Jenis-jenis Model Meja Makan dan Contoh Gambarnya!

0
1509
art nouveau

Pembaca lemkayu.net pasti tak asing dengan meja makan yang dibuat dengan style desain natural, minimalis, hingga tradisionalis. Tapi bagaimana dengan gaya bohemian? Arabian style? Jepang? Atau Art Nouveau? Masing bingung? Padahal aneka referensi style desain tersebut sangat menguntungkan untuk mendapatkan model meja makan yang tepat lho. Nah, daripada bingung, yuk segera simak penjelasan jenis-jenis style desain meja makan di bawah ini. Bagi para pelaku usaha di bidang mebel, informasi ini juga akan menguntungkan sebagai referensi produk yang bisa dibuat di kemudian hari.

Aneka Contoh Model Meja Makan dan Gambarnya!

Style desain di bawah ini sebetulnya mengacu pada style desain interior. Sehingga meja makan di bawah ini sebetulnya disesuaikan dengan style desain tersebut. Jadi, sebelum berburu dining table yang tepat, ada baiknya Anda tentukan dulu konsep dining room yang ingin dimiliki.

Art Moderne

Desain atau gaya art modern biasanya hadir dengan pemakaian pallet putih untuk temboknya. Bagian pintu dan jendela memiliki elemen arsitektur khusus seperti pemakaian sudut yang berukir. Bahan-bahan alami banyak digunakan baik itu bahan besi hingga kayu. Kunci utama desain ini sendiri adalah kesederhanaan. Untuk furniturenya, pilih yang memiliki kesan netral. Termasuk untuk meja makannya.

Art Nouveau

Desain art nouveau mengutamakan kesan-kesan estetik yang menonjolkan pada pemakaian garis-garis. Pintu dan jendela dibuat dengan sudut yang lembut seperti melingkar sehingga menciptakan kesan elegan yang kuat. Elemen umum lain yang biasa digunakan adalah pola bunga atau floral hingga lampu hias logam. Untuk meja makannya, pilih yang modelnya memiliki sudut membulat, glossy atau semi glossy, dan difinish dengan warna natural lembut.

kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini
Baca Juga:  Apa itu Lem Tembak?

Minimalis

Model meja makan minimalis adalah salah satu model paling terkenal yang ada hingga saat ini. Minimalisme menekankan pada efektivitas dan efisiensi. Tak ada yang tak berguna pada desain minimalis. Makanya, pada model dining table ini, tak akan ditemukan hiasan-hiasan tambahan yang tak punya fungsi. Justru keindahannya didapat dari efisiensinya tersebut.

Asian

Kebersihan, keseimbangan, dan kesederhanaan adalah 3 nilai yang nampak begitu menonjol pada gaya Asia (oriental). Gaya ini juga biasanya memadukan aksen natural yang menenangkan. Untuk mejanya, pilih meja dari kayu solid dengan cat non glossy. Sebaiknya, hindari pemakaian meja dengan carved, dan usahakan modelnya sederhana saja.

Beach House

Suka dengan suasana pantai yang menyenangkan? Bila iya, Anda bisa coba mengaplikasikan desain interior beach house, dengan model dining table yang tepat. Untuk gaya ini, pilihlah meja makan dengan aksen-aksen berbau laut dan pantai. Misalnya saja, meja dari kayu kelapa yang dicat dengan finishing natural transparent, pemakaian pasir pantai di bagian atas meja, hingga pemakaian kerang-kerang untuk menghias furniture tersebut.

Bohemian

Bohemian style adalah style menawan yang memadukan aksen organik, kesederhanaan, messy namun memikat, dan hangat. Bagi yang suka dengan kesan tersebut, pilihlah model meja makan yang juga mendukung. Pilih dining table dengan warna natural, warna cerah (misalnya dengan kayu pinus), hingga sedikit aksen tua atau vintage. Hindari memilih meja makan shiny dengan model modern atau bahkan futuristic.

Kontemporer

Desain kontemporer sebetulnya memiliki beberapa kesamaan dengan desain modern. Hanya saja, berbeda dengan desain modern, desain ini bersifat ekletik atau bercampur dengan desain lainnya. Beberapa elemen dari zaman klasik dipakai. Bagaimana dengan furniture termasuk meja makannya? Anda bisa memakai furniture modern yang berpadu dengan desain lain. Pilih juga yang memiliki sudut tajam sehingga meningkatkan kesan tegas pada gaya kontemporer tersebut.

