Ini Dia Contoh Model Meja Bundar Terbaik

0
1318
meja bundar postmodern

Meja bundar, selain memiliki keunggulan dibanding meja dengan bentuk lainnya, juga bisa hadir dalam berbagai desain. Apa saja style desain meja dengan bentuk tersebut yang bisa dipilih? Kali ini, tim lemkayu.net akan membagikan aneka model menarik meja dengan bentuk tersebut.

Memilih Meja Berdasarkan Bentuknya

Apa saja yang perlu diperhatikan saat hendak membeli meja? Tentu banyak. Yang pertama, orang biasanya mencari berdasarkan fungsionalitas meja tersebut. Untuk aktivitas makan, mereka mencari meja makan. Demikian pula untuk menjamu tamu, mereka mencari meja tamu. Berikutnya, meja akan dipilih berdasarkan kualitas kayunya. Barulah setelah itu, aspek estetika sering dipertimbangkan.
Namun, seringkali tak semua aspek “tampilan” diperhatikan. Salah satu yang tak begitu dipedulikan padahal penting adalah soal bentuk meja. Secara umum, ada banyak meja yang dibagi menurut bentuknya. Ada bentuk kotak yang terdiri atas persegi empat dan persegi panjang, segitiga, bundar, bentuk abstrak, dan bentuk-bentuk lainnya yang tak bisa disebut satu per satu.

Meski kerap diabaikan, sebetulnya memilih meja berdasarkan bentuknya adalah hal yang krusial. Pasalnya, bentuk produk akan berdampak pada style produk tersebut. Kesesuaian ruang dengan mebel yang akan diletakkan pada ruang tersebut juga tak bisa dilepaskan dari kesesuaian bentuk keduanya. Jadi jangan pernah mengabaikan persoalan “remeh” namun penting soal bentuk mebel tersebut.

Apa Kelebihan Meja Bundar?

Seperti dijelaskan di atas, ada banyak jenis meja yang dapat dipertimbangkan berdasarkan bentuknya. Salah satunya adalah meja dengan bentuk bundar. Bundar?

CS Lem Kayu

meja bundar (3)

Betul. Meja dengan bentuk ini, meski “biasa” tapi jarang dipertimbangkan orang untuk dibeli. Kerap yang ada di bayangan kita adalah meja dengan bentuk persegi empat sampai persegi panjang saja. Padahal dengan bentuk melingkarnya, ada banyak kelebihan round table alias si meja dengan bentuk bundar. Apa sajakah itu?

1. Space lebih banyak untuk tempat duduk. Meja yang bersudut, baik itu meja kotak atau segitiga, memiliki space untuk kursi (jumlah kursi yang melingkari) lebih sedikit karena keberadaan sudut yang tak bisa ditempati. Kebalikannya, pada meja yang berbentuk bundar, semua space bisa dimaksimalkan sehingga jumlah kursi yang melingkar bisa ditambah lebih banyak.
2. Memberikan kesan tersendiri. Kesan yang bisa diciptakan meja bundar adalah kesan yang lebih relaks dan santai. Meja seperti ini juga mampu mengurangi kesan kaku ataupun formal. Karakter ini jelas membuatnya cocok dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu seperti meja makan hingga meja ruang tamu.
3. Bisa diletakkan lebih fleksibel pada ruangan yang sempit hingga yang besar. Meja bundar dapat ditempatkan dengan baik pada berbagai ukuran ruang. Meja seperti ini juga bisa dengan mudah ditempatkan di pojok ruangan ataupun di tengah ruangan.

meja bundar (2)

Berbagai kelebihan di atas tentu afdol dijadikan pertimbangan kala Anda hendak memilih meja berdasarkan bentuknya. Dan seperti yang Anda baca, kenyataannya bentuk memang bisa mempengaruhi banyak hal mulai dari soal space yang tersendia, kesan khususnya, hingga penempatannya di suatu ruangan.

