5 Rahasia Membuat Meja Sofa Lebih Menarik

0
1014
meja sofa menarik

Bingung kenapa meja sofa Anda tidak laku? Jangan khawatir. Kali ini, lemkayu.net akan membantu Anda agar bisa menghasilkan meja dan sofa dengan kualitas unggulan.

Tips 1: Pilih Desain yang Tepat

Ada sangat banyak desain furniture yang bisa Anda coba terapkan. Karena itu, jangan hanya terpaku pada style design yang itu-itu saja. Upayakanlah untuk berinovasi dengan ragam desain yang ada. Toh, Anda tidak perlu melulu membuat style yang benar-benar baru. Anda bisa mencoba untuk mengambil inspirasi dari desain meja dan sofa yang sudah ada.

Contoh style design mebel sendiri sangat banyak, contohnya:

  1. Minimalis
  2. Kontemporer
  3. Modern
  4. Shabby chic
  5. Beach house
  6. Farm house
  7. Arabian
  8. Palladian
  9. Swedish

Dan masih banyak lagi style desain lainnya
Sebagai contoh style beach house. Style ini sebenarnya sangat menarik dan potensial untuk pasar Indonesia karena menyajikan keindahan pantai. Desain meja sofa ala beach house juga bisa diterapkan pada berbagai usaha seperti kafe di dekat danau dan pantai. Pun demikian, style yang lain seperti retro, vintage, dan shabby chic. Gaya-gaya mebel seperti ini akan membantu Anda menghasilkan mebel yang beda dari pembuat mebel kebanyakan. Calon pembeli juga akan lebih mudah ingat dengan produk yang Anda tawarkan.

kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini
meja sofa beach house
meja sofa beach house

Tips 2: Be Creative

Yang kedua, be creative. Selain persoalan desain meja sofa, Anda juga perlu kreatif dalam memanfaatkan material atau bahan yang digunakan. Secara umum, bahan yang paling banyak dipakai untuk membuat mebel adalah kayu. Tetapi, kayu bukanlah satu-satunya bahan yang bisa dipakai. Masih ada banyak bahan lainnya yang bisa diandalkan kecuali kayu dari batang pohon, contohnya:

  1. Cabang pohon
  2. Ranting
  3. Burl atau bisul pohon
  4. Akar
  5. Rotan
  6. Aneka jenis tali dan serat alam
  7. Dedaunan seperti anyaman daun pandan untuk menghias meja
  8. Berbagai barang bekas yang sudah tidak terpakai, misalnya tutup botol dan ban bekas
  9. Aplikasi teknik kerajinan khusus, misalnya aplikasi kerajinan tangan decoupage
  10. Penambahan bantal sofa yang unik dan menarik
Baca Juga:  Pilihan Tepat Merk Lem untuk Kayu Triplek ya Crossbond Jawabannya!
meja dari ban
meja dari ban

Contoh aplikasi poin 8 adalah pembuatan meja sofa dari ban untuk membuat meja hias. Caranya sangat sederhana. Ban secara umum hanya perlu dililiti dengan anyaman tali serat alam saja menggunakan lem yang tepat. Dan voila, Anda pun punya meja dengan penampilan sangat unik. Begitu pula untuk membuat meja dengan hiasan tutup botol. Secara umum, Anda hanya perlu menempelkan tutup botol pada salah satu sisi meja. Tampilan unik meja pasti akan tercipta berkat adanya motif sekaligus tekstur yang unik dari tutup botol tersebut.

Tips 3: Pilih Finishing yang Sesuai

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengaplikasikan finishing yang tepat, terutama untuk mejanya. Selama ini banyak pembuat meja sofa, terutama untuk pasar lokal yang masih berjibaku dengan tipe natural transparan. Atau kalau tidak, yang paling sering diterapkan adalah warna solid color. Padahal, sekali lagi, ada banyak sekali tipe finishing yang menarik. Sebagai contoh, adalah pemberian efek glaze. Pemberian efek glaze akan membuat warna produk menjadi lebih kaya. Misalnya, warna dasar yang dipilih adalah merah, lalu diberikan efek glaze hitam. Maka, akan tercipta warna merah semu hitam yang sangat menarik.

aplikasi glaze

 

Aplikasi finisng pada meja sofa seperti ini memang memiliki langkah-langkah tersendiri. Produknya pun kadang khusus. Misalnya aplikasi glaze yang dilakukan dengan BioColours Glaze (cat khusus). Namun, hasilnya bisa dibilang sangat efektif untuk menghasilkan mebel yang lain daripada yang lain.

