Mengenal Aneka Jenis Kerajinan Kayu yang Perlu Anda Tahu

0
1665
patung jawa

Dari wayang, topeng, sampai mainan anak, kesemuanya adalah produk-produk kerajinan kayu atau wooden craft. Tapi berbagai produk tersebut secara umum bisa dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Apa saja aneka jenis kerajinan kayu yang ada sampai saat ini dan apa dasar pengelompokannya? Lemkayu.net akan mengajak Anda membahas tema menarik ini.

Aneka Jenis Kerajinan Kayu

Kerajinan Ukiran dan Bubutan

Kerajinan ukiran dan bubutan adalah salah satu kerajinan yang menjadi keunggulan industri woodworking Indonesia. Kerajinan ini terdiri dari beragam jenis varian mulai dari mebel ukir, relief, rangka keris,hingga gamelan. Contoh produk yang terkenal adalah aneka mebel ukir dari Jepara yan telah melalang buana ke berbagai penjuru negeri. Sedangkan untuk rangka keris atau warongkonya bisa dibedakan menjadi keris keraton Bali, Cirebon, Solo, serta Yogyakarta.

Karakter dan Spesifikasi Bahan

1. Secara umum membutuhkan kayu yang cukup kuat dan agak keras agar produk akhirnya lebih kokoh
2. Kayu idealnya memiliki tekstur yang cukup halus
3. Biasanya kayu yang digunakan memiliki warna tua dan keindahan tersendiri. Kayu-kayu grade 1 banyak digunakan untuk kebutuhan ini. Demikian juga kayu dengan karakter khusus tersendiri seperyi kayu cendana.
4. Baik difinish dengan polesan, bukannya dengan cat.

Kerajinan Patung Kayu

CS Lem Kayu

Contoh kerajinan kayu berikutnya adalah kerajinan patung. Patung sebagaimana yang kita tahu adalah produk dengan desain tertentu, bisa menyerupai suatu benda ataupun tidak, dan biasanya dimaksudkan untuk tujuan dekoratif atau simbolisme. Kerajinan patung kayu terdiri dari 3 jenis kerajinan yakni:

1. Kerajinan patung biasa. Merupakan kerajinan patung seperti yang biasa kita lihat pada patung Asmat dan Bali. Ukuran patung biasanya sedang hingga besar. Bila ukurannya kecil, produk tersebut bisa dijadikan sebagai suvenir.
2. Kerajinan patung lorobelonyo. Jenis kerajinan kayu ini berupa produk patung dengan sepasang pengantin duduk. Biasanya, kayu yang dipakai adalah kayu jati serta sengon, dengan ukuran yang besar hingga mencapai tinggi 1,5 meter.

Karakter dan Spesifikasi Bahan

Karakter dan spesifikasi bahan untuk jenis kerajinan ini sama dengan karakter dan spesifikasi untuk kerajinan ukiran.

Keraiinan Topeng dan Aneka Wayang Kavu

Kerajinan topeng dan aneka wayang, sebagaimana namanya adalah jenis kerajinan kayu yang terdiri dari aneka topeng serta wayang kayu. Untuk topengnya, produk bisa berupa topeng tradisional, modern, atau kombinasi. Topeng modern sangat bervariasi tergantung imajinasi dari si pembuatnya. Sedangkan topeng tradisional adalah aneka jenis topeng yang dibuat berdasarkan tinggalan kebudayaan tertentu. Misalnya saja beragam topeng dari kerajaan Majapahit dan Cirebon. Topeng tak perlu dibuat untuk digunakan, tapi bisa digunakan sebagai hiasan dinding.

patung bali

Adapun wayang kayu adalah produk wayang yang terbuat dari bahan kayu. Wayang ini terdiri dari wayang klitik, China, dan golek. Berikut ini keterangan untuk tiap jenis wayang.

1. Wayang klitik terbuat dari lembaran papan tipis
2. Wayang golek berbentuk seperti boneka dan memperlihatkan bagian kepala, badan, bagian bawah tubuh, hingga kaki.
3. Wayang China adalah aneka jenis wayang yang memperlihatkan lakon-lakon dari negeri tirai bambu tersebut.

