Membuat Meja Direktur Jadi Mudah dengan Crossbond X3

0
1458
meja direktur

Proses pembuatan meja direktur sebenarnya tidak begitu sulit. Selain itu, ada beberapa varian desain sederhana yang bisa kita terapkan. Penasaran bagaimana caranya? Bersama Crossbond X3, berikut ini tips membuat meja direktur.

Apa itu Meja Direktur?

Secara umum, meja kantor bisa dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah meja untuk karyawan, dan yang kedua adalah meja untuk executive (executive table). Yang terakhir ini, dalam Bahasa Indonesia sering disebut sebagai meja direktur. Meja tersebut digunakan oleh pekerja di kantor pada jabatan yang lebih tinggi. Karenanya, meskipun kadang sama dengan meja karyawan, akan tetapi terdapat perbedaan di sana-sini. Contoh, pada karyawan, meja kantor bisa hadir sebagai meja tunggal atau meja bersama. Kadang, meja karyawan juga dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk blok dengan 4 pengguna. Meja untuk direktur atau pejabat atas tidak akan pernah didesain seperti ini. Sebab, meja-meja tersebut biasanya dilokasikan di tempat yang terpisah dalam satu ruangan.

Bila dirinci berikut ini ciri executive table, sekaligus yang membedakannya dengan meja untuk staff.

  1. Biasanya memiliki desain yang lebih menarik dibanding meja staff
  2. Memiliki komponen seperti laci dan rak. Meja staff seringkali juga memiliki komponen tersebut, tetapi kadang ada yang didesain tanpa komponen-komponen itu.
  3. Memiliki bagian depan dan belakang. Bagian depan biasanya tertutup. Pada meja staff, meja juga memiliki bagian depan dan belakang, akan tetapi bagian depan meja tidak selalu tertutup.
  4. Selalu hadir sebagai meja tunggal, berbeda dengan meja karyawan yang hadir untuk penggunaan bersama.
  5. Secara umum, ukuran meja lebih besar dibanding meja untuk karyawan

Jadikan sebagai Peluang Usaha

Bagi kantor-kantor, pemakaian meja direktur adalah sesuatu yang dibutuhkan. Apalagi kantor yang sudah besar dan memiliki banyak karyawan dengan jenjang yang berbeda-beda. Akan tetapi, bagi pengusaha mebel, jelas kebutuhan akan meja eksekutif harus dilihat sebagai sesuatu yang lain, yakni sebagai sebuah peluang usaha.

Iklan Biothane Banner perkenalan CS Lem Kayu

furniture kantor

Sebagaimana yang kita tahu, Indonesia merupakan negara berkembang yang perekonomiannya sedang menggeliat meskipun kondisinya tidak selalu ideal. Indonesia memiliki SDM terjangkau dan SDA yang banyak yang menunggu untuk dimanfaatkan lebih lanjut. Karenanya, jangan heran apabila banyak kantor dan perusahaan yang tumbuh dan berkembang di sini.

Sebagai pelaku usaha, Anda bisa mencoba mengambil peruntungan dengan membuat meja direktur. Pasar Anda adalah pasar office furniture secara keseluruhan. Apalagi, tingkat persaingan mebel kantor belumlah seketat mebel untuk rumah tangga.

Contoh Model Meja Direktur yang Sederhana

Bagi Anda yang ingin membuat mebel seperti ini, tentu wajar bila bertanya-tanya mengenai tingkat kesulitannya. Apakah membuat meja kantor ini sulit? Apakah membutuhkan suatu keahlian khusus?

Sebetulnya, proses pembuatan meja untuk direktur dan office desk yang lain tidaklah begitu sulit. Namun memang tidak semudah pembuatan meja-meja yang kita kenal sehari-hari, seperti meja makan dan meja tamu. Pada meja untuk direktur, komponen meja jauh lebih banyak. Karenanya, strukturnya juga lebih rumit. Ia, bukan lagi sekedar papan permukaan, apron, dan kaki. Berikut ini contoh sketsa meja kantor. Untuk meja direktur, ukurannya seharusnya dibuat lebih besar.

rangka meja direktur

Bagaimana? Sebetulnya, penyambungan komponen tersebut sangat sederhana. Secara umum, mebel yang dibuat dengan sambungan kayu yang biasa kita kenal. Akan tetapi, jumlah komponennya memang begitu banyak.

