Ternyata Ini Perbedaan Mesin Router dan Trimmer

0
13307
trimmer

Router dan trimmer, kedua alat ini digunakan sebagai perlengkapan pengolahan kayu. Dan banyak pihak terutama yang masih awam bingung akan perbedaan mesin router dan trimmer. Makanya, di lemkayu.net kali ini, kami akan bagikan poin-poin yang membedakan keduanya. Dengan mengetahui perbedaan ini, Anda akan tahu kapan waktunya menggunakan router dan kapan waktunya menggunakan trimmer.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Industri woodworking terus berkembang seiring berjalannya waktu. Hal ini pun secara langsung berimbas pada proses woodworking atau pengolahan kayu yang makin berkembang. Bila dulu, misalnya, orang hanya mengenal plitur, kini telah banyak varian bahan finishing yang digunakan.

Ada finishing dengan hasil transparan, finishing dengan hasil solid color, sampai finishing dengan hasil lapisan keras yang licin dan halus. Begitu juga dengan bahan dasarnya. Dulu, bahan dasar pengolahan kayu sudah pasti adalah kayu solid.

perawatan kayu alami natural oil

Ragam kayu solid yang dipakai memang banyak. Namun demikian, kesemuanya tetap tergolong kayu solid. Saat ini, hal tersebut telah berubah. Tak hanya kayu solid yang bisa dipakai. Aneka kayu olahan juga tersedia untuk digunakan.

Selain bahan atau materialnya, peralatan yang dipakai dalam industri woodworking pun mengalami perubahan. Bila dulu, misalnya, orang mengikat sambungan perabot kayu dengan rotan dan serat alam, kini paku sudah digunakan.

Berbagai perlengkapan itu telah membuat kerja manusia menjadi lebih mudah. Namun tak jarang, dengan beragamnya alat yang tersedia, orang sering mengalami kebingungan. Salah satunya terkait dengan mesin router dan trimmer.

Meski ada manfaat besar yang bisa didapat dari kedua mesin ini, namun banyak kalangan terutama dari pihak yang baru dalam industri pengolahan kayu masih bingung mengenai keduanya.

Nah, kali ini, lemkayu.net akan menjelaskan hal tersebut pada Anda yang membutuhkan informasi terkait. Namun sebelumnya, yuk, pahami dulu apa itu trimmer setelah kita tahu apa itu mesin router seperti telah dijelaskan di atas.

Ini Dia Perbedaan Mesin Router dan Trimmer

Mesin Router

router

Router secara ringkas bisa dikatakan sebagai alat yang dipakai untuk membentuk kayu. Alat ini menggunakan mata baja yang bisa dijalankan ketika alat dihidupkan. Terdapat beberapa tipe mata baja yang digunakan dengan fungsinya tersendiri. Keempat tipe mata baja tersebut adalah:

  1. Pisau pembuat alur besar, fungsinya untuk membuat alur atau pola pada kayu dengan ukuran besar.
  2. Pisau pembuat alur kecil, fungsinya serupa dengan pisau pembuat alur besar, namun lebih kecil
  3. Pisau pembuat bentuk pinggiran kayu, fungsinya untuk memberikan profil atau bentuk pada pinggiran produk kayu
  4. Pisau untuk meratakan pinggir, sebagaimana namanya, memiliki fungsi untuk meratakan bagian pinggir produk kayu

Jadi secara ringkas, bisa dikatakan bahwa alat ini bisa dipakai untuk dua fungsi utama. Fungsi pertama adalah untuk membuat dekorasi pada perabot kayu, yakni dengan pisau pembuat alur dan juga pisau pembentuk pinggiran kayu.

Pisau ini bisa dipakai agar meja, pintu, dan berbagai perabot berbahan kayu lainnya terlihat lebih menarik. Kedua, untuk meratakan bagian pinggir kayu. Fungsi ini bukan sekedar penting untuk membuat produk kayu lebih menarik, namun juga penting agar fungsi produk kayu optimal dan pengerjaan selanjutnya (misal finishing) bisa dilakukan.

