Mengenal Kegunaan Mesin Router dan Tips untuk Menggunakannya

0
5949
mesin router

Apa saja fungsi atau kegunaan mesin router? Kenapa menggunakan alat ini dan bukan alat lainnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. Selain masalah fungsi dan manfaat, lemkayu.net juga akan membagikan penjelasan mengenai alat tersebut dan tips untuk menggunakannya.

Dunia woodworking mengenal beragam alat dan bahan. Salah satunya adalah router. Mungkin beberapa di antara Anda langsung mengaitkan nama benda tersebut dengan dunia komputer. Dan hal ini wajar, sebab router memang istilah yang sering dipakai dalam bidang tersebut. Namun demikian, industri pengolahan kayu atau woodworking pun punya alat yang memiliki nama tersebut. Meski, sebetulnya lebih sering disebut dengan nama "mesin router."

Baca Juga : Mengenal Mesin Planer yuk di Lemkayu.net!

Mesin ini digunakan untuk membentuk profil pada kayu. Secara umum, prinsip kerjanya mirip dengan mesin bor vertikal. Namun, caranya berlainan. Mesin ini menggunakan pisau vertikal ke arah barah dan memiliki kecepatan putar yang lebih tinggi dibanding mesin bor biasa.

Mesin router menggunakan alat utama berupa pisau baja yang memiliki bentuk seperti mata bor. Saat digunakan, pisau yang terbuat dari baja khusus tersebut akan berputar dengan kecepatan tinggi. Pisau akan mengenai kayu sehingga memberikan bentuk yang diinginkan. Ada beberapa jenis pisau router yang terkait dengan kegunaan mesin tersebut, yakni:

Baca Juga : Mengenal Mesin Jointer dari Fungsi sampai Cara Kerjanya

  1. Pisau pembuat alur
  2. Pisau pembuat alur kecil
  3. Pisau pembuat bentuk pinggiran kayu
  4. Pisau untuk meratakan pinggir

Manfaat atau Kegunaan Mesin Router

Seperti diterangkan di atas, mesin ini memiliki fungsi untuk membuat profil pada bahan kayu. Namun spesifikasi fungsi mesin ini berlainan tergantung jenis pisau baja yang digunakan. Berikut ini 4 jenis fungsi atau manfaat router profil berdasarkan jenis pisaunya:

  1. Membuat alur penghias pada kaki meja, membuat sambungan meja, dan sejenisnya, baik lekukan besar ataupun kecil. Manfaat ini bisa diperoleh pada jenis pisau pembuat alur.
  2. Membentuk tepian kayu, dengan bagian bantalan peluru pada ujung pisau
  3. Meratakan bagian pinggir kayu

router profil

Kenapa Router dan Bukan yang lain?

Penggunaan mesin router akan mempermudah berbagai pekerjaan woodworking sebagaimana disebut di atas. Apalagi ketika kita harus:

  1. Mengolah produk kayu dalam jumlah banyak dengan standar seragam dan baik
  2. Mengerjakan kayu yang sulit dilakukan secara manual

Tips untuk Menggunakannya

contoh pintu dengan router

Agar hasilnya maksimal, tentu saja penggunanan alat ini harus dilakukan dengan benar. Sayangnya, banyak penggguna awal yang sering tak menyadari cara menggunakan router dengan tepat. Beberapa tips di bawah ini perlu Anda perhatikan bila ingin hasil pengerjaan menggunakan router lebih bagus dan lebih mudah.

  1. Pastikan dulu kayu yang akan diolah dengan mesin ini dalam kondisi ideal (baik, kering, rata).
  2. Gunakan jenis mesin router sesuai dengan tujuan penggunaan mesin tersebut. Misal, bila Anda ingin meratakan kayu, gunakan pisau baja perata, bukan pembuat alur.
  3. Pastikan area baut penjepit terpasang dengan erat
  4. Setel dengan baik kedalaman pisau
  5. Gunakan alat klem supaya posisi kayu tidak berubah (stabil)
  6. Lakukan trial dan error dulu atas penyetelan Anda pada kayu yang tidak terpakai
  7. Setelah selesai digunakan, matikan mesin dan tunggu sampai mesin berhenti berputar

Sedangkan langkah-langkah penggunaannya akan diterangkan sebagai berikut.

