Cara Membuat Meja Sekolah dengan Crossbond X3

0
2192
meja kursi sekolah

Digunakan oleh siswa di sekolah yang jumlahnya tak bisa dihitung, meja sekolah merupakan produk yang bisa dijadikan peluang usaha. Tapi tentu saja kita harus bisa memberikan yang terbaik karena mebel ini akan dipakai generasi mendatang untuk belajar. Usahakan untuk membaut meja dengan kualitas terbaik. Salah satunya dengan memanfaatkan lem kayu terbaik, Crossbond X3!

Apa itu Meja Sekolah

School table atau school desk tentunya bukan produk meja yang asing bagi kita. Hampir semua orang mengenalnya karena pernah mengalami masa-masa sekolah yang ruangan kelasnya penuh dengan furniture ini. Meja seperti ini memiliki fungsi spesifik untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Karenanya, banyak komponennya yang dibuat spesifik sesuai kebutuhan tersebut. Apalagi seiring dengan berlajannya waktu di mana banyak inovasi furniture sudah dilakukan.
Contohnya saja zaman dulu, di mana banyak meja untuk sekolah yang hanya berupa meja standar dengan bagian papan, apron, dan kaki.

Tapi kini? Banyak meja yang dibuat makin spesifik. Misal dengan keberadaan laci yang bisa dipakai siswa untuk menaruh tas. Bentuk lacinya juga beragam. Bila dulu laci berupa kolong, kini laci biasanya berupa bagian bawah papan yang untuk membukanya harus mengangkat papan tersebut. Inovasi-inovasi ini tak lain dan tak bukan memang disesuaikan dengan kebutuhan dunia pendidikan.

Berapa Harga Produk ini dan Apa Saja Merk-nya?

Harga produk ini sangat beragam, tergantung pada banyak faktor. Misalnya saja:

1. Bahan yang dipakai. Bahan kayu solid, apalagi dari kayu kelas 1 seperti jati jelas lebih mahal dibanding bahan lainnya.
2. Merk meja sekolah
3. Jumlah yang dibeli. Banyak penjual menawarkan harga lebih murah bila Anda membeli dalam jumlah yang besar
4. Tempat pembelian meja
5. Desain dan model yang diterapkan pada meja. Biasanya, model dan desain yang terbaru lebih mahal dibanding model dan desain meja siswa yang sudah lama dan outdate.

Tips Membeli Meja Sekolah

meja kursi sekolah (2)

Di antara para pembaca, pasti ada yang mencari informasi mengenai meja ini karena ingin membelinya. Kata kunci meja untuk sekolah sendiri begitu banyak mengacu pada tempat jual meja tersebut baik secara langsung ataupun online. Yang jelas, kebutuhan meja seperti ini memang tinggi. Nah, agar tidak salah membeli produk, pertimbangkanlah hal-hal krusial di bawah ini:

1. Jangan terpaku pada model yang konvensional. Saat ini sudah banyak model meja murid yang bagus dan berkualitas.
2. Perhatikan bahan yang dipakai untuk membuat meja sekolah. Secara umum, mayoritas bahan meja seperti ini adalah kayu, baik itu kayu olahan ataupun kayu solid. Yang berbahan kayu solid biasanya lebih mahal tapi lebih awet. Sedangkan yang berbahan kayu olahan umumnya lebih murah tapi kurang awet dibanding yang solid. Mana yang sebaiknya dipilih? Tergantung budget dan kebutuhan Anda.
3. Pastikan meja aman digunakan. Perhatikan bentuk meja (hindari bila ada bagian yang runcing atau mudah pecah) sampai bahan finishing yang digunakan. Agar aman, carilah meja yang eco friendly atau ramah lingkungan.
4. Perhatikan komponen yang terdapat pada meja tersebut. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum? Misalnya, beberapa meja dilengkapi dengan laci. Ada pula yang bahkan terintegrasi langsung dengan tempat duduknya. Anda perlu mempertimbangkan hal ini supaya bisa mendapat produk paling tepat dari yang dijual di pasaran.
5. Estetika meja. Untuk anak-anak terutama yang masih di PAUD atau TK dan SD jenjang awal, sebetulnya penting bagi kita untuk bisa membangun suasana atmosfer belajar yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menghadirkan meja siswa yang penuh warna dan menarik. Jadi jangan selalu membeli meja dengan warna monoton (coklat natural) terus-menerus.

