Mau Beli Meja? Pertimbangkanlah Meja Sudut!

0
1357
meja sudut

Corner table atau meja sudut adalah salah satu jenis meja yang sejatinya menawarkan banyak manfaat. Sayang, di antara kita jarang yang mempertimbangkan mebel ini ketika hendak berbelanja furniture.

Mau Beli Mebel? Apa yang Anda Perhatikan?

Tatkala Anda berjalan masuk ke sebuah toko mebel, jenis mebel apa yang ada di bayangan Anda? Katakanlah Anda hendak mencari meja dan kursi makan. Apakah Anda sudah punya bayangan mengenai meja yang hendak dibeli? Umumnya, kebanyakan di antara kita memiliki gambaran seperti apa meja dan kursi tersebut. Beberapa hal yang kerap jadi pertimbangan antara lain:

Baca Juga : bagaimana cara membuat vas bunga kayu yang minimalis?

  1. Warna dan tampilan visual meja terkait keindahannya
  2. Aspek fungsionalitas meja. Misalnya, karena yang dicari adalah meja makan, mau tak mau meja tersebut harus cukup tinggi, bukan pendek seperti meja kopi.
  3. Harga meja
  4. Material yang digunakan untuk membuat meja tersebut. Anda mungkin familiar dengan pertanyaan orang yang menanyakan mengenai apakah sebuah mebel terbuat dari jati atau tidak? Bahan memang punya peran krusial terhadap keseluruhan kualitas meja. Tapi karena orang hanya mengenal sedikit tentang kualitas bahan, mereka pun mengasosiasikannya dengan jati yang dianggap sebagai material bagus untuk membuat meja.
  5. Style design atau gaya yang diterapkan pada meja. Style design furniture sendiri sangat beragam. Ada gaya minimalis, modern, kontemporer, sampai tradisional. Jenis gaya yang dipilih bisa didasarkan atas selera Anda atau dicocokka dengan interior ruangan
    Ukuran meja. Biasanya ukuran diperhatikan dengan membandingkannya pada ruangan di mana mebel tersebut akan diletakkan

meja sudut kecil

Meja Sudut yang Luput dari Pandangan

Dari penjelasan di atas, bisa kita katakan bahwa masyarakat sebetulnya sudah menaruh perhatian mengenai produk meja yang hendak mereka beli. Hanya saja, kriteria di atas sebetulnya tidak cukup. Ada beberapa kriteria krusial lain yang tak bisa diabaikan. Misalnya adalah bentuk meja dan rekomendasi penempatannya. Aspek ini sangat penting karena bagaimanapun juga, meja tersebut diletakkan di sebuah ruangan.

Menurut penempatannya sendiri, sebetulnya meja bisa dibagi menjadi 3. Salah satunya adalah corner table atau meja sudut. Tak sekedar diletakkan di pojok ruangan, meja ini juga punya ciri tersendiri. Salah satu ciri khas paling menonjol adalah bentuk segitiga di bagian belakang furniture tersebut atau bentuknya yang menyerupai huruf L. Jadi, ketika kebanyakan meja memiliki bentuk segi empat dan bundar, meja ini hadir dengan bentuk yang berciri khusus. Tentu saja tujuannya agar meja tersebut benar-benar sesuai diletakkan di pojok ruang.

Berbagai Kelebihan Menggunakan Meja Sudut

Ada beberapa kelebihan yang sebetulnya bisa Anda nikmati kala menggunakan corner table, antara lain:

  1. Memaksimalkan space yang ada. Space sudut yang biasanya tak terpakai kini dipercantik dengan meja sudut tersebut.
  2. Membantu Anda melengkapi mebel saat kondisi ruang tidak simetris.
  3. Bisa hadir menghias ruangan, terutama saat digunakan untuk meja hias

Bagaimana? Ternyata ada banyak bukan berbagai kelebihan meja ini? Tak sekedar namanya yang unik, struktur meja sudut pun dibuat unik. Dan keunikan ini didesain sedemikian rupa agar pemanfaatannya bisa dimaksimalkan. Tetapi tentu saja corner table juga memiliki kekurangan:

  1. Tidak cocok ditempatkan di ruangan yang space-nya masih luas.
  2. Space atau area yang kurang luas dan lengang sehingga kadangkala kurang nyaman digunakan dibanding meja non sudut.
  3. Bentuknya yang spesifik, sehingga ketika kita pindah rumah, belum tentu mebel tersebut bisa digunakan lagi dengan penempatan yang ideal.

