Keunikan Topeng Papua yang Tak Ada Duanya

0
568

Sebagai salah satu pulau yang terletak di ujung timur Indonesia, Papua sangat jarang disorot. Padahal, warga Papua memiliki beragam kekayaan budaya. Salah satunya adalah tradisi topeng Papua yang sangat memukau.

Terdiri dari ribuan pulau, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Di negeri ini, beragam budaya lahir dari masyarakat yang berbeda-beda. Aceh memiliki tradisi keislaman yang kuat, Jawa dengan sinkretismenya, NTT dengan pengaruh katoliknya yang kental, sampai Toraja dengan budaya Austronesia yang masih teramat kental.

Ujung timur Indonesia pun tak kalah dengan berbagai budaya lainnya. Ya, Papua rupanya menyimpan keragaman budaya yang sangat mengagumkan. Terdapat sangat banyak suku di pulau ini. Namun, di antara perbedaan tradisi tiap suku, seringkali masyarakat Papua memiliki satu tradisi yang kental, yakni topeng.

Banyak suku asli Papua yang membuat topeng sebagai tradisi. Misalnya saja suku Asmat. Suku ini memiliki tradisi pembuatan Jipay. Jipay digunakan pada acara khusus yang biasa disebut sebagai pesta roh. Fungsi Jipay adalah sebagai medium atau perantara roh leluhur suku tersebut.

CS Lem Kayu

Adapun suku Tabi menggunakan topengnya dalam upacara pemakaman. Topeng suku Tabi ini serupa dengan topeng suku Engros. Keduanya dibuat dari anyaman rotan berkualitas tinggi. Hasil anyamanannya terkenal halus dan rapat.

Topeng Papua sebagai Cinderamata

Kerajinan topeng dari Papua secara umum memiliki nilai penting di masyarakat. Seperti dijelaskan di atas, baik suku Asmat sampai Engros menggunakan topeng dalam upacara-upacara adat yang suci.

Dan di zaman sekarang ini, sebenarnya beragam topeng itu bisa memberikan maslahat lebih jauh bagi masyarakat lokal, lho. Caranya?

Ingat, Papua sebetulnya menyimpan alam yang indah yang belum terjamah. Potensi pariwisatanya amat tinggi. Apabila dikelola seperti Bali, Papua pun bisa terkenal ke seantero dunia.

Tapi peningkatan pariwisata di pulau tersebut tak akan memberikan manfaat bagi rakyat kecil apabila warga cenderung pasif. Maka dari itu, warga harus lebih kreatif. Salah satu yang bisa dilakukan adalah membuat suvenir khas Papua, termasuk suvenir dari topeng-topeng dari pulau berlian hitam itu.

Berikut ini beberapa contoh produk suvenir yang bisa dibuat.

  1. Pin. Pin adalah suvenir yang mudah dibuat, murah (modal kecil), dan secara umum disukai orang. Bentuk topeng Papua yang khas bisa diterapkan ke kayu untuk kemudian dipotong dan dilukis supaya menyerupai topeng khas yang asli.
  2. Gantungan kunci. Setelah pin, gantungan kunci adalah produk cinderamata lain yang juga populer. Gantungan kunci pun mudah dibuat, produksinya tak membutuhkan modal besar, dan disukai turis karena mudah dibawa kemana-mana.
  3. Hiasan Dinding. Topeng Papua juga bisa dibuat dalam bentuk sebagaimana aslinya. Namun topeng-topeng itu didesain agar bisa dijadikan sebagai hiasan dinding. Banyak turis yang akan menyukainya. Kalau pin dan gantungan kunci biasanya diberikan ke teman serta saudara sebagai oleh-oleh, hiasan dinding biasanya dimiliki si turis itu sendiri.
  4. Berbagai wadah. Berbagai wadah dari vas, tempat ponsel, dan lain sebagainya juga bisa dimodif dengan bentuk menyerupai topeng khas Papua. Daya tarik produk seperti ini termasuk tinggi, karena selain menarik, produk tersebut memiliki guna yang nyata.
  5. Topeng mainan. Nah, meski secara umum topeng dari Papua memiliki peran dalam berbagai ritual suci, tapi bukan berarti produk seperti ini tak bisa dibuat dalam bentuk lain sebagai mainan. Misalnya dengan membuat topeng dengan ekspresi yang lebih ceria dan warna yang lebih terang. Anak-anak pun tertarik untuk membelinya.

