Mengenal Mesin Planer yuk di Lemkayu.net!

0
34
mesin planer

Mesin planer adalah salah satu mesin yang penting untuk pengerjaan proyek pengolahan kayu dalam skala sedang hingga besar. Apa ya perbedaan mesin ini dengan jointer?

Pengertian Mesin Planer

Coba bayangkan, Anda baru saja mendapatkan proyek mengerjakan beberapa kitchen set! Untuk menyelesaikan proyek itu, Anda bergegas membeli potongan kayu dari langganan Anda. Tapi ternyata kayu-kayu yang tersedia tidak seragam ketebalannya. Satu ujung kayu lebih tebal dibanding yang lain.

Apa yang mesti Anda lakukan? Tidak mungkin bukan langsung menggunakan kayu itu begitu saja? Anda akan kesulitan dalam merancang dan memasang tiap komponen kitchen cabinet dalam kondisi seperti itu.

Untungnya, terdapat sebuah mesin yang begitu inovatif. Mesin tersebut bernama mesin planer. Secara umum mesin ini adalah mesin untuk menyeragamkan ketebalan permukaan kayu. Bentuknya sendiri beragam, karena terdapat beberapa tipe dari mesin ini.

Dua Jenis Mesin Planer

CS Lem Kayu

Terdapat dua jenis mesin planner yang bisa digunakan. Keduanya adalah:

Handled Wood Planner / Portabel

Seperti namanya, jenis ini digunakan sebagai sebuah mesin portable yang ukurannya kecil. Terdapat pegangan untuk mengerjakan alat ini, dan dibutuhkan clamp press agar posisi kayu stabil. Kebanyakan tipe ini bersifat elektrik. Bagaimana dengan kemudahannya? Tergantung keterampilan Anda. Namun keuntungan menggunakan tipe ini adalah sifatnya yang mudah dibawa kemana-mana sehingga barangkali cocok bagi Anda yang mobile.

Stationary Wood Planer

mesin planer

Tipe ini memiliki bentuk yang lebih besar dari tipe portable. Bentuknya kotak dan kadang menyerupai meja. Di dalam alat di mana terdapat mata pisau yang akan mengikis kayu sehingga ketebalannya menjadi seragam. Penggunaannya lebih mudah dibanding yang portable karena tidak dibutuhkan clamp ataupun kekuatan tersendiri saat proses perataan. Tipe ini cocok digunakan untuk pengerjaan woodworking yang lebih banyak dan berskala besar.

Bisakah Mesin ini untuk Meratakan Kayu?

Tidak. Planer bukan merupakan alat yang bisa digunakan untuk meratakan permukaan kayu. Alat ini hanya bisa digunakan untuk menyamakan ketebalan kayu saja. Misalnya, Anda punya kayu yang agak melengkung di ujung-ujungnya. Ketika Anda memasukkannya di mesin ini, Anda tidak akan mendapatkan kayu yang lengkungannya hilang. Planer hanya akan menyamakan ketebalan kayunya saja, tanpa meratakan permukaan. Agar lebih jelas, silahkan lihat ilustrasi di bawah ini.

Perbedaan Planer dengan Jointer

Seperti disebut di atas, alat ini bukan merupakan alat untuk menyamakan permukaan kayu. Nah, alat untuk menyamakan permukaan kayu adalah jointer. Lemkayu.net sudah membahas mengenai mesin ini pada artikel sebelumnya, jadi singkatnya perbedaan antara alat ini dengan mesin jointer terletak pada fungsinya.

Enaknya Beli yang Mana?

Lantas enaknya beli yang mana ya? Apa sebaiknya beli jointer? Atau mesin planer kayu? Saran kami, beli saja sesuai kebutuhan Anda.

Umumnya para tukang kayu pemula atau yang bekerja di proyek kecil tak akan begitu membutuhkan keduanya. Apalagi kedua alat ini juga bukan merupakan mesn yang murah.

Namun ketika Anda mulai butuh (misalnya usaha Anda mulai berkembang), usahakan memilih yang paling diperlukan. Dari berbagai referensi sendiri, kebanyakan tukang kayu lebih memilih membeli planer terlebih dahulu. Akan tetapi bila isu keseragaman ketebalan kayu bukan menjadi masalah bagi Anda, maka pilih saja jointer.

