Cara Menyambung Kayu untuk Meja Jadi Mudah Berkat Crossbond X3

0
5484

Ada beragam cara menyambung kayu untuk meja dan berbagai furniture lainya. Crossbond X3 akan senantiasa membantu Anda menghasilkan kualitas sambungan terbaik yang kokoh dan tahan lama.


Beragam tipe sambungan kayu atau dalam bahasa Inggris disebut wood joint tersedia untuk digunakan pada berbagai kesempatan, tak terkecuali saat Anda hendak membuat meja. Ada beberapa jenis sambungan kayu dan fungsinya yang dapat diaplikasikan untuk tipe mebel ini. Misalnya saja:

1. Dowel

Dowel dapat diaplikasikan untuk menyambung bagian sisi dan kaki meja. Dowel merupakan silinder kayu kecil yang penggunaannya dengan cara dimasukkan dalam lubang komponen-komponen meja. Setelah diolesi lem, dowel dimasukkan pada dua lubang kayu yang hendak direkatkan.

2. Sambungan Temu

CS Lem Kayu

Sambungan temu barangkali memang sambungan paling sederhana. Namun tipe sambungan ini sangat sering digunakan pada meja. Hanya saja, untuk memperkuat sambungan temu, selain diperlukan perekat seperti lem, pemakuan juga sangat disarankan.

3. Finger Joint

Aplikasi finger joint bukan hanya dapat digunakan untuk membuat kotak. Sisi-sisi meja pun bisa disambungkan dengan tipe wood joint ini.

4. Lap Joint

Lap joint memberikan kekuatan yang lebih dibanding sambungan temu. Lap joint juga lebih menarik karena garis sambungannya tak langsung terlihat dari luar.

Tentu saja selain keempat tipe sambungan di atas, masih banyak wood joinery lain yang dapat digunakan untuk membuat meja. Hanya saja, selain persoalan tipe sambungan, jangan lupakan persoalan adhesive yang harus digunakan.

Cara Menyambung Kayu untuk Meja: Adhesive Harus Tepat

Mengapa adhesive? Seperti yang sudah sering kami bahas, adhesive adalah komponen pendukung utama berbagai sambungan kayu. “Terikatnya” sambungan kayu tidak hanya bisa mengandalkan desainnya yang saling mengunci. Apalagi untuk sambungan seperti lap joint dan butt joint (sambungan temu). Pada berbagai sambungan tersebut, diperlukan adhesive berkualits tinggi.

lem putih crossbond x3

Di lemkayu.net, kami menyediakan Crossbond X3 yang senantiasa dapat Anda gunakan. Crossbond X3 merupakan PVAc water based glue yang sangat kuat dan tahan lama. Lem ini aman, tak berbau, mudah dipakai, dan harganya terjangkau.

Untuk menggunakan Crossbond X3, cara aplikasinya pun mudah-mudah saja.
1. Siapkan kayu yang akan disambungkan. Pastikan permukaannya bersih dan tidak basah.
2. Oleskan lem Crossbond X3.
3. Rekatkan.
4. Gunakan clamp.

Tak sulit bukan? Cara menyambung kayu untuk meja akan jauh lebih mudah dilakukan bila Anda memanfaatkan adhesive ini.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here