Selain glaze, ada juga efek lain yang bisa diterapkan. Misalnya saja:

  1. Patina. Warna patina akan membuat mebel seperti sudah lama. Bagi yang suka dengan tampilan vintage, Anda bisa mencoba menerapkan patina color.
  2. White wash, untuk kesan rustic
  3. Charcoal
  4. Dan masih banyak lagi
Baca Juga:  Bagaimana Cara Memperbaiki Lantai Kayu Rusak?

Anda juga bisa mencoba mengaplikasikan warna metal atau logam. Tujuannya? Tentu saja untuk menciptakan kesan yang lebih mewah. Misalnya, kombinasi warna merah dan emas. Warna-warna seperti ini juga cocok diterapkan untuk membuat meja repro dari era zaman dulu.

Tips 4: Perhatikan Faktor Harga Meja Sofa Anda

Selanjutnya, jangan lupa untuk memperhatikan aspek harga. Banderol meja dan sofa Anda sesuai dengan kondisi ekonomi target pasar. Misalnya, Anda menarget kalangan atas, maka Anda tidak boleh memasang harga yang terlalu rendah. Sebab, justru dengan murahnya produk, mereka akan merasa bahwa mebel Anda kurang worth it untuk dibeli. Namun sebaliknya bila Anda hendak menarget pasar menengah bawah. Maka faktor harga harus diperhatikan dan dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Anda juga harus memperhatikan harga yang ditetapkan oleh pesaing Anda sehingga Anda bisa tahu bagaimana persepsi pembeli terhadap murah dan tidaknya meja sofa Anda.

papan mdfBeberapa usaha bisa dilakukan untuk menurunkan harga (bagi yang menarget pasar menengah ke bawah). Misalnya saja dengan menggunakan material yang lebih terjangkau, seperti kayu olahan sebagai berikut.

  1. Fiberboard, yang terdiri atas medium density fiberboard (MDF) dan high density fiberboard (HDF)
  2. Particle board
  3. Tripleks dan multipleks
  4. Blockboard

Kayu-kayu olahan di atas jauh lebih murah dibanding kayu solid. Untuk masalah tampilannya sendiri, Anda bisa mengaplikasikan pelapis seperti veneer. Pilih veneer yang bagus seperti veneer mahoni. Jadi, dari luar, mebel Anda terlihat sangat memukau, dan tentu saja tetap bisa dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Sangat menarik, bukan?

Tips 5: Gunakan Crossbond untuk Membuat Meja Sofa yang Kokoh

Tips terakhir ini berkenaan dengan kekokohan produk. Jangan salah, bukan cuma masalah tampilan yang diperhatikan pembeli kala melihat-lihat meja Anda. Kekokohan juga menjadi aspek yang begitu krusial. Untuk membuat meja dan sofa yang kokoh sendiri, ada beberapa hal yang harus diupayakan, setidaknya 3 hal di bawah ini harus hadir dalam kualitas terbaiknya:Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

  1. Kayu yang kokoh
  2. Aplikasi sambungan dan struktur meja serta sofa yang kokoh
  3. Lem yang daya rekatnya baik
Baca Juga:  Mulai Usaha Mebel Anda dengan Membuat Meja Guru

Poin 1 bisa Anda atasi dengan memilih kayu yang tua dan berasal dari spesies yang baik. Poin 2, bisa Anda atasi dengan menerapkan sambungan yang tepat serta struktur yang tidak mudah goyah. Sedangkan poin 3, dapat Anda atasi dengan pemakaian lem dengan daya rekat yang baik seperti Crossbond.

Kombinasi pemakaian kayu, sambunga serta struktur, dan lem yang baik akan mampu menciptakan meja sofa yang tidak mudah rusak. Selain mantap untuk digunakan, meja dan sofa tersebut juga akan lebih tahan lama karena tidak mudah rusak. Persepsi pembeli kepada produk Anda pun meningkat sehingga peluang terjualnya meja dan sofa turut bertambah.

perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here