Baca Juga:  Ketahui Sebelum Beli! Jenis-jenis Lantai Kayu Berdasarkan Finishing hingga Teksturnya

Modern

model modern

Model meja makan modern sejatinya tak begitu berbeda dengan model minimalis. Hanya saja, pada gaya modern, efisiensi dan efektivitas bukan menjadi fokus utama yang ditampilkan. Bila pada gaya minimalis warna yang digunakan cenderung netral bahkan monokromatik, pada gaya modern, warna-warna tajam seperti biru dan merah dipakai. Meja makan yang dipilih bisa tetap menyesuaikan dengan gaya minimalis tapi memakai warna yang tegas tersebut.

Mesir

Ruangan yang didesain dengan gaya Elizabeth, secara umum mampu menghasilkan atmosfer mewah. Pernak-pernik dari bahan metal seperti besi warna emas dipakai. Bahan linen juga digunakan di berbagai rfurniture-nya. Jadi model meja makan dengan gaya Mesir ini bisa dipilih dari gayanya yang mewah, dan komponen pembuatnya yang memadukan penggunaan logam untuk suasana mewah.

Elizabeth

Memasuki rumah atau ruangan yang didesain dengan gaya Elizabeth, akan ada kesan organik yang segera didapatkan. Sebab memang, gaya Elizabeth mengandalkan pemakaian bahan alami termasuk kayu untuk langit-langit dan kursi. Untuk meja makannya, pilih yang warnanya kaya.

Farmhouse

farm house

Farmhouse, sebagaimana namanya, merepresentasikan suasana peternakan yang hangat dan menyenangkan. Untuk furniture, termasuk meja makannya, bisa dipilih dari gaya yang tua dengan pemakaian pallet. Sedangkan warnanya bisa diterapkan warna-warna finishing whitewash hingga patina color.

Gothic

Model meja makan gothic juga bisa dipilih sebagai refrensi meja unik untuk digunakan. Gaya desain gothic menekankan pada kesan zaman pertengahan, suasana kastil, dan warna-warna dramatis. Maka, untuk mejanya, pilih juga yang mengesankan kesan-kesan tersebut. Pilih style Eropa zaman pertengahan dengan warna-warna khas seperti merah tua, ungu tua, hingga biru tua.

Natural atau Organic

Warna natural akan membantu Anda lebih rileks saat bersantap makanan. Bagi yang menginginkan ruangan dengan tema ini, pilihlah meja makan yang terbuat dari kayu natural. Hindari model yang terlalu rumit. Bila perlu, pakai model meja dari bonggol atau yang memadukan pemakaian natural fiber (serat alam) seperti rotan. Pasti “feel” organic lebih terasa kuat.

Baca Juga:  Teakblock: Yuk Belajar Mulai dari Pengertian Sampai Fungsinya!

Shabby Chic

model meja makan shabby chic

Warna cantik nan lawas, shabby chic juga bisa Anda pilih. Untuk model atau bentuk meja makannya, pilih yang memiliki bentuk tua atau lama. Misalnya gaya meja dari Eropa zaman dulu. Jangan memilih meja dengan model yang terlalu efisien seperti minimalis, karena tak akan cocok sama sekali dengan aksen shabby chic.

Indonesia!

Tentu saja tak ketinggalan kami menyajikan contoh model meja makan khas Indonesia! Sekaligus, contoh model dining table ini menjadi penutup model meja makan yang lainnya. Desain khas Indonesia sendiri sebetulnya sangat kaya dan beragam. Contoh yang paling terkenal adalah gaya tradisional Jepara yang penuh dengan ukir-ukiran. Keindahan yang mewah dan mahal nampak betul pada meja makan yang dihias dengan ornamen tersebut.

Jangan Lupa Pakai Crossbond ya!

lem kayu untuk finger joint terbaik

Ingat, gunakan selalu lem andalan kita, Crossbond X3 dan Crossbond X4! Kedua varian Crossbond ini akan membantu Anda membuat aneka meja cantik di atas. Crossbond yang kuat, tahan lama, mudah digunakan, dan cepat kering, pastinya juga akan membuat biaya produksi Anda lebih hemat.

Jadi tunggu apalagi? Selalu andalkan Crossbond untuk model meja makan apapun!

perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here