Mau Aman dan Nyaman? Gunakan Meja Makan Kayu Saja!

0
1104
meja makan kayuy

Dibanding meja makan dari bahan lainnya, meja makan kayu masih menjadi pilihan terbaik. Apa saja keunggulannya dibanding meja yang lain? Mari, simak penjelasannya di bawah ini. Kami juga punya rekomendasi penting untuk Anda terkait lem yang cocok untuk membuat meja tersebut.

Meja Makan dari Masa ke Masa

Bila Anda ditanya mengenai jenis meja yang paling familiar, apa jawaban yang hendak Anda berikan? Apakah meja tamu? Coffee table? Atau meja belajar? Sebagian dari kita pasti menjawab meja untuk makan. Dining table atau meja untuk makan memang salah satu jenis meja yang populer di masyarakat. Sebabnya tak lain karena penggunaannya yang begitu luas. Meja ini tak hanya dipakai untuk bersantap bersama keluarga, tapi juga digunakan untuk kebutuhan usaha seperti berbagai warung.

Pada masa yang lalu, jenis meja ini sebetulnya sudah banyak digunakan. Mulanya, memang meja dipakai untuk sembarang keperluan. Namun seiring berjalannya waktu, orang mulai membuat meja untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Karakter meja pun dibuat sesuai dengan fungsinya tersebut. Coba saja perhatikan perbedaan meja tamu dengan meja makan.

Meja tamu dibuat pendek selaras dengan tinggi dudukan sofa dan kursi. Sedangkan dining table dibuat lebih tinggi kira-kira setara dengan perut saat kita sedang duduk. Tujuannya tak lain dan tak bukan agar meja-meja tersebut efektif dipakai sesuai fungsinya masing-masing.

Bayangkan, misalnya Anda disuruh makan di meja tamu. Tak nyaman bukan? Rendahnya meja akan membuat Anda sulit melakukan aktivitas konsumsi dengan mudah dan tak bepelotan.

Ketika Meja Makan Kayu Masih Jadi Unggulan

Sebagai salah satu produk furniture yang populer, dining table telah berkembang dengan berbagai inovasi. Di zaman ini, Anda bisa menemukan ragam desain dan model meja untuk makan, seperti:

  • Dining table shabby chic
  • Farmhouse
  • Beach style
  • Coastal
  • Classic
  • Oriental
  • Minimalis
  • Modern
  • Post modern
  • Bohemian
  • Art nouveau
  • Dan masih banyak lagi

Selain berdasarkan modelnya, kita juga bisa melihat berbagai inovasi pembuatan meja makan dari material yang dipakai. Kala dulu, meja seperti ini hampir pasti dibuat dari kayu, saat ini tidak lagi. Selain meja makan kayu, kita mengenal meja makan yang terbuat dari logam seperti stainless steel, plastik dan berbagai bahan turunannya, kaca, hingga serat alam.

Meskipun demikian, bila dibandingkan dengan berbagai bahan baru tersebut, kayu masih menjadi yang terbaik untuk membuat dining table. Kayu unggul dari berbagai aspek mulai dari tingkat keamanan sampai estetikanya. Agar lebih jelas, yuk simak poin-poin keunggulan meja makan dari kayu di bawah ini.

Keunggulan Meja Makan Kayu

Estetika

meja makan kayu

Kayu memiliki estetika atau keindahan tersendiri yang tak dapat Anda temukan dari bahan lainnya. Bukan hanya sekedar warna dan motifnya. Tekstur kayu dan permukaannya yang lebih lembut juga sebuah nilai estetika yang begitu khas. Dibanding bahan lainnya, kayu juga bisa difinish atau dicat dengan beragam tampilan. Anda bisa membuat meja makan dengan finishing pastel, patina, rustic, dan masih banyak lagi sesuai kreativitas Anda.

Keamanan

Dari segi keamanan, secara umum meja makan kayu lebih unggul dibanding meja makan dari bahan lainnya. Apalagi meja makan dari bahan turunan plastik. Berbagai bahan tersebut tak jarang mengandung zat-zat membahayakan yang tidak baik untuk kesehatan. Logam pun bisa mengancam kesehatan. Apalagi ketika logam-logam tersebut mudah berkarat.

