All About Meja Stainless: Baca Lengkap Informasinya di Sini!

0
1380
meja stainless steel

Apa itu Meja Stainless?

Satu dari sekian jenis meja yang barangkali familiar di telinga kita adalah meja stainless. Ketika mendengar istilah meja itu sendiri, sering kita membayangkan meja yang berwarna keperakan. Bahannya biasanya terbuat dari logam atau campuran logam dengan kayu. Apa sebenarnya meja jenis ini?

Sebetulnya mudah saja untuk mengartikan apa itu meja yang stainless. Dari makna katanya, kita bisa menyatakan bahwa meja tersebut adalah meja yang tidak mudah bernoda atau “stainless”. Stainless berasal dari Bahasa Inggris yakni stain yang berarti noda dan less yang lebih sedikit. Meja ini memang dibuat khusus untuk kebutuhan tersebut. Nah, biasanya, bahan yang dipakai untuk membuat meja seperti ini adalah baja, tapi tentu saja sebuah baja khusus yang tidak mudah menyebabkan noda.

Baja untuk membuat produk stainless memiliki kandungan yang lebih tinggi pada beberapa zatnya. Selain itu, bahan seperti ini juga memiliki resistensi tersendiri terhadap korosi. Seperti yang kita tahu, bahan dari logam memang rentan berkarat. Logam memang tidak menyerap noda seperti kayu, tapi ia bisa menyebabkan karat. Stainless table, untungnya, dibuat secara khusus dengan ketahanan pada korosi atau karat yang baik. Chromium dan molybdenum adalah zat yang bertanggung jawab pada resistensi bahan tersebut terhadap pengkaratan.

Kapan Menggunakan Meja Stainless?

Tentu saja, karakter stainless tidak dimaksudkan tanpa tujuan apapun. Meja ini jelas merupakan sebuah inovasi untuk memenuhi kebutuhan yang tidak mampu dipenuhi meja-meja lain saat itu. Kebutuhan yang dimaksud tentu terkait dengan karakter ketahanan stainless steel terhadap:

  1. Noda
  2. Karat

Apa Guna atau Fungsi Meja Stainless?

meja stainless

Sampai hari ini meja stainless steel masih banyak digunakan. Secara umum, aneka produk meja ini digunakan untuk fungsi:

  1. Pembuatan meja makan untuk kebutuhan usaha. Misalnya untuk warung makan yang memang memerlukan jenis meja yang tidak mudah menyebabkan noda
  2. Pembuatan kitchen set terutama area yang mudah bernoda
  3. Pembuatan meja untuk personal. Dengan didesain lebih menarik, meja dari bahan ini juga bisa dibuat untuk memenuhi keperluan dengan tingkat estetika yang tinggi.

Berapa Harga Meja ini?

Harga produk ini sangat bervariasi. Tapi karena memiliki nilai unggul dari segi tidak mudah bernoda dan tidak berkarat, meja menjadi lebih mahal dibanding meja non stainless. Variatifnya harga esame meja ini sendiri dipengaruhi faktor yang lain, misalnya:

  1. Bahan yang digunakan untuk membuat meja
  2. Desain meja (dari segi daya tarik)
  3. Tingkat stainless-nya
  4. Brand atau merk dari meja
  5. Lokasi penjualan meja
  6. Waktu pembelian
  7. Model yang diterapkan

Di Mana Tempat Jual Meja Stainless Steel?

Ada banyak toko mebel yang menghadirkan meja seperti ini. Misalnya saja toko mebel yang ada di sekitar tempat tinggal Anda, toko mebel besar seperti IKEA, dan berbagai tempat jual yang lain. Selain itu, Anda juga bisa mengecek beragam produk stainless steel table di online shop. Sekarang, dengan makin meningkatnya transaksi secara online, orang mulai melakukan jual beli produk pada hampir semua barang yang memang bisa dijual. Salah satunya adalah meja seperti ini. Pembelian secara online sendiri punya plus minus dari sudut pembeli. Misalnya, meski menyediakan berbagai opsi, akan tetapi kita tidak bisa melihat produk tersebut secara langsung. Jadi kita harus ekstra hati-hati. Selain itu, ada kalanya harga produk melonjak tajam gara-gara ongkos kirim yang memang mahal.

meja stainless (2)

Meja Stainless yang Non Stainless Steel?