Masih banyak lagi aneka produk suvenir atau cinderamata yang bisa dibuat. Malah, berbagai produk di atas pun bisa dijual sebagai suvenir untuk acara yang lebih resmi, misalnya seminar, pernikahan, dan lain sebagainya. Kembangkan saja terus kreativitas Anda dan temukan berbagai inspirasi menarik lainnya.

Optimalkan Warga Lokal, Gunakan Lem Kayu Crossbond

topeng papua

Lemkayu.net tentu saja sangat mendukung upaya masyarakat Papua untuk melestarikan kebudayaannya. Generasi muda pun semestinya mengenal tradisi nenek moyangnya ini. Apalagi di era sekarang, keberadaan topeng-topeng ternyata bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Warga tinggal memodifikasi pembuatannya supaya topeng dapat dijadikan suvenir seperti gantungan kunci dan lain sebagainya.

Kami di lemkayu.net juga menyediakan bahan yang sekiranya dibutuhkan untuk pembuatan produk-produk tersebut. Kami menyediakan lem Crossbond.

Lem kayu merupakan salah satu bahan esensial yang diperlukan dalam pembuatan aneka wooden craft. Sayangnya, banyak lem kayu berkualitas rendah di pasaran. Atas dasar itulah, Bio Industries hadir dengan lem kayu Crossbond dengan kualitas sangat baik tapi harga masih terjangkau. Lem ini sangat cocok untuk dunia usaha, baik untuk pembuatan furniture atau kerajinan seperti kerajinan topeng Papua.

Lem Crossbond:

  1. Daya rekat sangat kuat
  2. Kecepatan kering standar mesin
  3. Mudah digunakan oleh pemula sekalipun
  4. Harga terjangkau
  5. Lebih aman dan ramah lingkungan
  6. Tidak menyebabkan bau pedas menyengat seperti lem solvent
  7. Hemat digunakan sehingga sama sekali tidak boros

Pesan Sekarang BioCide Sekarang

Ayo, Pesan Lem Crossbond X3 Sekarang juga. Bagi Anda yang tak sabar ingin membeli lem kayu berkualitas tinggi ini, Anda bisa memilih beberapa opsi pembelian, di antaranya:

lem kayu untuk finger joint terbaik
  1. Pembelian secara online. Pembelian secara online dilakukan dengan menghubungi Customer Service Lemkayu.net. Kontak CS lemkayu sudah dicantumkan di situs ini. Anda bisa memilih menghubungi lewat email, kontak telepon, hingga kontak WhatsApp.
  2. Pembelian secara online di toko daring. Selain bisa membeli secara online di lemkayu.net, pembelian online juga bisa dilakukan di marketplace. Cari saja di marketplace langganan Anda. Tapi pastikan Anda membeli di toko yang terpercaya.
  3. Pembelian secara langsung. Jangan salah, pembelian secara langsung juga bisa dilakukan. Anda dapat mengunjungi kami di Bio Service Point. Untuk saat ini, Bio Service Point berlokasi di Jepara, Yogyakarta, dan juga Cirebon. Namun, kami juga memiliki agen-agen di beberapa kota lainnya di Indonesia seperti di Solo. Hubungi CS kami lebih lanjut untuk informasi alamat agen kami yang paling dekat dengan lokasi Anda.

Yuk, pesan sekarang juga. Pembelian bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah, yaitu:

Dari pembahasan di atas, bisa kita katakana bahwa masyarakat Papua memiliki tradisi topeng yang berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia. Topeng di ujung timur Indonesia itu bukan sekadar hiasan atau penutup wajah saja. Ternyata, lebih dari itu, topeng juga memiliki fungsi dalam upacara-upacara suci. Bahkan, kadang topeng pun dijadikan media bagi para leluhur suku asmat.

Di era saat ini, topeng khas Papua ternyata juga menyimpan potensi besar untuk dimanfaatkan warga lokal. Alam Papua yang cantik akan menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia. Dan warga lokal bisa membuat beragam cinderamata dengan bentuk menyerupai topeng-topeng mereka. Kami di Bio Industries pun senantiasa mendukung upaya seperti ini. Kami juga menyediakan lem kayu yang bisa digunakan untuk pembuatan cinderamata dan kerajinan topeng kayu dan serat alam.

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda, ya. Simak terus berbagai informasi menarik lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here