Mau Buat Meja Kerja Murah? Baca Di sini

0
826
meja staff

Anda sedang mencari informasi mengenai meja kerja? Penasaran harga meja kantor ini? Ingin membandingkan meja kantor IKEA atau produk-produk Olympic? Lemkayu.net punya bahasan khusus mengenai meja tersebut yanga akan berguna untuk Anda. Namun sebelumnya, yuk bahas dulu pengertian dan jenis meja tersebut.

Pengertian Meja untuk Kerja

Meja untuk kerja sering juga disebut meja kantor. Jadi, secara kasar, meja seperti ini bisa didefinisikan sebagai meja yang diperlukan untuk kebutuhan kerja. Apakah bentuknya spesifik? Kalau Anda perhatikan dengan cermat, meja ini memang punya bentuk spesifik. Seperti meja makan yang didesain untuk makan, meja untuk kerja pun didesain untuk mendukung aktivitas bekerja. Makanya, elemen-elemen meja dibuat secara sangat spesial. Misalnya, tinggi meja yang disesuaikan untuk orang yang duduk menggunakan komputer, sampai sifat meja yang mudah dipindah dengan roda di bawahnya.

Tapi, meski punya ciri umum yang sama, meja untuk kerja ternyata juga bisa dibedakan menjadi beberapa macam, lho. Penasaran apa saja tipe atau jenis meja kantor? Ini dia beberapa di antaranya.

4 Jenis Meja Kerja

Meja Resepsionis

CS Lem Kayu

Kita mulai dari bagian depan sebuah kantor. Ketika masuk di bagian lobby, Anda akan disambut oleh resepsionis. Nah, para resepsionis ini punya meja khusus yang biasanya tinggi dan mirip meja kasir. Meja ini biasanya juga didesain khusus dengan logo atau nama perusahaan. Inilah yang dinamakan dengan meja resepsionis. Sebagaimana meja kantor yang lain, meja ini dipakai staff untuk bekerja, khususnya sebagai penyambut tamu yang datang.

meja resepsionis

Meja Staff

Tipe meja kerja kedua adalah meja staff atau meja karyawan. Jenis meja ini adalah yang paling banyak ditemukan di kantor. Meja didesain dengan beragam model. Ada yang didesain sebagai meja tunggal, tapi tak jarang pula yang didesain untuk beberapa orang. Malah ada juga yang didesain khusus sehingga membentuk kotak dengan box untuk ruang pribadi karyawan.

meja karyawan

Meja Direktur

Meja kantor berikutnya ini  sebenarnya serupa dengan meja karyawan. Hanya saja, bila meja karyawan punya desain dan model yang beragam dari aspek jumlah pemakai, tidak demikian dengan meja direktur. Pada meja direktur, biasanya desainnya dibuat khusus untuk pemakai tunggal. Jadi hanya untuk satu orang saja.

meja kerja (2)

Meja Rapat

Di nomor empat, kita punya meeting table. Tiap perusahaan biasanya punya meja rapat. Meja rapat dibuat sangat khusus dan berbeda dengan meja karyawan atau meja direktur. Sekilas melihatnya, Anda pasti sudah bisa mengidentifikasi meja ini. Bagian permukaan yang luas adalah ciri kuat meeting table. Ini sesuai dengan kegunaan meja rapat yang memang untuk rapat, di mana anggota rapat jelas tidak sedikit.

Berbagai Meja Tambahan lainnya

Selain keempat meja kerja di atas, sebetulnya masih banyak jenis office table yang lain. Tapi tentu saja tak bisa kita sebutkan satu per satu. Misalnya saja meja dapur yang biasa digunakan di dapur kantor, meja dispenser, meja TV, sampai meja display untuk menunjukkan produk di bagian lobby.

meja sudut kecil

Tips untuk Pengusaha Mebel: Agar Meja Kerja Lebih Bagus dan Murah

Bagi pelaku usaha furniture, bicara soal meja untuk kerja jelas bukan mengenai harga atau di mana tempat jual meja kantor tersebut. Tetapi, pembahasannya akan lebih mengarah mengenai proses produksi sampai marketingnya. Nah, khusus untuk proses produksi, lemkayu.net punya 3 rahasia penting yang bisa Anda andalkan agar meja kantor yang dibuat lebih disukai oleh pasar.

