Yang Harus Kamu Tahu tentang Lantai Decking Kayu

0
906
keindahan lantai decking kayu

Apa menariknya lantai decking kayu selain keindahannya? Ada banyak fakta yang sebenarnya sangat menakjubkan pada aplikasi lantai kayu di luar ruangan tersebut. Dengan mengetahuinya, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Yang Harus Kamu Tahu tentang Lantai Decking Kayu

Tidak Semua Kayu bisa Digunakan

Lantai decking adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada produk penutup berbahan kayu yang biasanya diaplikasikan di luar ruangan. Tipe lantai ini menghadapi berbagai ancaman yang bisa merusaknya terutama dari aspek cuaca yang lebih ekstrim. Bila lantai dalam ruangan hanya menghadapi masalah kelembaban dan jamur saja, decking menghadapi hampir semua masalah yang bisa kita bayangkan. Sebut saja mulai dari ancaman rayap tanah, jamur, guyuran hujan, terik matahari, hingga bakteri pembusuk! Apalagi bila decking diaplikasikan dekat dengan area-area ekstrim seperti taman yang lembab, sekitar kolam renang, hingga di bibir pantai.

Semua faktor perusak tersebut menyebabkan pemilihan bahan untuk decking harus dilakukan ekstra hati-hati. Misal kayu sebagai bahan utamanya. Pengguna decking wajib menggunakan kayu yang memiliki kualitas baik. Kayu ulin, merbau, dan bengkirai adalah beberapa contoh kayu yang bisa Anda pilih.

CS Lem Kayu

Coating Heavy Duty itu Wajib lho!

Salah satu manfaat cat ialah memberikan perlindungan pada media yang dicat. Pada lantai decking kayu, perlindungan yang dimaksud pun harus didesain khusus untuk penggunaannya di wilayah outdoor. Saran kami, pilihlah finishing dengan cat atau coating heavy duty. Misalnya, coating-coating polyurethane BioThane yang memiliki sifat sangat baik dalam menahan berbagai ancaman mulai dari guyuran hujan hingga goresan.

Sudah Menggunakan Lem yang Tepat?

Selain cat, pilih juga lem yang tepat. Pastikan lem tersebut bukan sekedar berdaya rekat kuat. Apa gunanya daya rekat kuat bila lem mudah rusak terkena kelembaban atau panas matahari? Lem yang Anda pilih pun harus lem heavy duty untuk keperluan outdoor. Contohnya Crossbond X 4.

Tips Supaya Lantai Decking Kayu Awet

Dengan berbagain ancaman yang dapat merusaknya, tentu wajib ada upaya-upaya yang dilakukan supaya decking tetap awet. Nah bagi pembaca yang kebetulan mengaplikasikan lantai decking atau berencana memasang tipe lantai tersebut, silahkan disimak beberapa tips di bawah ini.

Perawatan Rutin dan Cermat

Yang dimaksud perawatan adalah pembersihan sekaligus pengecekan atas kerusakan yang terjadi. Dari pengecekan inilah nantinya dapat dilakukan perbaikan khusus lainnya seperti pengecatan dan pengeleman ulang.
Untuk pembersihannya sendiri, fokuslah memperhatikan celah-celah lantai. Bersihkan noda di sana yang bisa menjadi sumber tumbuhnya jamur. Ingat, jangan gunakan deterjen atau bahan kimia lain yang bisa merusak lantai kayu. Sebaiknya ikuti rekomendasi bahan pembersih dari tiap produk lantai.

Refinishing Secepatnya

Saat terjadi kerusakan lantai, lakukan finishing ulang dengan bahan yang berkualitas (coating heavy duty). Bahkan tanpa kerusakan pun idealnya pengecatan ulang dilakukan secara berkala. Misalnya 6 bulan sekali. Memang terkesan merepotkan. Namun dengan kerepotan kecil ini, Anda bisa menyimpan dana demikian besar yang harus dikeluarkan saat lantai rusak parah akibat tidak difinishing.

Poles dengan Wax

Selain finishing, perawatan ekstra supaya lantai decking kayu terjaga keindahannya dapat dilakukan dengan wax polish. Wax polish atau semir lilin bisa berasal dari berbagai bahan mulai dari lilin carnuba sampai lilin lebah. Pilih yang menurut Anda memberikan hasil bagus seperti Biopolish.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here