Karakter dan Spesifikasi Bahan

1. Jenis kayu yang dibutuhkan tidak perlu yang terlalu kuat. Selain itu, hindari juga penggunaan kayu yang terlalu keras.
2. Pilih kayu yang memiliki tekstur halus
3. Warna kayu bebas tapi seringkali pengrajin memilih kayu dengan warna muda
4. Bisa ditambah dengan aneka dekorasi tambahan
5. Bisa difinish dengan berbagai pewarna serta cat
6. Produk bisa berupa topeng modern maupun topeng tradisional

Kerajinan Mainan Anak-Anak

Jenis kerajinan kayu berikutnya adalah wooden toys atau mainan kayu. Dewasa ini, dengan semakin meningkatnya kesadaran masyrakat akan pemakaian produk yang eco friendly, wooden toys menjadi trend tersendiri. Mainan ini dipersepsi masyarakat menawarkan keamanan yang lebih baik dibanding mainan dari bahan lainnya seperti plastik dan logam.

mainan kayu rumah boneka

Wooden toys sendiri bisa dibedakan menjadi dua. Yang pertama adalah produk mainan anak yang biasa kita kenal, sedangkan yang kedua adalah produk edukasi berupa berbagai jenis peraga. Contoh mainan anak biasa antara lain mobil-mobilan, boneka kayu, rumah Barbie, dan lain sebagainya. Sedangkan produk peraga mainan anak antara lain adalah puzzle yang biasa digunakan di berbagai taman Kanak-kanak. Produk yang pertama didesain untuk kebutuhan entertaining semata. Sedangkan kebutuhan kedua, biasanya didesain dengan memperhatikan kecocokannya dengan kurikulum pembelajaran.

Karakter dan Spesifikasi Material yang Diperlukan

1. Biasanya menggunakan kayu khusus dengan ukuran kecil.
2. Sifat bahan kayu yang fleksibel tak seperti pada kerajinan topeng
3. Dapat diaplikasikan dengan aneka jenis cat, tapi karena ukurannya yang kecil, maka biasanya dilakukan teknik pencelupan dan spraying.
4. Selain dapat digunakan untuk menghibur anak, jenis kerajinan kayu ini juga seringkali didesain untuk mengedukasi si kecil.

Kerajinan Aneka Souvenir Kayu

Kerajinan suvenir kayu merupakan semua jenis kerajinan kayu atau wooden craft yang dimaksudkan untuk kenang-kenangan. Souvenir yang dimaksud bisa berupa suvenir suatu acara hingga suvenir sebuah tempat. Di Indonesia dan berbagai negara lainnya, aneka suvenir dari kayu sering dijajakan di tempat-tempat wisata. Contoh kerajinan jenis ini antara lain gantungan kunci berupa tiruan tempat wisata atau tokoh etnik setempat, vas bunga kecil, pensil-pensil hias, hingga bunga-bunga kayu hias.

jenis kerajinan kayu

Karakter dan Spesifikasi Material yang Diperlukan

1. Idealnya memanfaatkan kayu khusus dan memiliki ukuran kecil. Misalnya saja memanfaatkan kayu cabang, sisa potongan, serta limbah dari industri furniture.
2. Secara umum membutuhkan kayu dengan sifat bahan yang fleksibel
3. Bisa dicat dengan berbagai finishing. Tetapi karena ukurannya kecil, banyak perusahaan yang melakukan pengecatan dengan teknik pencelupan per komponen.
4. Hasil akhir produk harus kecil dan sebaiknya mudah dibawa
5. Memiliki fungsi dekoratif atau menghiasi. Berbeda dengan mebel yang punya manfaat fungsional (misal kursi untuk duduk), suvenir kadang hanya memiliki manfaat dari segi estetika saja.

Untuk Apa Mengetahui Aneka Jenis Kerajinan Kayu?

Apa gunanya mengetahui berbagai jenis kerajinan di atas? Bagi Anda yang bekerja di bidang terkait, jelas pemahaman mengenai aneka jenis kerajinan sangat penting. Pasalnya, dengan memahami bahwa kerajinan kayu berbeda-beda, kita bisa memahami bahwa karakter ideal tiap klasifikasi pun berbeda. Misalnya Anda hendak membuat suvenir dari kayu. Tentu lebih mudah bila Anda mencari bahan kayu yang ukurannya kecil seperti cabang dan ranting. Beda lagi bila Anda ingin berwirausaha dengan menghasilkan aneka kerajinan topeng, maka kayu yang dibutuhkan tak perlu begitu keras sebagaimana pada kerajinan ukiran.

Nah, demikian pembahasan mengenai aneka jenis kerajinan kayu dan manfaat mengetahuinya. Semoga bermanfaat ya. Nantikan terus artikel menarik seputar dunia perkayuan di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here