Mengenal Jenis Lem Decking Terbaik yang Bisa Digunakan

0
231
lantai decking

Apa ya jenis lem decking yang sebaiknya digunakan? Ayo, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Berbeda dengan jenis lantai lainnya, lantai kayu memiliki keindahan tersendiri. Lantai ini mampu memberikan kesan paling positif di antara berbagai jenis lantai yang lain. Pertama, dari segi kealamiannya, lantai ini jelas unggul dibanding lantai keramik ataupun semen. Kedua, penggunaan kayu ternyata juga bisa berimbas positif bagi kesehatan. Kayu mampu memberikan suasana yang lebih menenangkan. Tekstur kayu pun dipersepsi lebih positif bagi manusia. Ketiga, kayu bisa memberikan kesan yang lebih hangat dan relaks. Bayangkan betapa menyenangkannya beristirahat dengan suasana kayu yang kental setelah seharian beraktivitas di kehidupan yang sibuk.

Dengan berbagai keunggulan di atas, tak perlu lagi rasanya untuk memasang lantai kayu di rumah. Hanya saja, perlu diperhatikan dulu bahwa jenis lantai ini sangat beragam. Salah satu lantai yang bisa dipertimbangkan adalah lantai kayu decking.

Ya, dari berbagai jenis lantai kayu, kita bisa membedakannya berdasarkan dua kategori besar. Keduanya adalah lantai parquet dan yang kedua adalah lantai dek atau decking. Tipe lantai terakhir inilah yang akan dijadikan fokus utama pembahasan kali ini.

CS Lem Kayu

Secara umum, bisa dikatakan bahwa lantai dek adalah lantai kayu yang pemasangannya renggang, didesain untuk luar ruangan, dan memiliki komponen kayu yang lebih tebal bila dibandingkan lantai parquet. Berikut ini contoh aplikasi kayu deking.

  1. Untuk lantai kayu di teras rumah, hotel, restauran, dan bangunan serupa lainnya.
  2. Untuk lantai di dekat dengan kolam renang, pantai, danau, dan lainnya

Karena kebutuhannya biasanya spesifik, maka kayu yang dipakai untuk lantai ini pun harus spesifik. Utamanya, lantai harus benar-benar awet dan kuat. Lantai harus tahan terhadap kondisi cuaca luar ruangan atau outdoor. Bila tidak, dalam waktu singkat kayu sudah akan busuk terpapar hujan hingga terkena sinar matahari secara berlebih. Kedua, kayu juga harus bisa menanggung beban dengan baik.

Tak Hanya Kayu

Tapi tahukah Anda bahwa sebetulnya, bukan sekedar kayu yang harus memiliki kualitas spesifik untuk deking? Berbagai komponen lainnya pun harus memiliki karakteristik yang sesuai dan tahan terhadap kondisi luar ruangan. Misalnya saja finishing atau cat yang digunakan. Sudah selayaknya, cat harus memiliki sifat tahan air, tahan panas, tahan sinar UV, dan juga tahan gores. Produk yang direkomendasikan contohnya adalah cat berbasis PU atau polyurethane.

lem deking

Selain cat atau finishing lantai decking, perhatikan pula jenis lem decking yang dipakai. Lem decking? Ya. Memang, tak semua dek membutuhkan adhesive dalam aplikasinya. Ada beberapa pihak yang bahkan terbiasa tidak meggunakan lem dalam aplikasi lantai kayu decking. Akan tetapi, beberapa yang lain seringkali mengandalkan lem. Misalnya saja untuk dioleskan di bagian subfloor (lantai dasar) dengan potongan kayu memanjang yang tak didesain khusus (hanya kayu saja). Tak jarang, lem juga dibutuhkan di bagian pinggir untuk memperindah tampilan lantai tersebut.

Untuk kebutuhan seperti itu, memang lem yang digunakan harus benar-benar baik. Pertama-tama, perlu dipastikan dulu bahwa jenis lem decking yang dipakai adalah lem jenis laminasi. Lem laminasi adalah adhesive untuk perekatan lebar. Misalnya saja untuk pemasangan veneer, tripleks, dan sejenisnya. Lem ini berbeda dengan lem untuk rangka kayu seperti untuk sambungan mortise dan tenon serta sejenisnya.