Trimmer

Kita sudah membahas mengenai mesin router. Supaya kita tahu perbedaan mesin router dan trimmer, tentunya kita juga harus tahu dulu apa itu mesin trimmer. Pada dasarnya, trimmer memiliki prinsip kerja serupa dengan router. Hanya saja, ukuran dari mesin ini lebih kecil dibandingkan dengan mesin router.

trimmer (2)

Bagaimana dengan jenis pisau atau mata yang dipakai? Sama seperti router, tipe mata yang digunakan pun beragam dengan fungsi yang ditawarkan pun berbeda. Kedua tipe mata pisau tersebut adalah:

  1. Sebelah kiri straight bit. Mata trimmer ini bisa digunakan untuk meratakan produk kayu, termasuk meratakan bagian pinggir HPL yang ditempelkan.
  2. Mata kanan. Mata trimmer kanan bisa digunakan untuk membentuk hiasan alur pada produk kayu. Misalnya untuk membentuk alur hiasan pada figura dan pinggiran meja.

Dari paparan di atas, bisa dikatakan bahwa perbedaan mesin router dan trimmer secara ringkas terletak pada:

  1. Ukurannya. Mesin router memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan mesin trimmer.
  2. Jenis mata yang digunakan. Jenis mata pada router yang bisa dipilih ada 4, yakni pembuat alur besar, pembuat alur kecil, perata, dan pembentuk pinggir. Sedangkan trimmer setidaknya punya dua jenis mata, yakni pembentuk alur dan penghalus atau perata pinggir.

Namun secara umum, keduanya memiliki prinsip penggunaan yang sama. Keduanya pun tergolong sebagai perlengkapan kayu modern. Penggunaannya tak dilakukan dengan tenaga manual, melainkan dengan listrik.

Kesimpulan

Pada akhirnya, baik router ataupun trimmer adalah alat yang dibutuhkan dalam proses woodworking. Keduanya memiliki peran penting meskipun tidak sama. Dan, seperti dijelaskan di atas, terdapat perbedaan mesin router dan trimmer.

Perbedaan tersebut utamanya terletak pada ukuran yang berbeda antara mesin router dengan trimmer. Jenis mata kayu yang bisa dipakai pun berlainan. Namun secara umum, kedua alat ini memiliki prinsip kerja yang sangat sederhana.

Mata pisau trimmer dan router juga beragam dan bisa digunakan untuk kebutuhan yang berbeda. Nah, dengan mengetahui perbedaan di antara keduanya serta persamaannya, kita bisa menggunakan router dan trimmer untuk kebutuhan yang tepat.

Jangan Lupa Gunakan Crossbond

Kita sudah membahas mengenai perbedaan mesin router dan trimmer. Sebagai situs yang membahas perekatan, tak afdol rasanya bila kami tak membahas mengenai lem yang tepat. Sebab, selain harus bisa memilih alat yang benar untuk membuat mebel, lem yang dipakai pun tak boleh salah.

Dan khusus untuk hal ini, lem kayu.net telah menyediakan dua adhesive yang bisa digunakan dalam proses woodworking. Sebagaimana router ataupun trimmer, adhesive memang menjadi bahan yang penting untuk digunakan dalam proses pengolahan kayu ini.

Nah, dua adhesive yang kami sediakan adalah:

  1. Lem konstruksi Crossbond X3. Crossbond X3 adalah lem polyvinyl acetate water based atau PVAc indoor. Lem ini didesain untuk perekatan area sambungan produk kayu. Misalnya, sambungan finger joint, mortise and tennon, dan masih banyak lagi.
  2. Lem laminasi Crossbond X4. Sama seperti Crossbond X3, Crossbond X4 adalah lem PVAc. Namun lem ini bisa digunakan untuk indoor ataupun outdoor dan merupakan lem laminasi. Aplikasinya bisa dilakukan pada pemasangan veneer kayu, pemasangan lantai deck dan parquet, sampai pengeleman papan tripleks.

Kedua adhesive ini bila digunakan dengan tepat dan sesuai fungsinya akan membantu Anda menghasilkan produk kayu berkualitas tinggi.

Semoga bermanfaat ya! Demikian informasi dari lemkayu.net mengenai perbedaan mesin router dan trimmer sampai tips lem untuk woodworking.

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here