Tips Membeli Mesin Planer

Berikut ini beberapa tips dari kami bagi Anda yang ingin membeli mesin ini.

  1. Apa Anda perlu membawanya ke mana-mana? (misalnya untuk presentasi) Bila iya, pilih yang portable. Sedangkan untuk kebutuhan yang lebih banyak dan tidak perlu ditenteng kemana-mana, pilih yang stationary.
  2. Perhatikan mata pisaunya. Ada yang mata pisaunya bisa diganti, tapi ada juga yang hanya bisa dilincipkan lagi. Pilih yang sekiranya lebih cocok untuk Anda.
  3. Bebera mesin didesain dengan semacam tempat atau wadah khusus untuk serpih kayu yang dihasilkan selama proses penyeragaman ketebalan. Namun tentu saja harga alat tersebut menjadi lebih mahal.

Beli Planner atau Jointer, Lemnya Tetap Crossbond

Di atas sudah dijelaskan mengenai mesin planner. Mesin yang didesain untuk menyamakan ketebalan balok kayu tersebut begitu bermanfaat dalam berbagai proyek woodworking. Misalnya untuk membuat kitchen set sampai untuk membuat almari belajar.

Nah, selain mempertimbangkan pembelian mesin ini, pertimbangkan juga secara rinci pembelian lem untuk berbagai proyek woodworking Anda. Dalam hal ini, kami rekomendasikan Anda untuk membeli lem Crossbond.

Lem Crossbond? Adhesive Crossbond adalah adhesive berbasis polyvinyl acetate atau PVAc. Lem ini unggul dari berbagai aspek untuk pembuatan furniture, perekatan rangka bangunan, hingga pembuatan kerajinan kayu dan serat alam.

Terdapat dua varian lem Crossbond yang bisa Anda gunakan.

lem untuk dinding kayu
  1. Lem Crossbond X3. Lem Crossbond X3 adalah lem PVAc water based untuk perekatan sambungan kayu. Misalnya untuk sambungan mortise and tenon, dan lainnya. Lem ini bisa juga digunakan untuk perekatan bagian-bagian sambungan kerajinan kayu dan bambu. Perlu dicatat, lem Crossbond X3 adalah lem indoor, dengan demikian tidak disarankan untuk menggunakannya untuk keperluan produk outdoor.
  2. Lem Crossbond X4. Lem Crossbond X4 adalah lem PVAc water based modifikasi untuk laminasi. Misalnya untuk merekatkan veneer, tripleks, hingga pembuatan blockboard. Lem ini juga bisa digunakan untuk memasang lantai kayu decking outdoor. Lem Crossbond X4 didesain dengan ekstra ketahanan pada kelembaban dan perubahan suhu luar ruangan. Selain itu, lem ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan pemasangan lantai dalam ruangan atau parquet.

Kenapa sih Crossbond dan Bukan yang Lain?

Kenapa Crossbond? Kok bukan yang lain? Jawabannya karena adhesive ini adalah adhesive PVAc terbaik yang bisa digunakan untuk aneka keperluan pengolahan kayu. Kedua variasi Crossbond:

  1. Memiliki daya rekat yang sangat kuat
  2. Lebih aman digunakan
  3. Tahan lama
  4. Tidak berbau
  5. Tidak menyebabkan glue line
  6. Tidak tebal sehingga merusak estetika produk
  7. Hemat digunakan

Lem Crossbond juga bisa dibeli dengan cara yang sangat mudah lho. Bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan dari adhesive ini, Anda bisa membeli dengan beberapa opsi yang disediakan sebagai berikut.

Cara Membeli Crossbond

  1. Beli online. Silahkan beli di lemkayu.net secara langsung. Pembelian di sini akan dipandu oleh Customer Service kami yang profesional dan berpengalaman.
  2. Beli di berbagai marketplace. Anda juga bisa melakukan pembelian di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya. Cari saja produk kami di toko online langganan Anda dan dapatkan dari akun yang terpercaya.
  3. Beli secara langsung di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Selain mendapatkan Crossbond, Anda juga bisa membeli berbagai produk woodworking kami yang lainnya.

Nah kurang lebih itulah informasi yang bisa kami bagikan kali ini mengenai mesin planer. Gunakan secara bijak dan pastikan untuk perekatannya menggunakan Crossbond.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here