Contoh Model Meja Bundar yang Bagus

Di pasaran, jumlah meja dengan bentuk bundar sudah banyak meski kalah jauh dibanding meja dengan bentuk kotak. Model meja dengan bentuk bundar pun sudah sangat beragam. Sayang memang, di Indonesia, model-model seperti ini tak mudah ditemui di toko mebel biasa atau yang menengah dan kecil. Kebanyakan mebel di tempat penjualan tersebut memiliki style yang tradisional, kontemporer, atau modern. Padahal banyak model yang bisa diterapkan. Misalnya:

1. Nautical. Model atau desain furniture yang merepresentasikan keindahan laut yang berpadu dengan kesan relaks. Warna biru hingga krem, serta pemakaian aksesori pantai seperti pasir dan bintang laut sering dipakai.

meja bundar nautical
2. Postmodern. Merupakan model yang merepresentasikan kombinasi unik hingga tanpa pola elemen masa lalu dengan saat ini.

meja bundar postmodern (2)
3. Minimalis. Merupakan model yang menekankan pada kesen efektif dan efisien. Jargon utama desain style minimalis adalah the less is more. Keindahan produk justru diperlihatkan dengan efisiensi bentuk dan komponennya.

meja bundar minimalis
4. Tradisonal Indonesia. Merupakan model yang memakai unstru etnik Indonesia. Pada meja bundar, bisa dilihat pada elemen-elemen khas seperti adanya ukiran jepara.

meja bundar ukiran
5. Shabby chic. Shabby chic memadukan unsur lawas dengan unsur lembut. Shabby chic cocok bagi Anda yang menyukai tema lama yang hangat.

meja bundar shabby chic
6. Farmhouse. Merupakan style desain yang mencerminkan atmosfer masyarakat pertanian. Biasanya furniture difinish dengan teknik white wash dan banyak pemakaian pallet di sana-sini.

meja bundar farmhouse
7. Asian. Merupakan style dari Asia terutama Asia Timur seperti China dan Jepang. Umumnya, produk dibuat dengan gambar pola tradisional China atau Jepang, hingga bentuk khas mebel negara mereka.

meja bundar jepang
meja bundar jepang

Yuk, Buat Meja Bundar dengan Veneer dan Crossbond X4

Aneka contoh model meja dengan bentuk bundar di atas bisa Anda jadikan referensi mendapatkan produk yang tepat di pasaran. Nah, sebagai pelengkap, kami ingin membagikan tips bagi para pelaku usaha mebel itu sendiri. Selain membuat meja dengan model yang berkonsep dan bagus, perlu juga diperhatikan faktor harga supaya produk memiliki daya saing di pasaran.

Bagaimana caranya?

Salah satunya adalah dengan memakai kayu olahan dibanding kayu solid. Pemakaian kayu olahan bisa memotong budget secara signifkan. Kayu olahan sendiri sangat beragam, misalnya:

1. MDF atau Medium Density Fiberboard
2. HDF atau High Density Fiberboard
3. Particle board
4. Plywood atau kayu lapis
5. Blockboard, misalnya teakblock

Kayu-kayu olahan tersebut selain lebih murah juga lebih mudah didapatkan. Pengolahannya pun mudah karena memang didesain untuk dipakai dalam industri mebel. Untuk finishingnya sendiri, bisa diaplikasikan finishing tempel mengingat kayu olahan kurang baik ketika diaplikasikan cat atau finishing konvensional.

Veneer dengan teknik aplikasi finishing tempel adalah solusi terbaik membuat meja bundar dari kayu olahan. Veneer sendiri adalah potongan sangat tipis kayu yang pemakaiannya dengan direkatkan pada kayu olahan menggunakan lem laminasi khusus Crossbond X4.

lem untuk dinding kayu

Jenis veneer sangat beragam tergantung pada kualitas sampai spesies kayu yang dipakai. Agar meja Anda terlihat lebih menarik bagi pembeli, pakailah veneer dari kayu favorit seperti jati sampai ebony. Menarik bukan? Asalkan dilem dengan baik memakai lem laminasi khusus seperti Crossbond X4, pasti furniture Anda terlihat seperti dari kayu solid meski sebetulnya menggunakan material engineered wood.
Nah, demikianlah pembahasan kali ini mengenai meja bundar atau round table. Sebagaimana dijelaskan di atas, meja ini memiliki kelebihan dan telah hadir dalam berbagai style design.

Meja dengan bentuk ini pun bisa dibuat dengan relatif mudah termasuk dengan memakai kayu olahan dan pelapis veneer. Aplikasikan saja lem laminasi Crossbond X4 agar meja bundar Anda senantiasa berkualitas.

Semoga bermanfaat ya! Nantikan terus artikel menarik selanjutnya mengenai mebel dan pengeleman di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here