Jenis Meja Sudut

Corner table adalah meja yang dibedakan menurut bentuknya. Dari aspek fungsionilitasnya sendiri, meja ini masih bisa dibagi lagi menjadi meja TV, meja antik, meja hiasan, sampai meja komputer. Di pasaran sendiri, corner table paling sering hadir sebagai:

Meja Hias

Meja hias merupakan meja yang digunakan untuk kebutuhan dekorasi. Meja ini biasanya berbentuk kecil dengan tinggi setara (atau sedikit lebih tinggi) dengan coffee table. Meja hias sering dipakai untuk meletakkan lampu dan vas bunga.

Meja Komputer

Banyak meja komputer yang didesain sebagai corner table. Bagian sudutnya meruncing sehingga cocok digunakan di ruangan yang sempit.

Meja Kantor

Meja kantor terutama meja staff juga sering dibuat dengan bentuk menyudut. Tak jarang, meja dibuat seperti huruf L dan diletakkan di pojok ruangan agar pengguna meja tersebut lebih banyak.

Meja Rias

Makeup table adalah meja yang digunakan untuk kebutuhan merias diri. Meja biasanya memiliki komponen tersendiri mulai dari cermin sampai papan meja untuk meletakkan alat makeup. Meja rias yang dibuat sebagai corner table seringkali berbentuk segitiga, bukan huruf L memanjang.

Meja Dapur

Berbagai meja di dapur juga sering dibuat sebagai meja sudut. Hal ini dilakukan terutama di dapur yang tak terlalu besar. Harapannya, space yang ada benar-benar bisa dimaksimalkan untuk mendukung kegiatan di dapur.

Harga Meja Sudut

Berapa harga corner table? Seperti dijelaskan sebelumnya, terdapat beragam jenis meja ini. Ada meja komputer, meja rias, hingga meja staff kantor. Harga corner table sendiri sangat dipengaruhi jenis atau fungsi meja terkait. Selain itu, harga meja juga seringkali dipengaruhi oleh kualitas yang lain, mulai dari bahan meja, desain yang diaplikasikan, sampai dengan ukurannya. Brand dan kelengkapan komponen meja juga acapkali mempengaruhi harga produk furniture tersebut.

Membuat Meja Sudut

Bagi pelaku usaha mebel, keberadaan meja dengan bentuk yang tak biasa seperti ini sejatinya bisa dijadikan referensi untuk membuat mebel baru. Anda bisa menyediakan meja tipe ini dengan target pasar anak-anak kost dan mereka yang tinggal di rumah yang sempit. Dengan space atau ruang yang tak luas, tentu meja dengan bentuk menyudut akan lebih mudah diterima.

Bagaimana dengan proses pembuatannya? Secara umum, membuat meja sudut bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Meja ini dapat dibuat sebagaimana meja biasanya. Bagian-bagainnya pun serupa yang terdiri atas apron, papan permukaan meja, serta kakinya. Hanya saja, keseluruhan bagian tersebut dimodifikasi untuk membuat meja yang bentuknya menyudut.

Gunakan Crossbond untuk Membuat Meja Sudut

Agar meja yang Anda buat kokoh, pastikan saja untuk menggunakan lem Crossbond. Crossbond merupakan PVAc water based glue. Lem ini terdiri atas dua varian, yang salah satunya cocok untuk pengeleman rangka, yakni Crossbond X3. Didesain untuk merekatkan berbagai sambungan kayu, Crossbond X3 unggul dalam hal:

  1. Daya rekat yang sangat kuat
  2. Mudah digunakan
  3. Tidak menyebabkan glue line
  4. Cepat kering
  5. Tidak mudah rusak terpapar air, solvent, ataupun panas
  6. Indoor adhesive yang eco friendly atau ramah lingkungan
  7. Hemat digunakan dengan harga murah dan solid content tinggi
  8. Cover area luas
  9. Medium viscosity (kekentalan medium)

Nah, sekian dulu artikel kali ini mengenai meja sudut atau corner table. Semoga bermanfaat ya. Terus ikuti update artikel kami di lemkayu.net dan gunakan Crossbond untuk membuat meja idaman Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here