Lem Kayu yang Bagus untuk Tripleks hingga Mebel

0
780
Lem Kayu Yang Bagus

Lem Kayu Yang BagusBeragam tipe perekatan bisa kita jumpai di bidang woodworking yang memang kompleks. Yang pasti, untuk mewujudkan perekatan yang sukses dibutuhkan lem kayu yang bagus. Seperti apakah adhesive dengan kualitas bagus tersebut?

Manusia telah lama memanfaatkan kayu. Sejak lama, material tersebut dipakai untuk memenuhi berbagai keperluan mulai dari mebel hingga lantai. Dalam pengolahannya sendiri, banyak bahan pendukung yang dibutuhkan. Cat adalah contohnya. Selain memiliki fungsi mempercantik produk kayu, cat juga memiliki fungsi proteksi pada produk tersebut.

Selain cat, bahan kedua yang tak boleh luput dalam proses pengolahan kayu ialah lem atau adhesive. Fungsi lem bahkan seringkali lebih “fundamental” dibanding cat. Lantaran, lem berperan dalam pembentukan desain produk kayu yang menjadi ciri pokok produk tersebut. Oleh sebab itulah, pemilihan lem dengan kualitas yang baik sangat perlu diupayakan.

Seperti Apa Lem Kayu yang Bagus?

Lantas seperti apakah lem kayu yang bagus itu? Di pasaran beragam produk adhesive dari merek yang berbeda telah dijual dengan harga serta spesifikasi beragam. Untuk memilih lem yang baik artinya kita harus menyeleksi di antara berbagai produk tersebut. Bisakah kita melakukannya?

CS Lem Kayu

Jawabannya pasti bisa. Namun tentu saja kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan “penyelidikan” kecil-kecilan dulu. Agar lebih jelas, berikut ini tips untuk memilih lem yang baik:

  1. Jangan hanya mengandalkan lem yang dijual di toko-toko. Banyak adhesive berkualitas yang hanya bisa dibeli secara online. Di era teknologi seperti ini, belanja online adalah hal yang lumrah dan mudah dilakukan.
  2. Pahami dulu atau buat daftar kriteria lem yang Anda butuhkan.
  3. Cari tahu keterangan berbagai adhesive dengan spesifikasinya masing-masing.
  4. Hubungi CS manufaktur lem terkait untuk mendapatkan informasi tambahan.

Tentu selain kelima cara di atas, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan. Intinya, niat dan cara Anda akan menentukan peluang mendapatkan lem dengan kualitas yang baik.

Memperhatikan Aspek-aspek Lem Kayu yang Bagus

Lem Kayu Yang BagusSebagaimana disebut di atas, memperhatikan aspek atau keterangan berbagai adhesive akan menjadi kunci mendapatkan lem yang baik. Tapi pertama-tama, tentu Anda harus tahu dulu mengenai kebutuhan lem yang akan dibeli. Setelah itu, barulah perhatikan aspek-aspek adhesive seperti daya rekat, ketahanan, hingga tipe perekatannya.

Tahukah Anda ada berbagai macam tipe perekatan? Tak setiap lem bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan perekatan yang ada. Misalnya perekatan untuk konstruksi dan laminasi. Crossbond X3 adalah contoh adhesive yang baik untuk tipe perekatan konstruksi (penyambungan komponen mebel). Di sisi lain, Crossbond X4 merupakan lem kayu yang bagus untuk perekatan laminasi (tripleks, lantai, plywood, panel, dst).

Kecermatan akan hal-hal seperti ini pasti akan membuat Anda lebih untung dengan hasil produk kayu yang berkualitas.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here