksimalkan keuntungan bahan ini artinya mereduksi kelemahannya. Kelemahan honeycomb pada umumnya terletak pada ketidasolidan struktur yang rentan dirusak oleh berbagai faktor seperti air dan hama. Serangan teter misalnya, akan lebih berdampak pada material honeycomb karena bahannya yang padat.
Oleh karena itu, perawatan dan penjagaan bahan ini dari berbagai faktor yang merusak harus diandalkan. Selain itu, kekuatan strukturnya harus ditingkatkan. Misalnya dengan lem.

Pemilihan lem untuk papan ini harus diperhatikan dengan baik. Karena memang perekatlah yang akan berperan besar terhadap kekuatan struktural produk yang dihasilkan. Kita tak bisa mengharapkan kekuatan seperti yang terdapat pada material solid. Jadi, pastikan menggunakan lem yang bagus dan cocok untuk honeycomb seperti Crossbond™.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here