Meja Sekolah sebagai Peluang Usaha

Dipakai di hampir seluruh institusi pendidikan, mulai dari sekolah biasa sampai sekolah alam, keberadaan meja seperti ini sebetulnya bisa dijadikan peluang usaha. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan produk yang lebih murah, lebih berkualitas, sampai yang lebih inovatif. Yang jelas, bila Anda ingin produk yang Anda buat lebih dikenal, tentu harus ada nilai jual yang menonjol. Misalnya saja, bila target pasar Anda adalah sekolah TK, ada baiknya menyediakan meja yang memiliki tampilan menarik sekaligus edukatif. Anda pun bisa memasarkan produk tersebut di berbagai lembaga pendidikan dengan menonjolkan sisi menarik produk tersebut.

meja sekolah

Cara Membuat Meja Sekolah

Tapi bagaimana caranya membuat meja ini? Seperti dijelaskan di atas, meja ini hadir dengan berbagai model dan desain yang sangat menarik. Sebelum Anda membuatnya, tentukan dulu jenis meja yang ingin dibuat. Contohnya:

1. Meja besar yang dipakai untuk kerja kelompok atau bersama siswa. Biasanya meja seperti ini banyak dipakai di pelajaran kesenian, PAUD, hingga sekolah TK. Meja juga biasanya dibuat rendah menyesuaikan dengan tinggi badan para pengguanya. Aplikasi finishing warna-warni kerap diterapkan agar meja lebih menarik bagi si kecil.
2. Meja siswa konvensional yang merupakan meja biasa terdiri atas papan, apron, dan kaki.
3. Meja sekolah dengan laci berupa kolong yang bisa diakses di sisi siswa.
4. Meja siswa di mana laci diakses dengan mengangkat papan meja.
5. Meja panjang, yang biasanya dipakai untuk ruangan tertentu seperti ruang seminar hingga laboratorium bahasa.
6. Meja praktikum, yang mirip meja nomor 2 hanya saja lebih luas.
7. Meja siswa yang terintegrasi langsung dengan kursi. Meski masih jarang, sudah banyak bimbingan belajar dan universitas yang memakai model meja dan kursi seperti ini.

Pilihlah salah satu jenis meja di atas dan sesuaikan dengan target pasar Anda. Cara membuat meja dan kursi sendiri, jelas tergantung pada model yang Anda ingin buat. Yang paling mudah adalah meja nomor 1 dan 2. Sebab, meja berbentuk standar tanpa tambahan kolom atau laci sama sekali. Yang agak sulit adalah meja nomor 3 dan 4. Sedangkan yang paling tricky adalah meja sekolah nomor 5. Sebab ada sambungan dengan kursi.

Bahan untuk Membuat Meja

Bagi yang ingin membuat meja sekolah sebagai kegiatan usaha, Anda juga harus memperhatikan bahan yang dipakai. Di atas, telah kami singgung mengenai perbedaan kualitas dan harga meja sekolah berdasarkan bahan kayu solid dengan bahan kayu olahan. Pilihlah satu material yang tepat berdasarkan karakter target pasar Anda. Dengan demikian, produk Anda bisa lebih mudah diterima sesuai budget para pembeli.

Saran kami, bila Anda masih awam, cobalah membuat dulu meja nomor 1 hingga 4. Pembuatan meja nomor 1 dan 2 terutama, amat mudah dilakukan. Sebab, proses pengerjaannya tak berbeda dengan meja lainnya, hanya dimodifikasi ukuran serta tingginya.

Nah, itulah sedikit ulasan yang bisa kami bagikan mengenai meja sekolah. Meja yang bisa dijadikan produk usaha ini ternyata tak sulit untuk dijual. Menjaga kualitasnya pun mudah asalkan kita memanfaatkan Crossbond X3 sebagai perekatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here