Pada sketsa rangka meja di atas, sejatinya ada 3 bagian pokok yang perlu Anda buat terlebih dahulu. Ketiganya adalah bagian laci, bagian penutup samping laci, bagian meja tanpa laci, dan bagian permukaan meja. Pada bagian laci, ada rel laci yang dipasang di bagian dalam. Rel laci ini bisa Anda beli secara terpisah di toko bangunan. Pastikan kedalaman laci dan panjang rel laci ini seimbang. Selanjutnya, Anda tinggal membuat kotak laci untuk kemudian dipasang dalam laci tersebut.

Hal kedua yang perlu dicermati, setengah bagian meja direktur tersebut sebetulnya tidak berbeda dengan meja kebanyakan. Ada rangka apron dan kaki yang dibuat sebagaimana meja biasanya. Tetapi, ketika pada meja yang biasa, rangka tersebut dibuat utuh, pada pembuatan meja ini, rangka dibuat setengah, lalu disambungkan pada laci. Meja juga diberi beberapa elemen dekoratif. Misalnya saja, bagian atas meja yang ditambahkan dengan kayu melengkung yang bertujuan untuk membuatnya terlihat menarik.

Finishing Meja Direktur

Setelah pembuatan rangka di atas diselesaikan, hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah finishingnya. Aplikasi finishing untuk mebel kantor secara umum terbagi menjadi dua, yaitu finishing warna natural dan finishing warna solid pastel. Mana di antara finishing ini yang lebih disukai? Jawabannya tergantung pada kayu yang Anda gunakan dan permintaan konsumen. Terkait kayunya, sebaiknya gunakan kayu yang pola seratnya tak begitu bagus bila ingin aplikasi warna pastel. Sedangkan untuk warna natural, gunakan kayu yang seratnya bagus, seperti kayu mahoni dan jati.

Lem Rekomendasi untuk Executive Table

crossbond x3

Cara pembuatan meja direktur di atas bisa dikatakan memang agak rumit. Apalagi kalau Anda belum terbiasa membuat meja dan berbagai produk furniture yang lain. Namun bukan berarti, meja tersebut tak bisa dibuat. Pastikan Anda membuatnya dengan teliti dan jangan lupa untuk menggunakan Crossbond X3 untuk menyambungkan komponen meja tersebut. Kami tidak merekomendasikan pemakaian lem lainnya karena kualitasnya belum tentu terjamin dan sebaik Crossbond X3. Pilihan pada Crossbond X3 sendiri dijatuhkan karena lem ini:

  1. Memiliki daya rekat yang kuat, dengan inner cross linker dan formula dasar PVAc (Polyvinyl Acetate) water based
  2. Tahan lama (ikatan lem stabil)
  3. Tidak mudah rusak ikatannya oleh paparan kelembaban dan panas
  4. Mudah digunakan bahkan oleh orang awam sekalipun. Crossbond X3 juga bisa dipakai dalam produksi mebel dengan mesin canggih.
  5. Kecepatan kering lem yang sangat ideal sehingga proses produksi menjadi lancar
  6. Hemat, solid content tinggi dan daya sebar lem luas
  7. Harga lem yang murah dengan kualitas produk terjamin (Rp. 45.000,-)
  8. Eco friendly (aman dan ramah lingkungan)
  9. Tidak menyebabkan glue line dan lapisan film lem juga tidak tebal

meja direktur 2

Lem ini akan membantu Anda mewujudkan meja direktur dengan kualitas yang baik. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera buat meja tersebut menggunakan adhesive andalan, Crossbond X3. Untuk pemesanannya sendiri, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Hubungi CS
  2. Konsultasikan kebutuhan Anda
  3. Kirim format pemesanan dengan rincian nama, produk, jumlah produk, dan alamat pengiriman
  4. Tunggu invoice dari CS
  5. Lakukan pembayaran dan konfirmasikan pada CS
  6. Tunggu nomor resi dari CS

Mudah, bukan? Pesan Crossbond dan jadikan meja direktur yang Anda buat berkualitas dan tahan lama.

Iklan Biothane utama CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here