Decking Kayu, Komposit, serta Plastik: Mana yang Paling Baik?

0
1251
lantai decking plastik

Manakah yang lebih baik antara decking kayu, komposit, serta plastik? Mari simak penjelasan tiap decking di bawah ini.

3 Jenis Decking dan Cara Memilihnya

Lantai Deck Plastik

lantai decking plastikSepertihalnya namanya, jenis dek ini terbuat 100% dari plastik. Ia memiliki ketahanan yang baik pada cuaca dan berbagai jenis hama. Namun ketika terjadi kerusakan, efeknya akan paling sulit dihilangkan bahkan diatasi. Contoh saat terjadi serangan jamur. Pada kayu decking kayu, kita bisa melakukan pengamplasan. Sedangkan pada decking plastik, tentu solusi tersebut tak bisa diandalkan.

Komposit

Composite decking terbuat dari pengolahan kayu daur ulang yang tak terpakai lagi dan plastik. Jenis dek ini juga memiliki ketahanan baik meski saat rusak, efeknya sulit dihilangkan dan diatasi.

Kayu

Solid wood decking terbuat dari kayu solid yang diolah agar sesuai desain potongan lantai dek. Mengenai kualitas dan tampilannya, jelas sangat tergantung pada tipe kayu yang dipakai. Dan meskipun kayu solid lebih disukai hama, namun kerusakan cenderung lebih mudah diatasi pada dek ini.

Mana yang Sebaiknya Dipilih?

CS Lem Kayu

Di antara decking kayu, plastik, dan komposit, manakah yang paling baik? Berikut ini 3 pertimbangan yang bisa Anda gunakan.

Kenyamanan

memilih lantai decking kayuTampilan indah natural akan bisa Anda nikmati pada decking berbahan kayu. Demikian juga kenyamanannya. Saat cuaca sangat panas, lantai berbahan plastik dan komposit akan ikut panas dengan cepat. Kita bahkan akan kesulitan berjalan tanpa alas kaki pada kondisi tersebut. Hal ini tak perlu dirisaukan bila kita menggunakan wooden solid decking.

Hama dan Cara Mengatasinya

Serangan hama paling riskan terjadi pada lantai decking berbahan kayu solid. Namun hal ini bisa dicegah dengan pengawetan kayu sebelum dikerjakan menjadi lantai decking. Selain itu, sebagaimana disebut di atas, kerusakan pada lantai kayu juga jauh lebih mudah diatasi. Kita bisa mengatasi lantai kayu yang diserang jamur dengan pengamplasan dan finishing ulang. Tapi solusi ini tak bisa diterapkan pada decking plastik serta komposit.

Harga dan Usia Pakai

Secara umum, benar bahwa antara decking kayu, plastik, dan komposit tidak bisa disamakan harganya. Deck kayu biasanya lebih mahal. Namun, harga tersebut sangat setimpal dengan usia pakai produk yang jauh lebih awet.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here