Dari Dovel hingga Finger Joint, Lem Kayu Konstruksi Ini Bisa Diandalkan

0
504
Lem Kayu Konstruksi

Memilih lem kayu konstruksi yang baik bukanlah persoalan sepele. Selain memang harus melakukan seleksi ketat, apa yang akan dipilih tersebut juga menentukan mutu produk secara umum.

Lem Kayu KonstruksiProses pengolahan kayu meliputi berbagai tahapan yang tak bisa disebut sederhana. Untuk membuat kayu sebagai bahan berbagai furniture –misalnya- tentu tak bisa dilakukan dengan mudah. Selain harus dipotong, kayu juga harus disambungkan satu sama lain.

Cara penyambungan sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pemakuan atau penggunaan skrup adalah dua contoh cara yang banyak diterapkan. Namun cara ini memiliki kelemahan. Penggunaan bahan-bahan metal tersebut akan menampakkan bahan non kayu yang bagi sebagian orang dinilai mengurangi estetika produk. Oleh sebab itulah, seringkali digunakan bahan non metal terutama untuk penyambungan pada wilayah yang terlihat. Bahan non metal tersebut biasanya berupa adhesive atau lem.

CS Lem Kayu

Penggunaan lem kayu tentu tidak bisa dilakukan begitu saja. Bahan ini umumnya diterapkan sebagai pendukung untuk berbagai tipe wood joint. Misalnya saja tipe sambungan finger joint, dovel, dan lainnya. Bahan perekat akan membantu memantapkan posisi antar dua kayu yang disambungkan. Selain membuatnya lebih kokoh, bahan perekat juga akan menghindarkan kita dari suara berdecit akibat posisi sambungan yang tidak stabil.

Kriteria Lem Kayu Konstruksi yang Baik

Seperti apakah lem untuk konstruksi kayu yang baik? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita bisa mengupayakan berbagai kriteria seperti daya rekat hingga kemampuan lem mempertahankan kualitasnya.

Produk adhesive yang kami sarankan untuk keperluan ini adalah Crossbond X3. Kriteria yang membuat Crossbond unggul sebagai lem konstruksi adalah:

Daya Rekat Baik

Crossbond X3 didesain dengan modifikasi inner cross linking sehingga mampu menciptakan ikatan ekstra kuat.

Tahan Lama

Lem ini memiliki ketahanan sangat baik pada solvent, kelembaban, hingga panas. Crossbond X3 diformulasikan untuk kebutuhan indoor dan akan mempertahankan kualitasnya dalam waktu sangat lama.

Tak Berbau dan Meninggalkan Warna pada Garis Lem

Lem kayu konstruksi Crossbond tidak akan menimbulkan warna pada garis lemnya. Sehingga estetika produk tak akan rusak. Crossbond juga tidak akan menimbulkan bau menyengat sebagaimana lem kebanyakan.

Lem Kayu KonstruksiCara Aplikasi Mudah

Berbahan dasar PVAc, Crosbsond sangat mudah diterapkan. Pada dasarnya, Anda hanya perlu mengoleskan bahan ini pada dua sisi media yang dilem dan menunggunya dengan kering (dengan clamp press).

Aman

Crossbond didesain untuk kebutuhan indoor yang aman dan ramah lingkungan. Adhesive ini tidak hanya menggunakan bahan-bahan non toksik dalam pembuatannya.

Terjangkau

Keunggulan lain yang tak bisa ditampik dari lem kayu konstruksi Crossbond X3 adalah harganya. Produk adhesive ini bisa Anda peroleh dengan harga murah. Untuk kemasan 250 gram, dapatkan Crossbond X3 dengan harga Rp. 45.000,-. Untuk pembelian yang lebih hemat, pilih kemasan 4 kg dengan harga Rp. 165.000,- (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here