Lem Kayu Super Kuat untuk Siku? Apa ya?

0
1661
mortise dan tenon

Apa lem kayu super kuat untuk siku? Apa kelebihannya dan berapa harga lem tersebut?

Pada berbagai produk kayu, bentuk sudut atau siku hampir selalu ditemukan. Bentuk seperti ini biasanya diterapkan pada dua komponen yang memiliki fungsi berlainan. Misalnya sudut siku yang terjadi antara kaki meja dengan permukaan meja. Pertemuan keduanya membentuk siku dan menandakan titik sambungan antara dua komponen peranannya berlainan.

Untuk sudut seperti ini, beberapa wood joint bisa dipilih. Misalnya:

Butt Joint

Butt joint adalah tipe sambungan kayu paling sederhana. Sambungan ini hanya dilakukan dengan cara menyambungkan dua kayu pada kedua ujungnya. Tidak diaplikasikan bentuk khusus pada kedua kayu yang disambungkan tersebut. Biasanya, akan diaplikasikan paku serta lem pada butt joint.

Dowel

dowelSambungan dowel adalah sambungan yang memanfaatkan kinerja ala paku. Kayu sebagai dowel kecil akan menyatukan dua kayu membentuk sudut atau siku. Dowel sebelumnya sudah dilem dan tiap kayu dilubangi masing-masing. Dengan demikian, kedua kayu akan tersatukan.

Lap Joint

Lap joint dibuat dengan memotong setengah tebal kayu yang akan disambungkan. Penyambungan kemudian dilakukan pada bagian kayu yang sudah dipotong setengah tersebut. Tipe sambungan ini tergolong sederhana namun masih lebih kompleks sekaligus kuat dibanding sambungan butt atau butt joint.

Mortise dan Tenon

mortise dan tenonTipe sambungan ini dilakukan dengan membuat lubang dan kayu yang menjorok untuk mengisi celah lubang tersebut. Dengan demikian terdapat struktur mengunci yang membuat sambungan ini kuat.

Mitter Joint

Sambungan mitter atau mitter joint dibuat dengan cara memotong dua kayu yang akan disambungkan secara miring sekaligus simetris satu sama lain. Keduanya juga dibuat berlubang di tengah yang kemudian bisa ditambahkan dengan kayu lain menggunakan lem sehingga sambungannya makin kuat.

miterDari berbagai varian sambungan di atas, pada dasarnya yang penting adalah menerapkan pengukuran yang tepat. Apalagi untuk tipe joinery yang memanfaatkan desain mengunci untuk membentuk sudut. Faktor kedua, Anda harus mengelemnya dengan lem berkualitas yang memiliki kekuatan baik untuk sambungan siku. Kualitas “baik” saja bahkan tidak cukup. Daya rekat terbaik atau super kuat sebaiknya Anda usahakan mengingat bagian siku yang memang menanggung beban berat.

Dibutuhkan Lem Kayu Super Kuat untuk Siku

Lantas apa lem untuk sambungan siku kayu yang bagus? Saran dari kami adalah Crossbond X3. Sebagai lem PVAc lem ini cocok digunakan untuk berbagai wood joinery. Crossbond X3 juga sangat aman digunakan karena bebas timbal serta formalin. Dan yang jelas, kami merekomendasikan lem ini karena harganya yang terjangkau.

harga Lem Kayu crossbond x3

Tahukah Anda dengan berbagai feature menariknya, harga lem kayu super kuat untuk siku ini hanya Rp. 45.000,- saja? Murah sekali bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here