Meja dengan karakter stainless hampir selalu diasosiasikan dengan meja dari bahan baja berkandungan kromium tinggi. Akan tetapi, bila makna stainless diperlebar, sejatinya segala jenis meja yang tak mudah bernoda juga termasuk meja ini. Misalnya saja dengan memperhatikan inovasi bahan finishing belakangan ini.

Dewasa ini, telah banyak dihasilkan cat yang tidak mudah bernoda. Jadi secara tidak langsung, aplikasi berbagai cat tersebut pun akan membantu Anda untuk menghasilkan meja yang “stainless”. Beberapa cat tersebut juga didesain untuk kayu maupun besi. Jadi, Anda bisa memiliki tampilan produk yang jauh lebih menarik.

Membuat Meja Stainless yang Bagus

Apapun pilihan Anda untuk membuat meja ini, salah satu kombinasi yang umum diaplikasikan adalah pemakaian stainless steel bersama kayu. Mengapa bersama kayu? Mengapa tidak 100% stainless steel atau kombinasi stainless steel dengan bahan lain?

Jawabannya sederhana saja. Pemakaian kayu akan membuat meja terlihat lebih menarik. Bayangkanlah keindahan alami kayu yang berpadu dengan warna perak stainless yang dingin. Kedua kesan tersebut sejatinya bersifat kontras, tetapi justru bisa menyeimbangkan satu sama lain.

Apalagi selama ini meja dari bahan stainless steel sering dipandang kurang menarik. Warna perak dari baja dalam beberapa hal dianggap dingin dan kurang cocok untuk suasana makan. Padahal meja dari bahan stainless steel seringkali dipakai untuk usaha tempat makan.

Kayu sendiri biasanya digunakan pada bagian rangka bawah. Sedangkan baja stainless dipakai di bagian permukaan meja atau kabinet dapur. Harapannya, bagian permukaan produk tersebut senantiasa stainless. Namun kehadiran meja di bagian bawahnya bisa membuat meja terlihat lebih hangat dan menarik.

Apa Lem yang Bagus Untuk Membuat Meja Stainless kayu?

Bagian meja dengan karakter stainless yang tidak terbuat dari steel atau baja, sering dipertanyakan mengenai kekuatannya. Apakah bagian kayu tersebut cocok dan kuat untuk menopang baja? Bila meja bagian dari kayu tidak lebih kokoh, bukankah hal itu sebuah kerugian tersendiri? Apalagi di mata pengusaha mebel yang menjual produk ini. Artinya, memang diperlukan kiat khusus supaya meja kayu stainless pun bisa hadir sama kokohnya dengan meja baja 100% stainless.

Beberapa usaha sebenarnya bisa saja dilakukan. Selain mengaplikasikan struktur yang baik yang bisa menahan beban, kita juga bisa mengandalkan adhesive yang kokoh. Adhesive sebagai bahan yang berperan untuk menguatkan struktur harus hadir dengan kualitas dan daya rekat terbaiknya.

Pertanyaannya, apa adhesive yang dijual di pasaran yang bisa diandalkan? Sejatinya ada banyak pilihan yang bisa kita pakai. Tetapi, bagaimana dengan kualitasnya?

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Satu dari sedikit lem kayu yang bisa digunakan untuk menyambungkan struktur meja agar kuat adalah Crossbond X3. Lem ini unggul karena formulasinya memang sangat baik. Selain didesain dengan PVAc, Crossbond X3 juga hadir dengan inner cross linker modifier. Sangat menarik, bukan? Jadi kehadiran lem ini akan membantu Anda mewujudkan meja stainless kayu yang tak kalah kokohnya dibanding meja dari bahan baja.

Nah, sampai di sini dulu ya pembahasan mengenai meja stainless steel. Meja ini memang sangat menarik. Akan tetapi dalam pembuatannya tetap dibutuhkan perekat yang berkualitas.

Semoga bermanfaat. Terus update informasi menarik seputar dunia mebel dan perekatan lainnya di lemkayu.net.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here