Simak langsung penjelasannya di bawah ini.

Aplikasikanlah Desain yang Disukai Pasar

Tips pertama ini adalah mengenai desain meja. Mengapa jadi yang pertama? Karena banyak sekali pengusaha mebel, terutama yang skala menengah dan kecil sering abai terhadap model dan desain yang diterapkan pada produk mereka. Padahal, faktor ini sangat penting, lho. Kalau tak percaya, Anda bisa survey mengenai jenis meja apa yang dicari orang. Banyak yang mengaitkan dengan desain minimalis dan modern. Dua desain ini memang sedang disukai pasar. Tapi jangan khawatir, membuat meja kerja minimalis dan modern sejatinya tidaklah sulit. Kalau Anda tertarik untuk belajar lebih dalam mengenai desain minimalisme, simak saja artikel di lemkayu.net mengenai tema tersebut.

Buatlah Meja yang Murah dengan Trik ini

Faktor kedua yang perlu diperhatikan adalah harga produk meja. Meja untuk kerja bukanlah meja untuk kebutuhan pribadi. Meja ini dipakai oleh perusahaan. Dan perusahaan jelas akan sangat “teliti” soal harga produk yang mereka beli. Akan lebih baik bila kita mampu menyediakan meja yang murah. Beberapa trik di bawah ini bisa Anda coba:

  1. Menggunakan kayu solid non unggulan yang sudah ditreatment. Jadi harga kayu murah, namun kualitasnya tetap baik.
  2. Menggunakan kayu olahan.
  3. Menggunakan semua bahan pendukung mulai dari cat sampai skrup yang harganya terjangkau.

Gunakan Selalu Lem Crossbond untuk Membuat Meja Kerja

Terakhir namun tak kalah penting, kami juga punya rekomendasi khusus terkait adhesive yang dipakai. Adhesive? Ya. Kalau Anda sudah lama bekerja di industri mebel, pastilah tahu bagaimana peran adhesive yang sangat penting. Di pikiran orang awam, adhesive mungkin hanya sekedar perekat. Tapi dalam industri mebel yang profesional, adhesive punya peran luar biasa. Tak hanya berpengaruh pada kekuatan produk, adhesive juga berpengaruh pada budget produksi. Bagaimana bisa?

Coba saja bayangkan, bila lem yang dipakai untuk membuat mebel tidak terlalu kuat daya rekatnya. Anda mungkin membelinya karena harganya yang terjangkau saja sehingga abai terhadap faktor kualitas. Nah, begitu digunakan, ternyata kekuatan lem sangat buruk. Akibatnya tak sekedar mebel jadi rapuh, kepercayaan pelanggan meja kerja Anda juga bisa terkorbankan, lho.

Nah, khusus untuk pembaca lemkayu.net, kami punya rekomendasi khusus untuk memilih lem yang tepat. Lem yang kami sarankan adalah Crossbond. Crossbond merupakan lem dengan bahan dasar PVAc atau Polyvinyl Acetate. Formulasi PVAc merupakan salah satu formulasi unggulan dalam dunia perekatan furniture. Tapi, yang menarik dari Crossbond bukan sekedar formulasi dasarnya saja. Lem ini dibuat khusus sehingga lebih unggul ketika digunakan untuk membuat meja kerja dibanding produk lem lain termasuk yang PVAc based (berbasis PVAc). Selain kualitasnya baik, lem ini juga akan membantu Anda menurunkan budget produksi.

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Varian Crossbond sendiri ada dua yang sama-sama bisa dipakai untuk membuat meja kantor:

  1. Crossbond X3 untuk meja dari kayu solid
  2. Crossbond X4 untuk meja dari kayu olahan plus veneer

Tips terakhir ini sekaligus mengakhiri pembahasan mengenai meja kerja. Intinya, untuk membuat meja seperti ini, buatlah yang desainnya modern dan disukai pasar. Selanjutnya, pastikan kualitas dan harganya sesuai dengan target pasar Anda. Semoga bermanfaat ya. Update terus lemkayu.net untuk berbagai informasi menarik seputar dunia mebel dan pengeleman.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here