Cara Menggunakan Mesin Router

  1. Siapkan dulu kayu yang akan dikerjakan. Pastikan kondisinya sudah sesuai standar pengerjaan.
  2. Posisikan kayu yang akan dikerjakan tersebut agar stabil. Gunakan alat klem bila dirasa perlu.
  3. Sementara itu, pasang pisau baja router pada bagian poros mesin. Gunakan jenis pisau berdasarkan fungsi yang ingin Anda peroleh.
  4. Setelah itu, pasang pengantar paralel pada mesin lalu kencangkan dulu baut penjepitnya.
  5. Buka poros pengunci untuk melakukan settingan kedalaman pisau. Caranya naik turunkan alas, kemudian setelah dirasa pas, kencangkan lagi.
  6. Lakukan uji coba dulu atas penyetelan Anda pada kayu yang tidak terpakai
  7. Ulangi pengaturan bila dirasa kurang baik
  8. Siapkan mesin, biarkan pisau berputar beberapa saat agar stabil
  9. Aplikasikan mesin sesuai dengan tujuan Anda
  10. Setelah pengerjaan selesai, angkat ke atas dari kayu kemudian matikan dan tunggu hingga pisaunya berhenti berputar.

Selain Mesin Router, Kayu juga Butuh Lem yang Bagus

Sebagai website yang membahas lem kayu, tak afdol rasanya bila kami tak menyentuh bahasan mengenai adhesive yang tepat. Karenanya, sebelum mengakhiri bahasan mengenai kegunaan router ini, kami ingin menekankan perlunya lem yang bagus dalam segala aktivitas woodworking.

Lem merupakan bahan yang diperlukan untuk membuat produk bersatu antar komponennya. Lem memiliki sifat seperti alat penyambung lainnya (seperti paku dan skrup) namun dengan karakter yang berlainan. Paku dan skrup menyatukan komponen di satu titik secara fisik. Sedangkan lem menyatukan komponen produk pada permukaan yang dipertemukan secara kimiawi. Dan, salah satu kelebihan lem di atas paku adalah sifatnya yang tak meninggalkan bekas sambungan. Karenanya, pemakaian lem krusial untuk penyambungan komponen di bagian yang terlihat dari luar.

Selalu Gunakan Crossbond

Lantas lem apa yang sebaiknya digunakan? Dalam pembuatan aneka jenis mebel dan produk berbasis kayu, lem bisa dibutuhkan untuk dua kebutuhan sekaligus. Keduanya adalah perekatan laminasi dan perekatan sambungan konstruksi. Perekatan laminasi contohnya dibutuhkan untuk aplikasi veneer untuk membuat lapisan teratas produk. Sedangkan perekatan konstruksi untuk aplikasi sambungan pada produk terkait. Dalam kebutuhan ini, sudah pasti dibutuhkan lem dengan karakter berlainan. Lem yang cocok untuk keduanya adalah lem Crossbond.

Terdapat dua varian Crossbond yang bisa diandalkan. Keduanya adalah:

  1. Crossbond X3. Crossbond X3 merupakan lem konstruksi untuk indoor. Lem ini bisa digunakan untuk sambungan-sambungan kayu pada aneka mebel dan bangunan.
  2. Crossbond X4. Crossbond X4 merupakan lem untuk kebutuhan laminasi. Adhesive ini bisa dipakai untuk perekatan pada permukaan lebar seperti aplikasi pelapisan veneer.

Kedua Crossbond tersebut memiliki berbagai keunggulan yang dibutuhkan untuk pembuatan mebel. Keduanya memiliki daya rekat yang kuat, tahan lama, tidak mudah rusak terkena kelembaban, aman, dan juga cepat kering. Harga kedua lem ini juga jauh lebih terjangkau dibanding kualitas yang ditawarkan dengan penggunaan yang jauh lebih hemat. Adhesive ini bisa dibilang adalah lem paling ideal untuk kebutuhan pembuatan produk berbasis kayu.

Kesimpulan

Pada akhirnya, woodworking memang tema yang sangat luas dan dalam pengerjaannya membjutuhkan banyak alat dan bahan. Salah satu alat yang diperlukan untuk woodworking adalah router. Ada berbagai kegunaan router antara lain… Selain masalah kegunaan atau fungsi ini, ada baiknya penggunaan alat tersebut dilakukan secara tepat. Sebab, banyak yang masih salam dalam menggunakan alat tersebut sehingga pemanfaatannya menjadi kurang maksimal.

Selain router, perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk woodworking adalah lem. Lem merupakan bahan yang dibutuhkan untuk merekatkan komponen-komponen produk kayu. Bahan ini memiliki fungsi sama dengan paku sebagai penyambung namun dengan karakter yang berlainan. Yang jelas, sebagaimana router yang harus digunakan dengan tepat, lem pun juga demikian. Pemilihan lem juga perlu diperhatikan baik-baik, dan untuk kebutuhan woodworking, lem yang paling cocok digunakan adalah Crossbond.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here