Di toko-toko sendiri, berbagai lem telah tersedia. Merupakan tantangan bagi masyarakat untuk mendapatkan jenis lem yang tepat untuk kebutuhan pemasangan decking. Sebab, tiap jenis lem memiliki spesifikasi yang kadang mirip tapi sesungguhnya berlainan.

Hanya saja, saat ini Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, kami telah menyediakan jenis lem decking paling bagus, Crossbond X4.

lem untuk dinding kayu

Crossbond X4 adalah lem untuk perekatan laminasi. Selain tipenya tepat, lem ini pun memiliki berbagai keunggulan mulai dari daya rekatnya sampai dengan ketahanannya yang juga sangat baik. Agar lebih lengkap, berikut ini berbagai poin yang membuat Crossbond X4 jauh lebih unggul dibanding lem lainnya.

  1. Lem ini memiliki daya rekat yang sangat kuat sehingga lantai akan terpasang dengan stabil dan mantap.
  2. Ikatan lem tidak mudah rusak biarpun terkena kelembaban, panas, hingga paparan solvent. Lem ini juga bisa digunakan untuk aplikasi lantai dek.
  3. Memiliki kecepatan kering ideal, dengan demikian pemasangan lantai akan menjadi lebih lancar.
  4. Lem sangat hemat digunakan. Selain itu harga lem ini juga terjangkau untuk takaran kualitas yang ditawarkannya.
  5. Jenis lem decking ini sangat aman dan ramah lingkungan.
  6. Cover area lem luas dengan viskositas ideal untuk pemasangan lantai decking sehingga aplikasinya lebih hemat
  7. Mudah menyebar, tidak terkumpul di satu sisi saja. Hal ini didukung karakter yang disebut poin 8, yakni viskositasnya yang medium
  8. Sangat mudah digunakan. Cara pemakaiannya juga praktis dan tak membutuhkan alat dan bahan tambahan.

Dengan berbagai keunggulannya di atas, tak mengherankan Crossbond X4 menjadi lem paling bagus untuk kebutuhan ini di antara sederetan jenis lem decking yang lain. Tertarik untuk membeli adhesive ini? Berikut ini akan dijelaskan cara untuk membelinya.

Cara Memesan Lem Crossbond X4

Ayo segera beli dan nikmati berbagai keunggulan lem Crossbond X4. Lem Crossbond X4 adalah adhesive dengan bahan dasar PVAc yang memiliki berbagai keunggulan sebagaimana telah dijelaskan di atas. Ada 3 cara pembelian Crossbond yang bisa Anda lakukan.

  1. Pembelian langsung. Pembelian langsung bisa Anda lakukan di Bio Service Point. Kunjungilah Bio Service Point yang berlokasi di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta. Selain bisa bertemu dengan CS dan teknisi kami secara langsung, Anda juga bisa menengok berbagai produk lainnya yang kami sediakan mulai dari bahan finishing sampai bahan pengawet.
  2. Pembelian di berbagai toko daring. Anda juga bisa lho membeli lem kami di berbagai toko daring atau online. Cari saja Crossbond X4 di toko daring langganan Anda seperti Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya.
  3. Pembelian di Lemkayu.net secara langsung. Pembelian di lemkayu.net juga bisa Anda lakukan. Caranya juga sangat mudah dan pada umumnya tak berbeda dengan pembelian di toko daring. Silahkan saja hubungi Customer Service kami bagi Anda yang ingin langsung membeli di lemkayu.net.

Bagaimana? Ada banyak pilihan bagi Anda yang ingin membeli lem ini. Jadi, jangan ragu lagi.

lantai dek

Sudah Banyak yang Menggunakan Crossbond X4!

Telah banyak yang memanfaatkan Crossbond X4 untuk memasang lantai decking mereka. Jadi, jangan ragu untuk membeli adhesive ini. Nikmati berbagai keunggulan lem ini dengan segera memesan produk tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di lemkayu.net. Kami masih memiliki berbagai informasi penting lainnya selain jenis lem decking yang paling tepat digunakan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here