Plus Minus Portable Table Saw yang Perlu Anda Tahu

0
91
portable table saw

Saw atau gergaji adalah nama general untuk berbagai tipe alat pemotong kayu. Salah satu tipe yang paling populer adalah portable table saw.

Pernahkah Anda mengunjungi tempat-tempat budidaya pohon seperti jati? Setelah beberapa bulan atau tahun, pohon tersebut akan ditebang.

Batang hasil tebangannya dinamai sebagai log. Log tak bisa langsung dijual melainkan harus dipotong lagi menjadi timber. Cara pemotongannya bisa dilakukan dengan metode plain saw, rift saw, dan quarter saw. Pemotongan log dilakukan agar kayu lebih mudah dibawa dan dipasarkan.

Alat yang digunakan pada proses pemotongan umum disebut saw dalam Bahasa Inggris. Saw masih terus diproduksi dengan beragam jenis alat saw atau pemotong kayu untuk keperluan yang berbeda-beda. Salah satu jenis yang banyak digunakan di kalangan profesional adalah table saw.

Definisi Portable Table Saw

perawatan kayu alami natural oil

Table saw adalah meja yang didesain khusus untuk memotong kayu. Bagian tengah meja berupa celah tempat mata pisau ditemukan. Untuk menggunakannya, kayu hanya perlu dilewatkan pada mata pisau yang berputar setelah mesin dihidupkan.

Penggunaan table saw umum ditemukan pada para pengrajin kayu Eropa dan Amerika Serikat. Di Indonesia, kendala penggunaan alat ini terletak pada harganya yang relatif mahal. Biasanya hanya kalangan profesional atau perusahaan yang memiliki table saw.

Varian table saw sendiri beragam. Salah satu yang populer adalah varian portable. Sebagaimana namanya, table saw yang bersifat portable adalah table saw yang mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Efisiensi menjadi keunggulan utama varian ini.

Tertarikkah Anda untuk membelinya? Eits, sebelum memutuskan, sebaiknya pertimbangkan dulu plus minus varian ini.

portable table saw adalah

Kelebihan Membeli Portable Table Saw

Ringan, Efisien, Mudah Dibawah

Bukan tanpa alasan tipe ini diberi embel-embel portable. Sebab dibandingkan tipe non portable, alat ini lebih ringan dibawa, lebih mudah dipindahkan, dan fungsinya juga lebih efisien.

Teruntuk Anda yang sering memberikan demo pengolahan kayu atau masih mengembangkan usaha mebel kecil-kecilan, karakteristik portabilitas tersebut pasti sangat membantu. Coba bayangkan bila Anda masih membuka toko mebel kecil di pinggir jalan.

Toko Anda merangkap tempat kerja Anda. Namun Anda khawatir menyimpan benda-benda kerja berharga di toko yang hanya berdinding anyaman bambu. Sehingga Anda memilih membawa pulang beberapa alat yang dianggap mahal. Dalam situasi tersebut, pemakaian meja gergaji portable jelas sangat menguntungkan.

Portable Table Saw yang Multifungsi

Meja gergaji portable kadangkala menawarkan lebih dari satu fungsi. Misalnya sebagai planer. Jadi sebelum melakukan pembelian, silahkan pertimbangkan produk yang sekiranya bisa memenuhi lebih banyak kebutuhan Anda.

Lebih Murah

Harga mesin ini secara umum lebih murah dibandingkan dengan meja gergaji non portable. Namun kualitas dan feature yang ditawarkan sangat memengaruhi harga.

Kadang, Anda akan menemukan table saw non portable yang justru lebih murah. Akan tetapi setelah diperhatikan, Anda akan mendapati bahwa alat tersebut memiliki feature yang lebih sedikit atau berasal dari merk yang reputasinya tidak baik.

Portable Table Saw Lebih Aman Digunakan

Tipe ini lebih mudah digunakan orang awam dengan feature yang memang terbatas. Secara tidak langsung hal ini juga membuat tingkat keamanannya lebih baik.

Hemat Daya

Terakhir namun tak kalah penting, varian ini juga lebih hemat daya. Dengan demikian, pemakaiannya memang sangat ideal untuk para pengusaha perkayuan kecil atau para penghobi woodworking.

Kekurangan Portable Table Saw

Feature Lebih Sederhana

Feature yang disediakan mesin lebih sederhana. Kekurangan ini merupakan kompensasi dari sifat alat yang lebih ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Bila feature alat terlalu banyak, jelas alat akan semakin berat dan sulit dipindah tempatkan.

Kemampuan Lebih Terbatas

Meski kadang hadir dengan lebih dari 1 fungsi, namun bila dibandingkan yang non portable tentu tipe portable lebih terbatas. Sekiranya Anda ingin berhemat dengan membeli mesin multi fungsi, sebaiknya hindari meja gergaji portable.

Stabilitas Lebih Rendah

Karena bahan-bahannya lebih ringan, portable table saw memiliki vibrasi tinggi. Kestabilannya dengan kata lain lebih rendah.

Untuk memotong secara presisi, kita harus ekstra hati-hati. Sebab bila tidak, ukuran pemotongan pasti tidak akan tepat.

Lebih Berisik

Vibrasi yang ditimbulkan mesin bukan hanya menyebabkan pemotongan kurang akurat. Suara mesin secara umum juga lebih berisik. Bila Anda adalah pengrajin kayu yang butuh suasana lebih tenang selama pekerja, mungkin sebaiknya Anda menghindari varian mesin ini.

Masa Pakai Lebih Pendek

Salah satu kekurangan produk portable (apapun itu) memang terletak pada masa pakainya. Hal ini juga berlaku untuk table saw. Varian portablenya hampir selalu memiliki keawetan yang lebih rendah.

Pilih Table Saw Portable yang Mana?

Pada akhirnya, tidak ada alat woodworking yang benar-benar sempurna. Setiap alat menawarkan kelebihan-kelebihan tertentu dan kekurangan di sisi yang lain.

Jadi, bila Anda bingung hendak membeli alat ini, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Contoh, bila Anda baru memulai usaha mebel dan kekurangan dana, pilihlah portable table saw yang bukan hanya lebih murah namun juga lebih hemat energi.

Sebaliknya, bila Anda perlu memotong kayu keras dengan ukuran besar, pertimbangkanlah membeli table saw non portable. Sebab table saw portable justru bisa rusak ketika dipaksakan untuk memotong kayu-kayu keras dan berat.

perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here