Kenyamanan

Bahan organik seperti kayu mampu membawa kenyamanan yang tak bisa didapat pada bahan lainnya. Kehadiran kayu di ruang makan juga akan menciptakan suasana relaks yang bagus untuk diri kita. Setelah lelah beraktivitas di luar, bukankah paling enak menikmati santap bersama dengan kesan natural?

Kekokohan

Meski tak sekuat logam, meja dari bahan kayu juga bisa hadir dengan sangat kokoh. Apalagi bila meja makan kayu tersebut dibuat dari kayu-kayu unggulan seperti jati dan mahoni, serta dilem dengan adhesive dengan bonding strength yang baik. Dibanding bahan lain non logam, kayu bahkan jauh lebih unggul dalam hal kekuatan.

Pengolahan

Mana bisa kaca diukir? Plastik dan logam pun akan sulit diolah sesuai kreativitas kita yang tanpa batas. Sebaliknya, kayu jauh lebih mudah diolah. Kayu bisa diukir, dibentuk secara khusus, sampai dibuat melengkung. Sangat menarik bukan?

Memperhatikan Tingkat Keamanan Meja Makan Kayu

Seperti dijelaskan di atas, salah satu keunggulan meja makan yang terbuat dari kayu bisa dilihat dari aspek keamanannya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tak semua wooden dining table memiliki tingkat keamanan yang sama. Istilahnya, “kayunya memang aman, tapi bagaimana dengan bahan lainnya?”

Jelas, secara keseluruhan meja makan dibuat dengan cat sampai bahan perekat. Agar kualitas dining table benar-benar aman, tidak bisa tidak kita harus memperhatikan tingkat keamanan seluruh bahan yang digunakan. Barulah setelah semuanya aman, kita bisa mengatakan bahwa meja makan tersebut tak membahayakan Anda maupun lingkungan.

Crossbond untuk Meja Makan Kayu Makin Berkualitas

Untuk membuat furniture di atas, pemakaian lem dengan kualitas yang baik harus senantiasa diupayakan. Lem yang digunakan pun bukan hanya harus kuat, tapi juga memiliki kualitas lengkap adhesive lainnya mulai dari ketahanan, tingkat keamanan, sampai kecepatan kering.
Lem yang kami sarankan untuk Anda adalah Crossbond. Crossbond dibuat oleh manufaktur adhesive Bio Industries yang bergerak dalam bidang pembuatan bahan kimia aman dan ramah lingkungan. Selain hadir dengan adhesive berkualitas, Bio Industries juga hadir dengan berbagai bahan finishing water based berkualitas.

Lem Ultra Phaethon didesaind dengan berbagai keunggulan. Adhesive ini memiliki strength bonding yang kuat, tidak mudah rusak oleh berbagai faktor, cover area luas, dan memiliki kecepatan kering yang sangat ideal.
Membeli lem Crossbond juga akan memungkinkan Anda untuk menghasilkan produk yang baik tanpa kesulitan berarti.

Kalaupun Anda bimbang atau masih belum memahami cara aplikasinya, Anda bisa menghubungi CS kami sampai produk yang dibuat benar-benar baik. CS kami yang berpengalaman akan membantu Anda mengatasi permasalahan pengeleman yang terjadi. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir menggunakan adhesive ini seperti saat menggunakan adhesive lain yang tak peduli dengan pelanggannya setelah mereka melakukan pembelian.

Untuk pemesanannya sendiri, Anda bisa melakukan pembelian online via website ini ataupun membeli langsung di Bio Service Point. Pilih cara pembelian yang Anda suka dan sesuai dengan jangkauan tempat tinggal.

Nah, demikianlah pembahasan kali ini mengenai meja makan kayu. Secara umum, bila kita bandingkan meja jenis ini dengan yang lainnya, masih banyak keunggulan bisa diperoleh. Dari segi estetika sampai keamanan, pemakaian kayu masih lebih unggul. Tapi ingat, agar meja tersebut benar-benar dihasilkan dengan kualitas terbaiknya, jangan lupa andalkan adhesive Crossbond.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here